Beranda Komsos Jetis Workshop Membuat Video Profesional Dengan Smartphone

Workshop Membuat Video Profesional Dengan Smartphone

1566
0

Keterampilan dan keahlian Komisi Komsos dalam tugasnya mewartakan kabar di masing-masing paroki perlu selalu diasah serta ditingkatkan, namun tidak selalu bergantung kepada alat yang dimilikinya semisal seperti kamera.  Tim Komsos dituntut bisa menjalankan tugasnya dengan alat yang paling minim sekalipun, salah satunya dengan menggunakan smartphone yang selalu dibawa kemana-mana.

 

Pelatihan ini juga bertujuan untuk mengajak penggiat Komsos menggunakan smartphone sebagai media pewartaan, kemudian menularkannya kepada seluruh umat di masing-masing paroki, sehingga dalam skala yang lebih luas umat di liingkungan juga dapat menjadikan smartphone sebagai media untuk mewartakan.

Karena itu Komisi Komunikasi dan Sosial (Komsos) Kevikepan DI Yogyakarta mengadakan pelatihan pembuatan dan editing video dengan menggunakan smartphone.  Kali ini pelatihan diselenggarakan di gereja St. Petrus & Paulus, Minomartani. Bertindak sebagai pembawa materi yaitu mas Erman dari Komsos KAS.  Pelatihan yang diadakan pada hari Minggu, 24 November 2019 dihadiri oleh kurang lebih 40 peserta dari berbagai kalangan seperti anggota, penggiat Komsos, suster serta dihadiri juga oleh warga di sekitar gereja Minomartani.

Acara diawali dengan sambutan oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Beliau menyambut baik kehadiran para penggiat Komsos di paroki Minomartani, Romo Anton berharap kegiatan pelatihan ini dapat menumbuhkan semangat bagi Komsos Paroki Minomartani yang sedang bangkit lagi.

Kemudian menuju acara berikutnya adalah pelatihan, mas Erman pertama-tama mengawali pelatihan dengan memberikan aplikasi editing video kepada setiap peserta.  Setelahnya diberikan penjelasan singkat mengenai aplikasi editing video tersebut, dan setiap peserta pelatihan dipersilahkan untuk mengambil gambar video di seputar gereja Minomartani.

Para penggiat Komsos, baik tua dan muda dengan penuh semangat mengeksplore spot-spot yang ada di sekitar gereja.  Setelah mengambil gambar para peserta kembali memasuki ruangan lantai tiga tempat pelatihan diadakan, disini mas Erman kemudian memberikan penjelasan lebih lanjut bagaimana melakukan editing video dengan aplikasi yang telah diberikan.

Penjelasan demi penjelasan di berikan dengan gamblang, jika ada yang bertanya di tengah-tengah penjelasan dipersilahkan, agar tidak tertinggal.  Hasil editing video masing-masing peserta kemudian ditayangkan untuk dilihat dan dievaluasi bersama-sama. Walapun masih dalam tahap belajar, namun hasil editing video yang diperlihatkan cukup memuaskan, hanya perlu pembiasaan mempergunakannya agar semakin baik dalam mengedit video.

Akhirnya acara pelatihan ditutup dengan sambutan dari Ketua Komsos Kevikepan DIY, Romo Lukas Ivan Sanjaya, Pr, yang juga menyampaikan bahwa pada tanggal 15-16 Februari 2020 akan diselenggarakan Jambore Komsos Kevikepan DIY di Wisma Salam.  Jambore ini bertujuan untuk membekali para penggiat Komsos yang ada di paroki agar semakin memahami tugas dan kewajibannya sebagai Komsos.  Jambore dilaksanakan juga sebagai persiapan menuju pemekaran kevikepan DIY menjadi 2 (dua) kevikepan.

Galeri foto klik disini

 

Artikel Oleh : Agustinus Suseno

Foto Oleh : Monica Asih & Agustinus Suseno

Editor : Frans

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here