Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 1 Februari 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 1 Februari 2024 Bacaan Injil

139894
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 1 Februari 2024, Bacaan Injil Markus 6:7-13 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Raj. 2:1-4.10-12; Mazmur: 1Taw. 29:10. 11ab. 11d-12a. 12bcd, R:12b; PEKAN BIASA IV (H); Sta.Brigida; St.Severus; B.Marie Anne dan Odile;

BACAAN I

1Raj 2:1
Ketika saat kematian Daud mendekat, ia berpesan kepada Salomo, anaknya:

1Raj 2:2
“Aku ini akan menempuh jalan segala yang fana, maka kuatkanlah hatimu dan berlakulah seperti laki-laki.

1Raj 2:3
Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju,

1Raj 2:4
dan supaya TUHAN menepati janji yang diucapkan-Nya tentang aku, yakni: Jika anak-anakmu laki-laki tetap hidup di hadapan-Ku dengan setia, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa, maka keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel.

1Raj 2:10
Kemudian Daud mendapat perhentian bersama-sama nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud.

1Raj 2:11
Dan Daud memerintah orang Israel selama empat puluh tahun; di Hebron ia memerintah tujuh tahun, dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun.

1Raj 2:12
Salomo duduk di atas takhta Daud, ayahnya, dan kerajaannya sangat kokoh.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 1 Februari 2024

1Taw 29:10
Lalu Daud memuji TUHAN di depan mata segenap jemaah itu. Berkatalah Daud: “Terpujilah Engkau, ya TUHAN, Allahnya bapa kami Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya.

1Taw 29:11
Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala.

1Taw 29:11
Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala.

1Taw 29:12
Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan; dalam tangan-Mulah kuasa membesarkan dan mengokohkan segala-galanya.

1Taw 29:12
Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan; dalam tangan-Mulah kuasa membesarkan dan mengokohkan segala-galanya.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 1 Februari 2024

Sekali peristiwa, Yesus memanggil kedua belas murid dan mulai mengutus mereka berdua-dua. la memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat, dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat saja, roti pun jangan, kantong perbekalan pun jangan, uang dalam ikat pinggang pun jangan, boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju. Kata- Nya kepada mereka,

“Kalau di suatu tempat kamu masuk ke dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. Kalau ada suatu tempat yang tidak menerima kamu dan kalau mereka tidak mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di telapak kakimu sebagai kesaksian terhadap mereka!” Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.
.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 1 Februari 2024, Bacaan Injil

Samuel Taylor Coleride (1772-1834) adalah seorang penyair berkebangsaan Inggris. la pernah berkata, “Sebuah nasihat itu seperti salju; semakin lembut jatuhnya, semakin lama ia berdiam dan semakin dalam ia tenggelam dalam pikiran.” Perkataan ini merupakan bagian dari pengalaman hidup kita dalam keluarga dan di tempat kita berkarya. Para orangtua, guru, pembina, dan pemimpin berkewajiban untuk memberikan nasihat yang mengingatkan kita supaya kita bertumbuh sebagai pribadi yang baik dan berkualitas.

Dalam Bacaan Pertama kita mendengar Raja Daud menyadari tugas dan pelayanannya sebagai orangtua dan pemimpin. la memiliki tugas mulia untuk mengingatkan putranya, Salomo supaya bertumbuh sebagai anak laki-laki yang berkarakter dan berkualitas. Karakter dan kualitas yang diharapkan Raja Daud adalah supaya ia setia melakukan kewajibannya di hadirat Tuhan dan mematuhi segala perintah dan ketetapan Tuhan dalam hidupnya. Hanya dengan demikian, Salomo dan keturunannya akan menjadi pribadi yang diberkati Tuhan.

Dalam Bacaan Injil Yesus memberikan nasihat-nasihat kepada kedua belas murid-Nya supaya mereka memiliki pola hidup sederhana dan memiliki sikap lepas bebas. Hidup sederhana di hadapan Tuhan memampukan mereka menjadi pribadi yang bebas dan layak untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan Yesus dengan baik, yakni kuasa atas roh-roh jahat, menyerukan pertobatan, mengusir banyak setan, mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka. Semangat pemuridan haruslah seperti ini.

Tentu saja Tuhan iuga menghendaki supaya kita semua berlaku seperti Raja Daud dan Tuhan Yesus, Putra Daud untuk tidak berhenti memberikan nasihat atau wejangan kepada anak-anak dan siapa saja di sekitar kita supaya mereka menjadi pribadi yang terbaik. Kesaksian hidup kita adalah nasihat yang terbaik bagi mereka.

Tuhan, semoga kami tak pernah lelah mewartakan sabda-Mu kepada sesama. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here