Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 8 April 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 8 April 2024 Bacaan Injil

173676
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 8 April 2024, Bacaan Injil Lukas 1:26-38 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Yes. 7:10-14; Mazmur: 40:7-8a. 8b-9. 10. 11; R:8a. 9a; Bacaan II: Ibr. 10:4-10; PEKAN PASKAH II (P); HARI RAYA KABAR SUKACITA; St.Redemtus de Ferento; St.Edesius;

BACAAN I

Yes 7:10
TUHAN melanjutkan firman-Nya kepada Ahas, kata-Nya:

Yes 7:11
“Mintalah suatu pertanda dari TUHAN, Allahmu, biarlah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat tertinggi yang di atas.”

Yes 7:12
Tetapi Ahas menjawab: “Aku tidak mau meminta, aku tidak mau mencobai TUHAN.”

Yes 7:13
Lalu berkatalah nabi Yesaya: “Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga?

Yes 7:14
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Yes 8:10
Buatlah rancangan, tetapi akan gagal juga; ambillah keputusan, tetapi tidak terlaksana juga, sebab Allah menyertai kami!

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 8 April 2024

Mzm 40:7
(40-8) Lalu aku berkata: “Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;

Mzm 40:8
(40-9) aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku.”

Mzm 40:8
(40-9) aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku.”

Mzm 40:9
(40-10) Aku mengabarkan keadilan dalam jemaah yang besar; bahkan tidak kutahan bibirku, Engkau juga yang tahu, ya TUHAN.

Mzm 40:10
(40-11) Keadilan tidaklah kusembunyikan dalam hatiku, kesetiaan-Mu dan keselamatan dari pada-Mu kubicarakan, kasih-Mu dan kebenaran-Mu tidak kudiamkan kepada jemaah yang besar.

Mzm 40:11
(40-12) Engkau, TUHAN, janganlah menahan rahmat-Mu dari padaku, kasih-Mu dan kebenaran-Mu kiranya menjaga aku selalu!

 

BACAAN II – Renungan Harian Hari Ini 8 April 2024

Ibr 10:4
Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa.

Ibr 10:5
Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: “Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki?tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku?.

Ibr 10:6
Kepada korban bakaran dan korban penghapus dosa Engkau tidak berkenan.

Ibr 10:7
Lalu Aku berkata: Sungguh, Aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang Aku untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku.”

Ibr 10:8
Di atas Ia berkata: “Korban dan persembahan, korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau kehendaki dan Engkau tidak berkenan kepadanya” ?meskipun dipersembahkan menurut hukum Taurat?.

Ibr 10:9
Dan kemudian kata-Nya: “Sungguh, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.” Yang pertama Ia hapuskan, supaya menegakkan yang kedua.

Ibr 10:10
Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 8 April 2024

Dalam bulan yang keenam malaikat Gabriel disuruh Allah pergi ke kota bernama Nazaret di Galilea, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. Ketika datang kepada Maria, malaikat itu berkata, “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”

Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apa maksud salam itu. Kata malaikat itu kepadanya, “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh anugerah di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan engkau harus menamai Dia Yesus.

la akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Maha Tinggi. Tuhan Allah akan memberikan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan la akan memerintah atas keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”

Kata Maria kepada malaikat itu, “Bagaimana mungkin hal itu terjadi, karena aku belum pernah berhubungan dengan laki-laki?” Jawab malaikat itu kepadanya. “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Maha Tinggi akan menaungi engkau. Anak yang dilahirkan itu kudus dan akan disebut Anak Allah.

Lihat, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia yang disebut mandul itu. Sebab, bagi Allah tidak ada yang mustahil.” Kata Maria, “Aku ini hamba Tuhan. Jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 8 April 2024, Bacaan Injil

“Ecce ancilla Domini, aku ini hamba Tuhan,” kata Maria di hadapan malaikat menyampaikan kabar sukacita kepadanya. Sikap dasar sebagai hamba inilah yang menyanggupkan Maria diikutsertakan dalam misteri agung penyelamatan Allah. Sebagai seorang hamba, yang ada dalam diri Maria hanyalah “fiat voluntas tua!, jadilah kehendak-Mu!”.

Sepertinya begitu sederhana, namun inilah sikap dasar yang untuk seterusnya akan mendasari hidup Maria sampai saat menyaksikan Putranya menderita sengsara dan wafat di kayu salib.

Peran Maria ini sudah diramalkan oleh Nabi Yesaya, yang mengatakan bahwa “seorang perempuan muda akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki …” Yesus yang lahir ke dunia juga memiliki sikap dasar yang sama dengan Maria, bunda-Nya “ecce venio”, “Sungguh Aku datang … untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku.”

Kita pun dipanggil untuk ikut serta dalam karya penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus, “Ecce ancilla” Maria berlaku juga untuk kita. Kesadaran kita sebagai hamba Tuhan menjadi sikap dasar kita juga untuk bisa menerima kabar gembira itu.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 7 April 2024

.

.

Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami dan kami hamba-Mu. Anugerahkanlah kepada kami sikap rendah hati seperti Bunda Maria sehingga kami manpu menerima dan mewartakan kabar sukacita sejati, yakni Yesus sendiri. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here