Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 13 Maret 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 13 Maret 2024 Bacaan Injil

160505
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 13 Maret 2024, Bacaan Injil Yohanes 5:17-30 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Yes. 49:8-15; Mazmur: 145:8-9. 13cd-14. 17-18; R:8a; PEKAN PRAPASKAH IV (U); B.Ludovikus dr Casoria;

BACAAN I

Yes 49:8
Beginilah firman TUHAN: “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan menjawab engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau; Aku telah membentuk dan memberi engkau, menjadi perjanjian bagi umat manusia, untuk membangunkan bumi kembali dan untuk membagi-bagikan tanah pusaka yang sudah sunyi sepi,


Yes 49:9
untuk mengatakan kepada orang-orang yang terkurung: Keluarlah! kepada orang-orang yang ada di dalam gelap: Tampillah! Di sepanjang jalan mereka seperti domba yang tidak pernah kekurangan rumput, dan di segala bukit gundulpun tersedia rumput bagi mereka.


Yes 49:10
Mereka tidak menjadi lapar atau haus; angin hangat dan terik matahari tidak akan menimpa mereka, sebab Penyayang mereka akan memimpin mereka dan akan menuntun mereka ke dekat sumber-sumber air.


Yes 49:11
Aku akan membuat segala gunung-Ku menjadi jalan dan segala jalan raya-Ku akan Kuratakan.


Yes 49:12
Lihat, ada orang yang datang dari jauh, ada dari utara dan dari barat, dan ada dari tanah Sinim.”


Yes 49:13
Bersorak-sorailah, hai langit, bersorak-soraklah, hai bumi, dan bergembiralah dengan sorak-sorai, hai gunung-gunung! Sebab TUHAN menghibur umat-Nya dan menyayangi orang-orang-Nya yang tertindas.

Yes 49:14
Sion berkata: “TUHAN telah meninggalkan aku dan Tuhanku telah melupakan aku.”

Yes 49:15
Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 13 Maret 2024

Mzm 145:8
TUHAN itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.

Mzm 145:9
TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.

Mzm 145:13
Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

Mzm 145:14
TUHAN itu penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk.

Mzm 145:17
TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

Mzm 145:18
TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 13 Maret 2024

Sekali peristiwa, Yesus berkata kepada orang-orang Yahudi, “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, dan Aku pun bekerja.” Sebab itu, para pemuka Yahudi makin berusaha untuk membunuh-Nya, bukan saja karena la melanggar peraturan Sabat, tetapi juga karena la mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.

Lalu Yesus menjawab mereka, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau la tidak melihat Bapa mengerjakannya. Sebab, apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak. Bapa mengasihi Anak dan la menunjukkan kepada-Nya segala sesuatu yang dikerjakan-Nya sendiri, bahkan la menunjukkan kepada-Nya pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar lagi daripada pekerjaan-pekerjaan itu, sehingga kamu menjadi heran.

Sebab, sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan siapa yang dikehendaki-Nya. Bapa tidak menghakimi siapa pun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak, supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa.

Siapa yang tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa yang mengutus Dia. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Siapa saja yang mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.” (Bacaan selengkapnya lihat Alkitab …)

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 13 Maret 2024, Bacaan Injil

Waktu saya bertugas di pedalaman, saya sering menjumpai anak-anak yang melakukan pernikahan dini. Mereka melakukan itu karena ada yang membelenggu mereka, yaitu banyak di antara mereka yang putus sekolah. Itu terjadi karena kemiskinan. Jika melanjutkan ke SMP atau SMA, mereka harus keluar dari kampung, dan itu membutuhkan biaya yang mahal.

Mengikuti para imam pendahulu yang sangat getol untuk menyekolahkan anak-anak dengan membuka asrama-asrama merupakan salah satu jalan untuk memutus mata rantai masalah ini. Allah juga melihat manusia yang terkungkung dengan dosa yang berbuah kematian. Tuhan Yesus berkata, “Sungguh, saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya akan hidup.”

Dengan kehadiran-Nya, Yesus memutuskan rantai dosa yang membelenggu manusia. Rantai dosa yang menyebabkan kematian. Dengan putusnya rantai dosa, mereka yang mengalami kasih-Nya akan hidup. Pada zaman ini, ternyata masih banyak orang yang terbelenggu oleh bermacam-macam penderitaan. Kita dipanggil dan diajak untuk ikut menjadi penghancur belenggu-belenggu tersebut. Bersediakah kita?

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 12 Maret 2024

.

.

Ya Bapa, tuntunlah kami agar selalu bisa bekerja sama dengan yang lain untuk bisa memerdekakan setiap orang yang berada dalam belenggu. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here