Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 2 April 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 2 April 2024 Bacaan Injil

168669
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 2 April 2024, Bacaan Injil Yohanes 20:11-18 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 2:36-41; Mazmur: 33:4-5.18-19. 20. 22; R:5b; OKTAF PASKAH I (P) St.Fransiskus dr Paola; Sta.Teodosia; Sta.Maria dr Mesir;

BACAAN I

Kis 2:14
Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: “Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini.

Kis 2:22
Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu.

Kis 2:23
Dia yang diserahkan Allah menurut maksud dan rencana-Nya, telah kamu salibkan dan kamu bunuh oleh tangan bangsa-bangsa durhaka.

Kis 2:24
Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu.

Kis 2:25
Sebab Daud berkata tentang Dia: Aku senantiasa memandang kepada Tuhan, karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Kis 2:26
Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram,

Kis 2:27
sebab Engkau tidak menyerahkan aku kepada dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.

Kis 2:28
Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita di hadapan-Mu.

Kis 2:29
Saudara-saudara, aku boleh berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang Daud, bapa bangsa kita. Ia telah mati dan dikubur, dan kuburannya masih ada pada kita sampai hari ini.

Kis 2:30
Tetapi ia adalah seorang nabi dan ia tahu, bahwa Allah telah berjanji kepadanya dengan mengangkat sumpah, bahwa Ia akan mendudukkan seorang dari keturunan Daud sendiri di atas takhtanya.

Kis 2:31
Karena itu ia telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan, bahwa Dia tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati, dan bahwa daging-Nya tidak mengalami kebinasaan.

Kis 2:32
Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 2 April 2024

Mzm 16:1
Miktam. Dari Daud. Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.

Mzm 16:2
Aku berkata kepada TUHAN: “Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!”

Mzm 16:5
Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku.

Mzm 16:7
Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.

Mzm 16:8
Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Mzm 16:9
Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram;

Mzm 16:10
sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.

Mzm 16:11
Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 2 April 2024

Setelah makam Yesus kedapatan kosong, Maria Magdalena berdiri di luar kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang satu duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat jenazah Yesus terbaring sebelumnya.

Kata malaikat-malaikat itu kepadanya, “Ibu, mengapa engkau menangis?” Jawab Maria kepada mereka, “Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu dimana la diletakkan,” Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu bahwa itu adalah Yesus.

Kata Yesus kepadanya, “Ibu, mengapa engkau menangis? Siapa yang engkau cari?” Maria menyangka orang itu penjaga taman, lalu berkata kepada-Nya, “Tuan jikalau Tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana Tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya.” Kata Yesus kepadanya, “Maria!” Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani “Rabuni!”, artinya Guru.

Kata Yesus kepadanya, “Janganlah engkau memegang Aku terus, sebab Aku belum naik kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka bahwa sekarang Aku akan naik kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.” Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid, “Aku telah melihat Tuhan!” dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 2 April 2024, Bacaan Injil

Maria hanya tahu bahwa “Tuhan telah diambil dari kubur-Nya”. Maria begitu sedih, Yesus yang begitu dicintai dan dikagumi itu wafat dan sekarang jenazah-Nya diambil orang. Namun, ternyata Yesus sendiri menampakkan diri kepadanya dan memanggil namanya, “Maria!” Dan saat itu Maria mengenali Yesus, “Sang Rabuni”. Petrus dan Yohanes sendiri hanya melihat kubur yang sudah kosong, tinggal kain kafan dan kain peluh.

Tentu saja Maria tidak ingin ditinggalkan oleh Yesus lagi, ia ingin memegang-Nya. Namun, Yesus meminta agar Maria tidak menggantungkan diri terus-menerus pada diri-Nya. Maria masih mempunyai tugas lain, yakni “pergi kepada saudara-saudara Yesus”, untuk mengatakan bahwa Dia telah bangkit dan akan menjumpai para murid.

Perutusan yang sama juga berlaku bagi kita. Kita diminta untuk pergi dan menyerukan. “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosanmu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus “

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 1 April 2024

.

.

Ya Bapa, bukalah hati kami agar mampu mendengar Yesus yang memanggil kami masing-masing. Gerakkan seluruh hidup kami untuk mewartakan pertobatan di tengah “angkatan yang jahat ini”. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here