Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 17 Maret 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 17 Maret 2023, Bacaan Injil

12824
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 17 Maret 2023, Bacaan Injil Markus 12:28b-34

Bacaan I: Hos. 14:2-10; Mazmur: 81:6c-8a,8bc-9,10-11ab,14,17; PEKAN PRAPASKAH III (U) St.Patrisius;

Sekali peristiwa, datanglah seorang ahli Taurat kepada Yesus dan bertanya, “Hukum manakah yang paling utama?” Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.” 

Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: “Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia. Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan.” Yesus melihat, bagaimana bijaksananya jawab orang itu, dan Ia berkata kepadanya: “Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah!” Dan seorang pun tidak berani lagi menanyakan sesuatu kepada Yesus.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 17 Maret 2023, Bacaan Injil

Dalam masa retret agung ini, kita diajak melakukan olah tobat yang sejati. Kita diajak datang kepada-Nya dengan penyesalan atas dosa-dosa kita dan memohon ampun kepada-Nya. Tuhan senantiasa menunggu pertobatan kita dan selalu memulihkan kita dari dosa (bdk. Hos. 14:2-4). Akan tetapi, sering kali kita hanya memiliki semangat pada awal semata. Apakah kita berani melakukan pertobatan sejati setiap hari secara nyata serta mengandalkan Tuhan dalam seluruh perjalanan hidup kita?

Hari ini, Yesus memberikan perintah yang utama, “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hati, dengan segenap jiwa, dengan segenap akal budi, dan dengan segenap kekuatanmu” (Mrk. 12:30). Kita diajak mencintai-Nya melebihi sesama kita yang paling kita cintai dan sayangi. Kita diajak melakukan segala sesuatu untuk kemuliaan-Nya. Kita harus melupakan ego kita, dan mencari apa yang menjadi kehendak-Nya dalam diri kita.

Sering kali karena merasa mampu lantas kita memuliakan diri sendiri dan melupakan Tuhan. Kita diajak mempersembahkan inteligensi untuk kemuliaan-Nya, untuk memahami-Nya dan bukan untuk menyombongkan diri. Membaca Kitab Suci dan berdoa memohon kepada Tuhan agar kita diberikan pengetahuan tentang-Nya. Meskipun kita lemah dan terbatas, maukah kita memahami-Nya? Tuhan senantiasa membukan hati dan dipikiran kita untuk mengenal dan memahami jalan keselamatan yang la tawarkan.

.

Ya Tuhan, semoga kami semakin mampu membangun persaudaraan dalam hidup kami berdasarkan kasih. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :