Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 21 Mei 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 21 Mei 2023, Bacaan Injil

14897
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 21 Mei 2023, Bacaan Injil Yohanes 17:1-11a (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 1:12-14; Mazmur: 27-14,7-8a; Bacaan II: 1Ptr. 4:13-16; O PEKAN III; PEKAN PASKAH VII (P);

Dalam perjamuan malam terakhir Yesus menengadah ke langit dan berdoa: “Bapa, telah tiba saatnya, permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula la akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada. Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu. Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu. Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya.

Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 21 Mei 2023, Bacaan Injil

Setelah kenaikan Tuhan Yesus, Gereja tidak lagi seperti ayam kehilangan induknya. Selain Tuhan sendiri yang menjanjikan Roh Kudus, para murid juga bertekun untuk hidup dalam persatuan dan sehati dalam doa. Cara hidup mereka menampilkan gambaran ideal tentang hidup Gereja, yaitu jemaat yang satu iman, satu hati dalam doa dan kebersamaan.

Dalam kebersamaan itu pula sangat kentara bahwa Gereja memang adalah kepunyaan Allah, yang selalu dijaga-Nya. Kita yang adalah bagian dari Gereja Kristus yang sama dipanggil untuk mengupayakan hidup bersama yang satu iman dan satu hati. Terutama pada zaman yang sangat diwarnai konflik, polarisasi, politik identitas, diskriminasi, dan bentuk-bentuk keterpisahan lain, persatuan Gereja Kristus sungguh menjadi kesaksian yang bermakna besar bagi dunia.

Kita juga dipanggil untuk senantiasa berdoa supaya kasih Tuhan sungguh menggerakkan seluruh bangsa manusia agar bisa hidup dalam semangat kesatuan dan persaudaraan.

.

Allah Bapa kami, anugerahkanlah kami semangat persatuan dan semoga Roh Kasih-Mu selalu mendorong kami untuk saling mengasihi sebagai saudara. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here