Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2023, Bacaan Injil Yohanes 14:1-6 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 13:26-33; Mazmur: 2:6-7,8-9,10-11; PEKAN PASKAH IV (P); St.Angelus; B.Vinsent Soler; B.Yeremias dr Walikhia;

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Janganlah gelisah hatimu, percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.

Dan ke mana aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.” Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi, jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?” Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2023, Bacaan Injil

“Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.” Sabda yang indah tersebut tentu bukan hanya sebuah penghiburan belaka bagi para murid yang akan ditinggalkan dan merasa kehilangan. Lebih dari sekadar kata perpisahan, sabda tersebut adalah warta keselamatan yang kemudian tergenapi dalam peristiwa Paskah Kristus. Wafat dan kebangkitan Kristus adalah
jaminan keselamatan bagi orang beriman. Demikianlah Santo Paulus meyakinkan umat di Antiokhia akan makna wafat dan kebangkitan Kristus.

Santo Paulus menggarisbawahi iman Gereja bahwa Paskah Kristus menjadikan kita anak-anak terkasih Bapa. Sebagai anak-anak Bapa, rumah-Nya adalah juga tempat kediaman kita. Dalam rumah itu “ada banyak tempat” dan yang terpenting di dalam rumah itu kita akan senantiasa bersatu dengan Kristus: “Di mana Aku berada, di situ kamu berada.” Kita memohon rahmat Tuhan supaya semakin diteguhkan dalam iman tersebut sampai kita kelak mengalami janji keselamatan Tuhan itu.

.

Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau begitu menyayangi kami. Teguhkanlah iman dan harapan kami akan janji keselamatan-Mu supaya sukacita nyata dalam diri kami. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here