Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 23 April 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 23 April 2024 Bacaan Injil

184593
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 23 April 2024, Bacaan Injil Yohanes 10:22-30 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 11:19-26; Mazmur: 87:1-3. 4-5.6-7; R:117:1a; PEKAN PASKAH IV (P); St.Adalbertus; St.Georgius; B.Helena dr Udin; B.Maria Gabriella Saghedu; Egidius dr Assisi;

BACAAN I

Kis 11:19
Sementara itu banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus dihukum mati. Mereka tersebar sampai ke Fenisia, Siprus dan Antiokhia; namun mereka memberitakan Injil kepada orang Yahudi saja.

Kis 11:20
Akan tetapi di antara mereka ada beberapa orang Siprus dan orang Kirene yang tiba di Antiokhia dan berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil, bahwa Yesus adalah Tuhan.

Kis 11:21
Dan tangan Tuhan menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan.

Kis 11:22
Maka sampailah kabar tentang mereka itu kepada jemaat di Yerusalem, lalu jemaat itu mengutus Barnabas ke Antiokhia.

Kis 11:23
Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan,

Kis 11:24
karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan.

Kis 11:25
Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia.

Kis 11:26
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 23 April 2024

Mzm 87:1
Mazmur bani Korah: suatu nyanyian. Di gunung-gunung yang kudus ada kota yang dibangunkan-Nya:

Mzm 87:2
TUHAN lebih mencintai pintu-pintu gerbang Sion dari pada segala tempat kediaman Yakub.

Mzm 87:3
Hal-hal yang mulia dikatakan tentang engkau, ya kota Allah. Sela

Mzm 87:4
Aku menyebut Rahab dan Babel di antara orang-orang yang mengenal Aku, bahkan Filistea, Tirus dan Etiopia: “Ini dilahirkan di sana.”

Mzm 87:5
Tetapi tentang Sion dikatakan: “Seorang demi seorang dilahirkan di dalamnya,” dan Dia, Yang Mahatinggi, menegakkannya.

Mzm 87:6
TUHAN menghitung pada waktu mencatat bangsa-bangsa: “Ini dilahirkan di sana.” Sela

Mzm 87:7
Dan orang menyanyi-nyanyi sambil menari beramai-ramai: “Segala mata airku ada di dalammu.”

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 23 April 2024

Pada Hari Raya Penahbisan Bait Allah di Yerusalem, ketika itu musim dingin, Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di Serambi Salomo. 0rang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya, “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.”

Yesus menjawab mereka, “Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya. Pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.

Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku. Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar daripada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 23 April 2024, Bacaan Injil

Yesus adalah “Pastor Bonus”, Gembala yang Baik. Domba-domba mendengarkan suara-Nya, dan la mengenal mereka. Kita ini kadang-kadang bagaikan domba yang mudah tersesat, mudah menjadi mangsa kekuatan yang dapat menghancurkan kita, yakni dosa, setan, dan tawaran-tawaran dunia yang bertentangan dengan Allah.

Namun, domba yang mendengarkan suara Yesus, “Pastor Bonus”, tidak perlu takut. Sang Gembala memimpin mereka ke padang rumput yang hijau dan sumber air yang tenang, kedamaian abadi, sukacita, dan persekutuan dengan Allah dan umat-Nya. la mengenal kita dan apa yang sungguh kita butuhkan, lebih daripada kita mengenal diri kita sendiri.

Dalam Bacaan Pertama diceritakan bahwa “banyak saudara telah tersebar karena penganiayaan sesudah Stefanus dihukum mati”. Kita pun akan menjumpai pencobaan, kesulitan, dan penderitaan. Kita bisa menghadapi sendiri atau kita mengikuti Yesus, Sang Gembala yang Baik, yang akan menuntun kita melewati setiap kesulitan ke tempat yang damai dan aman bersama Allah. “Arahkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup!” (Yes. 55:3).

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 22 April 2024

.

.

Ya Tuhan, bukalah telinga kami untuk mendengarkan suara-Mu, bukalah mata hati kami untuk menahami karya-karya-Mu, dan tuntunlah kami di jalan-Mu. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here