Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 18 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 18 Mei 2024 Bacaan Injil

215590
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 18 Mei 2024, Bacaan Injil Yohanes 21:20-25 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 22:30; 23:6-11; Mazmur: 11:4. 5. 7; R:7b; PEKAN PASKAH VII (P); B.Willem Toulouse; St.Yohanes I; St.Leonardus Murialdo; St.Feliks dr Cantalice;

BACAAN I

Kis 28:16
Setelah kami tiba di Roma, Paulus diperbolehkan tinggal dalam rumah sendiri bersama-sama seorang prajurit yang mengawalnya.

Kis 28:17
Tiga hari kemudian Paulus memanggil orang-orang terkemuka bangsa Yahudi dan setelah mereka berkumpul, Paulus berkata: “Saudara-saudara, meskipun aku tidak berbuat kesalahan terhadap bangsa kita atau terhadap adat istiadat nenek moyang kita, namun aku ditangkap di Yerusalem dan diserahkan kepada orang-orang Roma.

Kis 28:18
Setelah aku diperiksa, mereka bermaksud melepaskan aku, karena tidak terdapat suatu kesalahanpun padaku yang setimpal dengan hukuman mati.

Kis 28:19
Akan tetapi orang-orang Yahudi menentangnya dan karena itu terpaksalah aku naik banding kepada Kaisar, tetapi bukan dengan maksud untuk mengadukan bangsaku.

Kis 28:20
Itulah sebabnya aku meminta, supaya aku melihat kamu dan berbicara dengan kamu, sebab justru karena pengharapan Israellah aku diikat dengan belenggu ini.”

Kis 28:30
Dan Paulus tinggal dua tahun penuh di rumah yang disewanya sendiri itu; ia menerima semua orang yang datang kepadanya.

Kis 28:31
Dengan terus terang dan tanpa rintangan apa-apa ia memberitakan Kerajaan Allah dan mengajar tentang Tuhan Yesus Kristus.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 18 Mei 2024

Mzm 11:4
TUHAN ada di dalam bait-Nya yang kudus; TUHAN, takhta-Nya di sorga; mata-Nya mengamat-amati, sorot mata-Nya menguji anak-anak manusia.

Mzm 11:5
TUHAN menguji orang benar dan orang fasik, dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan.

Mzm 11:7
Sebab TUHAN adalah adil dan Ia mengasihi keadilan; orang yang tulus akan memandang wajah-Nya.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 18 Mei 2024

Setelah Yesus yang bangkit berkata kepada Petrus, “Ikutlah Aku,” Petrus berpaling dan melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus dan yang berkata, “Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?” Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus, “Tuhan, bagaimana dengan dia ini?”

Jawab Yesus, “Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tetap hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Namun engkau, ikutlah Aku.” Tersebarlah kabar di antara saudara-saudara itu bahwa murid itu tidak akan mati. Namun, Yesus tidak mengatakan kepada Petrus bahwa murid itu tidak akan mati, melainkan, “Jikalau Aku menghendaki supaya ia tetap hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu.”

Dialah murid yang bersaksi tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu bahwa kesaksiannya itu benar. Masih banyak lagi hal-hal lain yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu dituliskan satu per satu, kupikir dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 18 Mei 2024, Bacaan Injil

Hari ini kita membaca bagian akhir dari Kisah Para Rasul dan Injil Yohanes. Keduanya mengarahkan pandangan kita pada seseorang, yaitu Yesus Kristus. Memang Kisah Para Rasul berakhir dengan sebuah kesimpulan terbuka yang menantang kita. Ketika kita membaca Kisah Para Rasul, kita berjumpa dengan Petrus, Yohanes, Stefanus, Filipus, Barnabas, dan Paulus yang mengundang kita untuk berani memberikan kesaksian tentang Tuhan kita Yesus Kristus.

Kitalah yang diharapkan melanjutkan pemberitaan Injil tersebut dengan berani dalam situasi apa pun, dalam untung maupun malang. Injil Yohanes ditulis supaya kita percaya bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan dengan demikian kita memperoleh hidup dalam nama-Nya. Ketika kita membaca Alkitab, terutama Injil, kita sungguh bertemu dengan Firman Tuhan yang hadir bersama kita. Firman Tuhan tidak boleh tinggal sebagai huruf-huruf mati, tetapi harus hidup dalam kehidupan kita.

Orang lain tidak boleh hanya akan mengenal Yesus dari lembaran-lembaran Akitab, tetapi terutama dari jejak-jejak hidup kita. “Manusia modern lebih senang mendengarkan kesaksian dari para pengajar. Dan bila mereka mendengarkan para pengajar, hal itu disebabkan karena pengajar tadi merupakan saksi-saksi” (Paus Paulus VI).

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 17 Mei 2024

.

.

Tuhan Yesus, limpahkanlah selalu rezeki dan hikmat kepada para penerjemah Alkitab. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here