Renungan Harian Hari Ini 17 Mei 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 17 Mei 2023, Bacaan Injil Yohanes 16:12-15 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 17:15,22-18:1; Mazmur: 148:1-2,11-12b,12c-14a, 14bcd; PEKAN PASKAH VI (P); St.Paskalis Baylon;

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Masih banyak hal yang harus kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila la datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 17 Mei 2023, Bacaan Injil

Zaman kita sering disebut era post-truth. Ciri-cirinya adalah setiap orang mengklaim kebenaran berdasarkan cara pandang atau keyakinannya sendiri-sendiri. Seiring kuatnya pengaruh media sosial, semua orang mendapatkan ruang dan kesempatan untuk mengatakan apa pun yang mereka mau dan mengklaimnya sebagai kebenaran mutlak. Risikonya adalah perang klaim kebenaran, kebingungan publik, dan suramnya kebenaran itu sendiri. Kebenaran Injili pun tidak luput digugat oleh banyak orang.

Dalam situasi ini, seperti sudah dialami pula oleh Santo Paulus pada masanya, kita tidak dipanggil untuk turut berperang dengan memaksakan kebenaran kita atau tidak mau terbuka kepada kebenaran yang disampaikan orang lain. Kita justru dipanggil untuk menjadi pribadi dengan hati terbuka terhadap kemajemukan dan perbedaan, untuk menjembatani perbedaan, termasuk perbedaan pemahaman akan kebenaran, dan untuk teguh dalam iman kita serta menghadirkan kesaksian hidup yang dengan sendirinya menunjukkan kebenaran Injil yang kita imani.

.

Penuhilah kami dengan Roh Kebijaksanaan-Mu, ya Allah, supaya pikiran, perkataan, dan perbuatan kami menghadirkan kebenaran-Mu yang sejati. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here