Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 21 April 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 21 April 2024 Bacaan Injil

183601
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 21 April 2024, Bacaan Injil Yohanes 10:11-18 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 4:8-12; Mazmur: 118:1. 8 9. 21-23. 26. 28cd. 29; R:22; Bacaan II: 1Yoh. 3:1-2; O PEKAN IV; PEKAN PASKAH IV (P); HARI MINGGU PANGGILAN; St.Anselmus; St.Simon bar Sabbae; St.Konradus dr Parzham;

BACAAN I

Kis 4:8
Maka jawab Petrus, penuh dengan Roh Kudus: “Hai pemimpin-pemimpin umat dan tua-tua,

Kis 4:9
jika kami sekarang harus diperiksa karena suatu kebajikan kepada seorang sakit dan harus menerangkan dengan kuasa manakah orang itu disembuhkan,

Kis 4:10
maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati?bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu.

Kis 4:11
Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan?yaitu kamu sendiri?,namun ia telah menjadi batu penjuru.

Kis 4:12
Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 21 April 2024

Mzm 118:1
Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Mzm 118:8
Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada manusia.

Mzm 118:9
Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada para bangsawan.

Mzm 118:21
Aku bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku.

Mzm 118:22
Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru.

Mzm 118:23
Hal itu terjadi dari pihak TUHAN, suatu perbuatan ajaib di mata kita.

Mzm 118:26
Diberkatilah dia yang datang dalam nama TUHAN! Kami memberkati kamu dari dalam rumah TUHAN.

Mzm 118:28
Allahku Engkau, aku hendak bersyukur kepada-Mu, Allahku, aku hendak meninggikan Engkau.

Mzm 118:29
Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

 

BACAAN II

1Yoh 3:1
Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.

1Yoh 3:2
Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 21 April 2024

Pada suatu hari Yesus berkata kepada orang-orang Farisi, “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya. Seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu merebut dan mencerai-beraikan domba-domba itu.

la lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu. Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba- domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. Aku juga mempunyai domba-domba lain yang bukan dari kandang ini.

Domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku, dan akan ada satu kawanan dengan satu gembala. Bapa mengasihi Aku, karena Aku memberikan nyawa-Ku agar Aku mengambilnya kembali. Tidak seorang pun mengambilnya dari Aku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah perintah yang Kuterima dari Bapa-Ku.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 21 April 2024, Bacaan Injil

Minggu Paskah IV selalu dipersembahkan sebagai Minggu Panggilan, di mana kita diminta untuk mendoakan orang-orang yang dipanggil secara khusus sebagai imam, biarawan-biarawati. Kita juga mohon agar Sang Empunya tuaian mengutus semakin banyak pekerja untuk kebun anggur-Nya.

Kita berdoa agar para gembala kita memiliki semangat dan sikap seperti Sang Gembala Sejati sebagaimana digambarkan dalam Injil hari ini. “Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya.” Serigala-serigala yang diumpamakan oleh Yesus menjadi simbolisasi tantangan-tantangan bagi para gembala dan kawanan saat ini.

Betapa sering kita melihat gembala-gembala yang tergoda untuk lari dan mencari keselamatannya sendiri, tanpa peduli dengan keselamatan para kawanannya. Ada yang berlindung dalam kekuasaannya, ada yang lari kepada hobi dan kesibukan sendiri, ada yang bersembunyi dalam kenyamanan. Namun, lebih banyak lagi gembala yang berdarah-darah melayani keselamatan dan kesejahteraan kawanannya.

Karena kasih Allah yang begitu besar, kita telah diangkat sebagai anak-anak-Nya. Dalam Kristus kita mendapatkan jaminan keselamatan. Oleh karena itu, kita tidak perlu khawatir dengan “serigala-serigala” yang mengancam hidup kita. Kristus, Sang Gembala yang Baik menjadi jaminan yang akan membela kita. Ini juga yang menguatkan Petrus dan Yohanes dalam memberikan kesaksian di hadapan Mahkamah Agama.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 20 April 2024

.

.

Tuhan, Engkaulah Gembala kami. Kami bersyukur karena Engkau tetap menyertai kawanan-Mu dengan mengutus gembala-gembala yang baik. Semoga kesaksian hidup mereka semakin menarik banyak orang muda untuk terpanggil secara khusus dalam tugas penggembalaan dan persembahan hidup yang total bagi-Mu dan Gereja-Mu. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here