Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 23 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 23 Mei 2024 Bacaan Injil

219853
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 23 Mei 2024, Bacaan Injil Markus 9:41-50 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Yak. 5:1-6; Mazmur: 49:14-15ab. 15cd-16. 17-18. 19-20; R: Mat. 5:3; PEKAN BIASA VII (H); Sta.Yohana Antida Thouret; St.Kristoforus dr Magalla;

BACAAN I

Yak 5:1
Jadi sekarang hai kamu orang-orang kaya, menangislah dan merataplah atas sengsara yang akan menimpa kamu!

Yak 5:2
Kekayaanmu sudah busuk, dan pakaianmu telah dimakan ngengat!

Yak 5:3
Emas dan perakmu sudah berkarat, dan karatnya akan menjadi kesaksian terhadap kamu dan akan memakan dagingmu seperti api. Kamu telah mengumpulkan harta pada hari-hari yang sedang berakhir.

Yak 5:4
Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu.

Yak 5:5
Dalam kemewahan kamu telah hidup dan berfoya-foya di bumi, kamu telah memuaskan hatimu sama seperti pada hari penyembelihan.

Yak 5:6
Kamu telah menghukum, bahkan membunuh orang yang benar dan ia tidak dapat melawan kamu.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 23 Mei 2024

Mzm 49:14
(49-15) Seperti domba mereka meluncur ke dalam dunia orang mati, digembalakan oleh maut; mereka turun langsung ke kubur, perawakan mereka hancur, dunia orang mati menjadi tempat kediaman mereka.

Mzm 49:15
(49-16) Tetapi Allah akan membebaskan nyawaku dari cengkeraman dunia orang mati, sebab Ia akan menarik aku. Sela

Mzm 49:15
(49-16) Tetapi Allah akan membebaskan nyawaku dari cengkeraman dunia orang mati, sebab Ia akan menarik aku. Sela

Mzm 49:16
(49-17) Janganlah takut, apabila seseorang menjadi kaya, apabila kemuliaan keluarganya bertambah,

Mzm 49:17
(49-18) sebab pada waktu matinya semuanya itu tidak akan dibawanya serta, kemuliaannya tidak akan turun mengikuti dia.

Mzm 49:18
(49-19) Sekalipun ia menganggap dirinya berbahagia pada masa hidupnya, sekalipun orang menyanjungnya, karena ia berbuat baik terhadap dirinya sendiri,

Mzm 49:19
(49-20) namun ia akan sampai kepada angkatan nenek moyangnya, yang tidak akan melihat terang untuk seterusnya.

Mzm 49:20
(49-21) Manusia, yang dengan segala kegemilangannya tidak mempunyai pengertian, boleh disamakan dengan hewan yang dibinasakan.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 23 Mei 2024

Pada suatu hari berkatalah Yesus kepada murid-murid-Nya, “Siapa saja yang memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya. Siapa saja yang menyebabkan salah satu yang kecil di antara mereka yang percaya kepada-Ku ini, berbuat dosa, lebih baik baginya jika sebuah batu giling diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut.

Jika tanganmu menyebabkan engkau berbuat dosa, penggallah! Lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan buntung daripada dengan kedua tangan utuh pergi ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan; [di tempat itu ulat-ulatnya tidak mati, dan api tidak terpadamkan.] Jika kakimu menyebabkan engkau berbuat dosa, penggalah! Lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, daripada dengan kedua kaki utuh dicampakkan ke dalam neraka; [di tempat itu ulat-ulatnya tidak akan mati, dan api tidak terpadamkan.]

Jika matamu menyebabkan engkau berbuat dosa, cungkillah! Lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan satu mata daripada dengan dua mata dicampakkan ke dalam neraka, di mana ulat-ulatnya tidak mati dan api tidak terpadamkan. Karena setiap orang akan digarami dengan api. Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi tawar, dengan apakah kamu mengasinkannya? Hendaklah kamu senantiasa mempunyai garam dalam dirimu dan hidup berdamai seorang dengan yang lain.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 23 Mei 2024, Bacaan Injil

Pesan Rasul Yakobus dan Tuhan kita Yesus Kristus hari ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Jika kekayaanmu menyesatkan engkau, tinggalkanlah. Kita tidak dilarang menikmati hidup di dunia ini. Tuhan telah menciptakan apa yang baik bagi manusia untuk dinikmati.

Kita perlu bijak dalam mengumpulkan kekayaan dan menggunakannya. Bagaimana kita mengetahui bahwa kepemilikan dan penggunaan harta benda kita masih berkenan kepada Tuhan? Sudah saatnya kita bertobat, meratap dan menangis, jika kita memperoleh kekayaan dari hasil korupsi, jika uang kita berlipat ganda karena riba, jika usaha kita merusak lingkungan hidup, jika kita menggaji karyawan kita di bawah upah minimum.

Mungkin kita berkata, “Saya ini orang miskin, orang sederhana. Jadi, bacaan hari ini tidak berlaku bagi saya.” Meskipun kita orang sederhana, kita tetap perlu bertobat, meratap dan menangis karena mungkin kita telah mencuri, bersikap pelit, iri hati, malas, dan tidak jujur. Harta benda bisa menyesatkan siapa saja, baik yang kaya maupun yang miskin, baik umat maupun pemimpin agama, baik orangtua maupun anak-anak. Maka, kita perlu mawas diri, Jangan sampai harta benda membutakan mata kita terhadap penderitaan sesama dan menumpulkan suara hati kita untuk berbagi.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 22 Mei 2024

.

.

Bapa kami yang ada di surga, berilah kami rezeki pada hari ini. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here