Renungan Harian Hari Ini 12 Juli 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 12 Juli 2024, Bacaan Injil Matius 10:16-23 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Hos. 14:2-10; Mazmur: 51:3-4. 8-9. 12-13. 14. 17; R:17; PEKAN BIASA XIV (H); St.Louis Martin & Sta.Zelie Guerin; St.Yohanes Jonen & Yohanes Wall; St.Yohanes Gualbertus;

BACAAN I

Hos 14:2
(14-3) Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: “Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.

Hos 14:3
(14-4) Asyur tidak dapat menyelamatkan kami; kami tidak mau mengendarai kuda, dan kami tidak akan berkata lagi: Ya, Allah kami! kepada buatan tangan kami. Karena Engkau menyayangi anak yatim.”

Hos 14:4
(14-5) Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.

Hos 14:5
(14-6) Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Hos 14:6
(14-7) Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon.

Hos 14:7
(14-8) Mereka akan kembali dan diam dalam naungan-Ku dan tumbuh seperti gandum; mereka akan berkembang seperti pohon anggur, yang termasyhur seperti anggur Libanon.

Hos 14:8
(14-9) Efraim, apakah lagi sangkut paut-Ku dengan berhala-berhala? Akulah yang menjawab dan memperhatikan engkau! Aku ini seperti pohon sanobar yang menghijau, dari pada-Ku engkau mendapat buah.

Hos 14:9
(14-10) Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan TUHAN adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ.

 

MAZMUR TANGGAPAN – Renungan Harian Hari Ini 12 Juli 2024

Mzm 51:3
(51-5) Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku.

Mzm 51:4
(51-6) Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kauanggap jahat, supaya ternyata Engkau adil dalam putusan-Mu, bersih dalam penghukuman-Mu.

Mzm 51:8
(51-10) Biarlah aku mendengar kegirangan dan sukacita, biarlah tulang yang Kauremukkan bersorak-sorak kembali!

Mzm 51:9
(51-11) Sembunyikanlah wajah-Mu terhadap dosaku, hapuskanlah segala kesalahanku!

Mzm 51:12
(51-14) Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari pada-Mu, dan lengkapilah aku dengan roh yang rela!

Mzm 51:13
(51-15) Maka aku akan mengajarkan jalan-Mu kepada orang-orang yang melakukan pelanggaran, supaya orang-orang berdosa berbalik kepada-Mu.

Mzm 51:14
(51-16) Lepaskanlah aku dari hutang darah, ya Allah, Allah keselamatanku, maka lidahku akan bersorak-sorai memberitakan keadilan-Mu!

Mzm 51:17
(51-19) Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 12 Juli 2024

Mat 10:16
“Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

Mat 10:17
Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.

Mat 10:18
Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.

Mat 10:19
Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga.

Mat 10:20
Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

Mat 10:21
Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka.

Mat 10:22
Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Mat 10:23
Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 12 Juli 2024, Bacaan Injil

Yesus mengutus para murid dan kita semua ke tengah-tengah dunia yang penuh tantangan. la menggambarkan.. “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala.”

Domba adalah hewan lemah-lembut di tengah serigala yang garang dan siap menerkam mangsanya. Para murid ditempatkan di tengah dunia berbahaya.

Bahkan, dengan gamblang diingatkan akan dicambuk oleh para majelis agama, digiring ke hadapan para penguasa, dibenci dan dianiaya.

Karena itu, kita harus cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati serta selalu tenang, tidak khawatir karena nanti “… bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu. Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.”

Murid yang diutus dan kita diharapkan bijaksana memahami kehendak Tuhan ini, sebagaimana ditulis Nabi Hosea, “Siapa yang bijaksana biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya;

sebab jalan-jalan Tuhan adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ.” Kebijaksanaan dan pemahaman ini kiranya membuat kita sanggup bertahan sampai kesudahan.

Kita taat dan setia bukan karena spekulasi, melainkan karena bijaksana sebagai orang benar. Siapa yang bertahan sampai akhir akan beroleh keselamatan dari Tuhan.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 11 Juli 2024

.

.

Ya Tuhan, mampukan kami untuk melawan segala tantangan, godaan, dan kesulitan karena iman kami kepada-Mu. Kuatkan kami agar mampu bertekun dalam kebenaran kasih-Mu. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here