Renungan Harian Hari Ini 1 Juli 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 1 Juli 2024, Bacaan Injil Matius 8:18-22 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Am. 2:6-10. 13-16; Mazmur: 50:16bc- 17. 18-19. 20-21. 22-23; R:22; PEKAN BIASA XIII (H); B.Ferdinandus Baccilieri;

BACAAN I

Am 2:6
Beginilah firman TUHAN: “Karena tiga perbuatan jahat Israel, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka menjual orang benar karena uang dan orang miskin karena sepasang kasut;

Am 2:7
mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu dan membelokkan jalan orang sengsara; anak dan ayah pergi menjamah seorang perempuan muda, sehingga melanggar kekudusan nama-Ku;

Am 2:8
mereka merebahkan diri di samping setiap mezbah di atas pakaian gadaian orang, dan minum anggur orang-orang yang kena denda di rumah Allah mereka.

Am 2:9
Padahal Akulah yang memunahkan dari depan mereka, orang Amori, yang tingginya seperti tinggi pohon aras dan yang kuat seperti pohon tarbantin; Aku telah memunahkan buahnya dari atas dan akarnya dari bawah.

Am 2:10
Padahal Akulah yang menuntun kamu keluar dari tanah Mesir dan memimpin kamu empat puluh tahun lamanya di padang gurun, supaya kamu menduduki negeri orang Amori;

Am 2:13
Sesungguhnya, Aku akan mengguncangkan tempat kamu berpijak seperti goncangan kereta yang sarat dengan berkas gandum.

Am 2:14
Orang cepat tidak mungkin lagi melarikan diri, orang kuat tidak dapat menggunakan kekuatannya, dan pahlawan tidak dapat melarikan diri.

Am 2:15
Pemegang panah tidak dapat bertahan, orang yang cepat kaki tidak akan terluput dan penunggang kuda tidak dapat meluputkan diri.

Am 2:16
Juga orang yang berhati berani di antara para pahlawan akan melarikan diri dengan telanjang pada hari itu,” demikianlah firman TUHAN.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 1 Juli 2024

Mzm 50:16
Tetapi kepada orang fasik Allah berfirman: “Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku, dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu,

Mzm 50:17
padahal engkaulah yang membenci teguran, dan mengesampingkan firman-Ku?

Mzm 50:18
Jika engkau melihat pencuri, maka engkau berkawan dengan dia, dan bergaul dengan orang berzinah.

Mzm 50:19
Mulutmu kaubiarkan mengucapkan yang jahat, dan pada lidahmu melekat tipu daya.

Mzm 50:20
Engkau duduk, dan mengata-ngatai saudaramu, memfitnah anak ibumu.

Mzm 50:21
Itulah yang engkau lakukan, tetapi Aku berdiam diri; engkau menyangka, bahwa Aku ini sederajat dengan engkau. Aku akan menghukum engkau dan membawa perkara ini ke hadapanmu.

Mzm 50:22
Perhatikanlah ini, hai kamu yang melupakan Allah; supaya jangan Aku menerkam, dan tidak ada yang melepaskan.

Mzm 50:23
Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya.”

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 1 Juli 2024

Mat 8:18
Ketika Yesus melihat orang banyak mengelilingi-Nya, Ia menyuruh bertolak ke seberang.

Mat 8:19
Lalu datanglah seorang ahli Taurat dan berkata kepada-Nya: “Guru, aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi.”

Mat 8:20
Yesus berkata kepadanya: “Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.”

Mat 8:21
Seorang lain, yaitu salah seorang murid-Nya, berkata kepada-Nya: “Tuhan, izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku.”

Mat 8:22
Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Ikutlah Aku dan biarlah orang-orang mati menguburkan orang-orang mati mereka.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 1 Juli 2024, Bacaan Injil

Setiap orang beriman selalu harus bertanya, “Apakah saya sudah mengikuti Yesus secara total atau setengah-setengah? Apakah saya sudah mengikuti Yesus tanpa syarat atau penuh perhitungan?” Injil hari ini memberi kita inspirasi.

Ada dua tokoh, yakni seorang ahli Taurat dan seorang murid. Si ahli Taurat adalah seorang pengajar dan pakar hukum agama Yahudi terpandang. la belum menjadi murid, tetapi mengumumkan kepada publik bahwa dia mau mengikuti Yesus.

Kitab Suci tidak menjelaskan alasan pilihannya, tetapi dari jawaban Yesus jelas bahwa ia ingin ikut agar mendapatkan kedudukan. “… Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.”

Kedua, seorang yang sudah disebut murid. Namun, ia meminta izin pergi menguburkan ayahnya terlebih dahulu. la bernegosiasi, tetapi Yesus menjawab dengan tegas bahwa untuk mengikuti-Nya tidak ada negoisasi!

Siapa yang ingin mengikuti-Nya harus tanpa syarat dan menyerahkan diri sepenuhnya. Tanpa menoleh ke belakang lebih dahulu. Penyerahan diri secara total menjadi konsekuensi pilihan mengikuti Yesus.

Setiap orang yang sungguh menyerahkan diri secara total akan mendapatkan hikmat dari Tuhan, seperti yang ditulis dalam Kitab Amsal 2:10, “Karena hikmat akan masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu.”

Semoga kita tidak pernah ragu untuk memilih dan menyerahkan diri kepada Yesus.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 30 Juni 2024

.

.

Tuhan Yang Maha Baik, semoga kami tetap teguh menyerahkan diri pada penyelenggaraan-Mu. Bimbinglah kami di jalan kasih dan kebenaran. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here