Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 30 April 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 30 April 2024 Bacaan Injil

190963
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 30 April 2024, Bacaan Injil Yohanes 14:27-31a (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis 14:19-28; Mazmur: 145:10-11. 12-13ab. 21; R: lih. 11a; PEKAN PASKAH V (P); St.Marianus dan Yakobus; St.Pius V, Paus: St.Yosef-Benedik Cottolengo;

BACAAN I

Kis 14:19
Tetapi datanglah orang-orang Yahudi dari Antiokhia dan Ikonium dan mereka membujuk orang banyak itu memihak mereka. Lalu mereka melempari Paulus dengan batu dan menyeretnya ke luar kota, karena mereka menyangka, bahwa ia telah mati.

Kis 14:20
Akan tetapi ketika murid-murid itu berdiri mengelilingi dia, bangkitlah ia lalu masuk ke dalam kota. Keesokan harinya berangkatlah ia bersama-sama dengan Barnabas ke Derbe.

Kis 14:21
Paulus dan Barnabas memberitakan Injil di kota itu dan memperoleh banyak murid. Lalu kembalilah mereka ke Listra, Ikonium dan Antiokhia.

Kis 14:22
Di tempat itu mereka menguatkan hati murid-murid itu dan menasihati mereka supaya mereka bertekun di dalam iman, dan mengatakan, bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara.

Kis 14:23
Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka.

Kis 14:24
Mereka menjelajah seluruh Pisidia dan tiba di Pamfilia.

Kis 14:25
Di situ mereka memberitakan firman di Perga, lalu pergi ke Atalia, di pantai.

Kis 14:26
Dari situ berlayarlah mereka ke Antiokhia; di tempat itulah mereka dahulu diserahkan kepada kasih karunia Allah untuk memulai pekerjaan, yang telah mereka selesaikan.

Kis 14:27
Setibanya di situ mereka memanggil jemaat berkumpul, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang Allah lakukan dengan perantaraan mereka, dan bahwa Ia telah membuka pintu bagi bangsa-bangsa lain kepada iman.

Kis 14:28
Di situ mereka lama tinggal bersama-sama dengan murid-murid itu.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 30 April 2024

Mzm 145:10
Segala yang Kaujadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau.

Mzm 145:11
Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu,

Mzm 145:12
untuk memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan kemuliaan semarak kerajaan-Mu.

Mzm 145:13
Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

Mzm 145:21
Mulutku mengucapkan puji-pujian kepada TUHAN dan biarlah segala makhluk memuji nama-Nya yang kudus untuk seterusnya dan selamanya.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 30 April 2024

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan Aku memberi kepadamu tidak seperti dunia memberi. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. Kamu telah mendengar bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku akan datang kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar daripada Aku.

Sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi. Tidak banyak lagi Aku berbicara dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang. la tidak berkuasa sedikit pun atas diri-Ku, tetapi supaya dunia tahu bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 30 April 2024, Bacaan Injil

Ditinggalkan oleh orang yang sangat dicintai dan diandalkan selalu membawa kegelisahan, kecemasan, dan kekhawatiran. Yesus rasanya menangkap suasana itu di antara para murid-Nya. Karena itu, la berkata, “Janganlah gelisah dan gentar hatimu!”

Pesan kotradiktif lain dari Yesus adalah ketika la mengatakan bahwa jika para murid mencintai-Nya maka semestinya mereka bersukacita bahwa Yesus pergi kepada Bapa. Sepertinya hal ini memang aneh. Namun, sudah pada awal Yesus mengatakan bahwa damai sejahtera yang la berikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia.

Dikisahkan bahwa Paulus dilempari batu dan diseret keluar kota, bahkan dikira sudah mati. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat Paulus dan Barnabas. Mereka semakin giat pergi ke tempat-tempat lain. Mereka mengatakan bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah harus mengalami banyak sengsara. Inilah sukacita, inilah damai “Kerajaan Allah.”

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 29 April 2024

.

.

Ya Yesus, bimbinglah kami untuk mencari sukacita yang berasal dari-Mu, termasuk sukacita yang kami temukan dalam kesulitan dan penderitaan. Anugerahkanlah kami semangat seperti Paulus dalam membawa Kabar Sukacita-Mu. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here