Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 31 Maret 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 31 Maret 2024 Bacaan Injil

167753
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 31 Maret 2024, Bacaan Injil Yohanes 20:1-9 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 10:34a, 37-43; Mazmur: 118:1-2,16ab-17, 22-23; Bacaan II: Kol. 3:1-4 (1Kor. 5:6b-8); HARI RAYA PASKAH (P);

BACAAN I

Kis 10:34
Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: “Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.

Kis 10:37
Kamu tahu tentang segala sesuatu yang terjadi di seluruh tanah Yudea, mulai dari Galilea, sesudah baptisan yang diberitakan oleh Yohanes,

Kis 10:38
yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.

Kis 10:39
Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu yang diperbuat-Nya di tanah Yudea maupun di Yerusalem; dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib.

Kis 10:40
Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri,

Kis 10:41
bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati.

Kis 10:42
Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.

Kis 10:43
Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya.”

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 31 Maret 2024

Mzm 118:1
Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Mzm 118:2
Biarlah Israel berkata: “Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!”

Mzm 118:16
tangan kanan TUHAN berkuasa meninggikan, tangan kanan TUHAN melakukan keperkasaan!”

Mzm 118:17
Aku tidak akan mati, tetapi hidup, dan aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan TUHAN.

Mzm 118:22
Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru.

Mzm 118:23
Hal itu terjadi dari pihak TUHAN, suatu perbuatan ajaib di mata kita.

 

BACAAN II – Renungan Harian Hari Ini 31 Maret 2024

Kol 3:1
Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

Kol 3:2
Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Kol 3:3
Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.

Kol 3:4
Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 31 Maret 2024

Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu penutupnya telah diambil dari kubur. Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka, “Tuhan telah diambil orang dari kubur-Nya dan kami tidak tahu di mana la diletakkan.”

Lalu berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat daripada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. la menjenguk ke dalam, dan melihat kain kafan terletak di situ. Namun, ia tidak masuk ke dalam. Datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu.

la melihat kain kafan terletak di situ, sedangkan kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kafan itu, tetapi terlipat tersendiri di tempat yang lain. Sesudah itu, masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. Sebab, selama itu mereka belum mengerti Kitab Suci yang mengatakan bahwa la harus bangkit dari antara orang mati.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 31 Maret 2024, Bacaan Injil

Kata Paskah berasal dari bahasa Ibrani yang berarti melangkah atau melewati. Bagi bangsa Yahudi, Paskah bertujuan mengenangkan karya keselamatan Allah pada waktu Dia membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir. Mereka menandai rumah-rumah mereka dengan darah anak domba sehingga ketika Yahwe melewati rumah-rumah mereka, bangsa Israel selamat. Selain itu, mereka dituntun melewati Laut Merah dengan selamat menuju Tanah Terjanji. Ketika Allah melewati maka selamatlah mereka.

Dalam peristiwa Paskah, untuk menyelamatkan kita, Tuhan Yesus mampu pertama-tama melewati penderitaan dan wafat di kayu salib. Kedua, Tuhan Yesus mampu melewati dunia orang mati melalui turun ke tempat penantian dan bangkit dari antara orang mati. Skenario Allah untuk menyelamatkan kita umat manusia mengalahkan skenario kuasa kejahatan dan kegelapan.

Kebahagiaan dan sukacita surgawi kita rasakan ketika merayakan Paskah. Kita dimampukan melewati 40 hari masa pantang dan puasa, pengolahan batin dan tubuh kita. Penderitaan membuahkan rahmat. Saya teringat ketika di pedalaman alangkah sukacita dan gembiranya ketika saya berhasil melewati jalan yang terjal.

Ketika seharian naik perahu, naik motor harus masuk lumpur, motor ambruk di jalanan jelek, tertimpa motor, ban motor bocor, kaki terkena panasnya knalpot, menyusuri hutan, melewati tebing-tebing dengan berpegangan akar pohon, menyeberangi sungai berkali-kali tanpa jembatan.

Semuanya dilewati dan akhirnya bisa berjumpa dengan umat yang juga dengan sukacita berjumpa dengan imamnya. Jangan takut melewati penderitaan, kesulitan, dan kematian. Dalam Allah ada optimisme, bukan pesimisme; keberanian, bukan ketakutan; serta kehidupan, bukan kematian. Kristus bangkit. Alleluia. Selamat Paskah.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 30 Maret 2024

.

.

Ya Tuhan Yesus, semoga kami selalu setia dan bisa selalu melewati saat-saat yang sulit dalam hidup kami. Dengan penuh rahmat-Mu kami bersukacita. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here