Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 17 April 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 17 April 2024 Bacaan Injil

179333
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 17 April 2024, Bacaan Injil Yohanes 6:35-40 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 8:1b-8; Mazmur: 66:1-3a. 4-5.6-7a; R:1; PEKAN PASKAH III (P); Pw St.Elisabet dr Hungaria, Biarw.; St.Anisetus; Sta.Klara Gambacorta OP; B.Baptista Spagnoli;

BACAAN I

Kis 8:1
Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. (8-1b) Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria.

Kis 8:2
Orang-orang saleh menguburkan mayat Stefanus serta meratapinya dengan sangat.

Kis 8:3
Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara.

Kis 8:4
Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil.

Kis 8:5
Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.

Kis 8:6
Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu.

Kis 8:7
Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.

Kis 8:8
Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 17 April 2024

Mzm 66:1
Untuk pemimpin biduan. Nyanyian Mazmur. Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi,

Mzm 66:2
mazmurkanlah kemuliaan nama-Nya, muliakanlah Dia dengan puji-pujian!

Mzm 66:3
Katakanlah kepada Allah: “Betapa dahsyatnya segala pekerjaan-Mu; oleh sebab kekuatan-Mu yang besar musuh-Mu tunduk menjilat kepada-Mu.

Mzm 66:4
Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu, dan bermazmur bagi-Mu, memazmurkan nama-Mu.” Sela

Mzm 66:5
Pergilah dan lihatlah pekerjaan-pekerjaan Allah; Ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia:

Mzm 66:6
Ia mengubah laut menjadi tanah kering, dan orang-orang itu berjalan kaki menyeberangi sungai. Oleh sebab itu kita bersukacita karena Dia,

Mzm 66:7
yang memerintah dengan perkasa untuk selama-lamanya, yang mata-Nya mengawasi bangsa-bangsa. Pemberontak-pemberontak tidak dapat meninggikan diri.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 17 April 2024

Di rumah ibadat di Kapernaum Yesus berkata kepada orang banyak, “Akulah roti kehidupan. Siapa saja yang datang kepada-Ku, ia tidak akan pernah lapar lagi, dan siapa saja yang percaya kepada-Ku, ia tidak akan pernah haus lagi. Tetapi, Aku telah berkata kepadamu: Sungguhpun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya.

Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada- Ku, dan siapa saja yang datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab, Aku telah turun dari surga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, melainkan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.

Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku: supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku, Aku tidak kehilangan satu pun, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab, inilah kehendak Bapa-Ku: supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 17 April 2024, Bacaan Injil

Yesus menegur dengan keras, “Sungguh pun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya.” Orang banyak sudah mendengar ajaran-ajaran Yesus yang penuh kuasa dan melihat banyak mukjizat yang dilakukan-Nya yang mengagumkan, namun mereka belum sungguh-sungguh melihatnya sebagai “tanda-tanda”.

Misalnya, Yesus sudah berulang kali menampakkan diri kepada para murid, namun mereka masih “degil”, “ada sesuatu yang menghalangi mata mereka”, dan “belum juga percaya”. Demikian juga kita, ketika kita merayakan Ekaristi atau mengadakan adorasi Sakramen Maha Kudus, apa yang kita lihat?

Selain itu, ada begitu banyak peristiwa dalam hidup kita, yang sesungguhnya merupakan peristiwa bersama Allah, namun kita melihatnya secara jasmani saja. Santa Elisabet dari Hungaria melihat dan menghayati kehadiran Yesus dalam diri orang-orang miskin dan sakit. Kendati ia seorang bangsawan, perhatiannya kepada mereka sangat besar. Setelah ditinggal mati suaminya, ia bersumpah untuk hidup taat dan tidak menikah demi pemberian dirinya bagi Yesus dalam diri orang miskin dan sakit.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 16 April 2024

.

.

Ya Tuhan, bukalah mata hati kami agar kami bukan melihat apa yang kami lihat, melainkan mampu melihat tanda-tanda kehadiran-Mu sendiri sehingga kami menjadi semakin percaya. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here