Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 24 Maret 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 24 Maret 2024 Bacaan Injil

165530
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 24 Maret 2024, Bacaan Injil Markus 14:1-15:47 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Yes. 50:4-7; Mazmur: 22:8-9. 17-18a. 19-20. 23-24; R.2a; Bacaan II: Flp. 2:6-11; HARI MINGGU PALMA (M);

BACAAN I

Yes 50:4
Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

Yes 50:5
Tuhan ALLAH telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang.

Yes 50:6
Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi.

Yes 50:7
Tetapi Tuhan ALLAH menolong aku; sebab itu aku tidak mendapat noda. Sebab itu aku meneguhkan hatiku seperti keteguhan gunung batu karena aku tahu, bahwa aku tidak akan mendapat malu.

 

Bacaan II – Renungan Harian Hari Ini 24 Maret 2024

Flp 2:6
yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,

Flp 2:7
melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Flp 2:8
Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Flp 2:9
Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,

Flp 2:10
supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,

Flp 2:11
dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 24 Maret 2024

Mzm 22:8
(22-9) “Ia menyerah kepada TUHAN; biarlah Dia yang meluputkannya, biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya?”

Mzm 22:9
(22-10) Ya, Engkau yang mengeluarkan aku dari kandungan; Engkau yang membuat aku aman pada dada ibuku.

Mzm 22:17
(22-18) Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku.

Mzm 22:18
(22-19) Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.

Mzm 22:19
(22-20) Tetapi Engkau, TUHAN, janganlah jauh; ya kekuatanku, segeralah menolong aku!

Mzm 22:20
(22-21) Lepaskanlah aku dari pedang, dan nyawaku dari cengkeraman anjing.

Mzm 22:23
(22-24) kamu yang takut akan TUHAN, pujilah Dia, hai segenap anak cucu Yakub, muliakanlah Dia, dan gentarlah terhadap Dia, hai segenap anak cucu Israel!

Mzm 22:24
(22-25) Sebab Ia tidak memandang hina ataupun merasa jijik kesengsaraan orang yang tertindas, dan Ia tidak menyembunyikan wajah-Nya kepada orang itu, dan Ia mendengar ketika orang itu berteriak minta tolong kepada-Nya.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 24 Maret 2024

Hari Raya Paskah dan Hari Raya Roti Tidak Beragi akan mulai dua hari lagi. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mencari jalan untuk menangkap Yesus dengan tipu muslihat dan membunuh Dia. Sebab, kata mereka, “Jangan pada waktu perayaan, supaya jangan timbul keributan di antara rakyat.”

Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon, penderita sakit kulit, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.

Namun, beberapa orang menjadi marah dan berkata seorang kepada yang lain, “Untuk apa pemborosan minyak narwastu ini? Sebab, minyak ini dapat dijual tiga ratus dinar lebih dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin.” Lalu mereka mencela perempuan itu.

Namun, Yesus berkata, “Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? la telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, dan kapan pun kamu menghendakinya kamu dapat menolong mereka, tetapi Aku tidak akan selalu bersama- sama kamu.

 

la telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut untuk mengingat dia.”

Lalu pergilah Yudas Iskariot, salah seorang dari kedua belas murid itu, kepada imam-imam kepala dengan maksud untuk menyerahkan Yesus kepada mereka. Mereka gembira waktu mendengarnya dan berjanji akan memberikan uang kepadanva Lalu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus.

Pada hari pertama Hari Raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid Yesus berkata kepada-Nya, “Ke mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?” Lalu la mengutus dua orang murid-Nya dengan pesan, “Pergilah ke kota; di sana seorang yang membawa kendi berisi air akan menjumpaimu. Ikutilah dia dan katakanlah kepada pemilik rumah yang dimasukinya:

Pesan Guru: Di manakah ruangan bagi-Ku tempat Aku bersama murid-murid-Ku dapat makan Paskah? Lalu orang itu akan menunjukkan kepadamu sebuah ruangan atas yang besar, yang sudah lengkap dan disiapkan. Di situlah kamu harus mempersiapkannya untuk kita.” Kedua murid itu pun berangkat dan setibanya di kota, mereka dapati semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu mereka mempersiapkan Paskah. (Bacaan selengkapnya lihat Alkitab ..)

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 24 Maret 2024, Bacaan Injil

Perayaan Hari Raya Minggu Palma ini menandai bahwa kita memasuki Pekan Suci. Perayaan Minggu Palma diawali dengan perarakan mengenangkan Tuhan Yesus memasuki Kota Yerusalem. Orang-orang bersorak memuji dengan melambaikan daun palma. Daun palma melambangkan harapan dan kehidupan. Tuhan Yesus adalah Raja yang memberikan harapan dan kehidupan.

Dia adalah seorang Raja yarng tidak menunggangi kuda perang yang gagah perkasa, tetapi menunggangi seekor keledai. Tidak ada kegagahan dari seekor keledai. Keledai adalah binatang yang selalu dibebani beban berat. Yesus adalah raja yang harus menanggung beban dosa kita yang berat.

Hari ini kita juga merenungkan kisah sengsara Tuhan kita Yesus Kristus. Setelah dielu-elukan dengan gegap gempita, suasana berubah menjadi ketegangan, kengerian, kebengisan, kemanusiaan yang diinjak-injak. Tuhan Yesus dikhianati, ditangkap, dituduh, difitnah, dan dijatuhi hukuman mati di kayu salib.

 

Orang-orang yang bersorak gegap gempita menghilang. Ada yang lari, bersembunyi, bahkan menyangkal Tuhan Yesus. Tuhan Yesus sendirian seperti keledai yang dibebani beban yang berat. Mata orang-orang sudah tertutup terhadap kebenaran. Inilah jalan penderitaan yang harus dilalui Tuhan demi cinta-Nya kepada umat manusia. la taat dan rela menanggungnya sendirian menjadi hamba; menjadi hamba yang menderita.

Apa yang bisa kita renungkan pada Minggu Palma ini? Seperti daun palma, hidup kita menunjukkan kehidupan dan harapan karena sudah dibebaskan dari dosa oleh penebusan dengan penderitaan Yesus. Hidup kita menjadi hidup untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Hidup kita selalu mengungkapkan rasa syukur atas keselamatan yang diberilkan oleh Yesus.

Namun, janganlah hidup kita menjadi seperti daun palma yang daun-daunnya gugur satu demi satu, tinggal batang dan menjadi cambuk yang mencambuki tubuh Yesus. Tetaplah menjadi daun palma yang utuh dan menjadi pujian bagi kemuliaan Tuhan.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 23 Maret 2024

.

.

Ya Tuhan, semoga perkataan, tingkah laku, dan tindakan kami akan selalu menjadi daun palma untuk memuliakan nama-Mu. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here