Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 3 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 3 Mei 2024 Bacaan Injil

193895
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 3 Mei 2024, Bacaan Injil Yohanes 14:6-14 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Kor. 15:1-8; Mazmur: 19:2-3. 4-5; R:5a; PEKAN PASKAH V; Pesta St.Filipus dan Yakobus, Rasul.(M);

BACAAN I

1Kor 15:1
Dan sekarang, saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.

1Kor 15:2
Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu?kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya.

1Kor 15:3
Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,

1Kor 15:4
bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

1Kor 15:5
bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.

1Kor 15:6
Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.

1Kor 15:7
Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul.

1Kor 15:8
Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 3 Mei 2024

Mzm 19:2
(19-3) hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam.

Mzm 19:3
(19-4) Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar;

Mzm 19:4
(19-5) tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari,

Mzm 19:5
(19-6) yang keluar bagaikan pengantin laki-laki yang keluar dari kamarnya, girang bagaikan pahlawan yang hendak melakukan perjalanannya.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 3 Mei 2024

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada Tomas, “Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Tidak seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Jika kamu mengenal Aku, kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada-Nya, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”

Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Siapa yang telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa. Bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang tinggal di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-pekerjaan-Nya.

Percayalah kepada-Ku bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku. Setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Siapa yang percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa. Apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dimuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 3 Mei 2024, Bacaan Injil

Kitab Suci, khususnya Injil, memberikan kesaksian tentang Yesus Kristus yang kita imani. Yesus tidak hanya orang baik yang patut diteladani. Yesus juga sebagai pahlawan yang telah memberikan diri-Nya sebagai kurban pengmhapus atas dosa-dosa kita. Ia seorang bijak yang ajaran-Nya membuat banyak orang kagum. Yesus adalah Anak Tunggal Bapa yang menyatakan Bapa kepada manusia (bdk. Yoh. 1:18).

Tidak sedikit orang seperti Filipus yang bertanya tentang hubungan Bapa dengan Yesus. Terhadap keinginan Filipus untuk melihat Bapa, Yesus memberikan jaminan kepadanya bahwa siapa saja yang telah melihat diri-Nya, ia telah melihat Bapa. Demikian juga dengan kita. Mungkin keinginan kita berbeda dengan Filipus. Kita ingin melihat Yesus yang bangkit, sebagaimana keinginan Tomas.

Keinginan kita tersebut akan dipenuhi pada hari kebangkitan. Untuk sementara waktu kita percaya pada kesaksian yang diberikan oleh para pewarta Injil seperti yang dikatakan oleh Paulus dalam Bacaan Pertama (1Kor. 15:1-8). Yesus sudah memberikan jaminan kepada kita dengan berkata, “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya” (Yoh. 20:29).

Tugas kita adalah bertekun dalam pendalaman iman supaya kita mampu mewartakan Injil kepada setiap orang dengan perkataan dan perbuatan kita.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 2 Mei 2024

.

.

Tuhan Yesus, semoga semakin banyak orang yang mendengarkan Injil dan percaya kepada-Mu. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here