Beranda Berita Terbaru Misa New Normal Baptis Dewasa – Paroki Santo Albertus Agung Jetis

Misa New Normal Baptis Dewasa – Paroki Santo Albertus Agung Jetis

279
0

Masa pandemi virus corona belum dinyatakan berakhir, namun dengan penuh kehati-hatian beberapa paroki baik dalam lingkup Keuskupan Agung Semarang maupun keuskupan lain di Indonesia telah melaksanakan misa dengan protokol kesehatan di masa new normal ini.

Dimulai sejak pertengahan bulan Juli yang lalu, Keuskupan Semarang telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai pembukaan kembali gereja Katolik dan kegiatan peribadatan yang melibatkan umat.

Merujuk kepada Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Dampak COVID-19 KAS Nomor: 0536/A/X/20-29 tentang Panduan perayaan liturgi dan peribadatan serta kegiatan pastoral lainnya dalam masa “NEW NORMAL.” Dengan tetap mengikuti ketentuan peribadatan di masa pandemi Covid-19 sebagaimana ditetapkan dalam Surat Edaran Nomor 0490/A/X/2020-27, tanggal 10 Juni 2020.

Baca juga :

Surat Edaran Gugus Tugas KAS

Pada hari Kamis tanggal 30 Juli 2020 Paroki Jetis mengadakan ekaristi khusus pembaptisan dewasa di masa new normal. Perayaan ekaristi pada kesempatan ini dipimpin oleh Romo Vincentius Suparman, Pr. Sejumlah 16 orang calon penerima baptis dewasa hadir didampingi oleh orang tua atau bersama kerabat mereka.

Pada jaman dahulu di masa Konsili Elvira (306) menyebutkan lamanya masa katekumenat (persiapan calon baptis) adalah 2 tahun. Namun kemudian Konsili Agde pada tahun 506 M menjelaskan bahwa katekumenat dapat dilakukan selama 8 bulan, dan diperbaharui kembali pada masa kepemimpinan Paus Gregorius Agung yang menyatakan durasinya dipersingkat menjadi 40 hari saja. Sedangkan saat ini masa katekumenat di gereja Katolik umumnya berkisar antara 3-6 bulan.

Keenam belas katekumen yang seyogyanya telah dibaptis pada Hari Raya Vigili (Malam) Paskah tahun ini pada tanggal 11 April 2020, dikarenakan pandemi yang merebak di seluruh dunia termasuk Indonesia sehingga seluruh kegiatan peribadatan ditiadakan dan ditunda sampai keluarnya keputusan dari Keuskupan Semarang di atas, dengan keputusan Romo Vincentius Suparman Pr, selaku romo paroki mengadakan ekaristi terbatas bagi penerima baptis dewasa di era new normal sekarang.

Selama masa pembelajaran, para katekumen dibimbing oleh para pendamping pelajaran baptis dewasa dari bidang pewartaan paroki Jetis. Terhitung sejak pandemi merebak di tanah air tercinta Indonesia ini, pembelajaran baptis dewasa tidak dilakukan lagi karena sudah selesai. Para katekumen tersebut telah mengikuti bimbingan dan pelajaran oleh tim katekis bidang pewartaan paroki sejak bulan Juli 2019 sampai dengan bulan Maret 2020. Kami yakin mereka telah menantikan momentum yang akan mengubah hidup mereka mulai hari ini. Selain menerima sakramen permandian/baptis, para baptisan dewasa juga menerima sakramen ekaristi/komuni kudus dan pengurapan minyak krisma.

Sebelum ekaristi khusus ini diselenggarakan, sudah sejak lama dan berhari-hari lalu satgas penanganan Covid-19 Paroki St. Albertus Agung Jetis telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada Satgas Covid Pemkot Yogyakarta, Camat Jetis, Kapolsek Jetis dan Danramil Jetis Yogyakarta.

Satgas penanganan Covid-19 Paroki Jetis dibentuk oleh Romo Vincentius Suparman Pr., sebagai upaya persiapan memulai misa di era new normal.  Satgas ini mempunyai tugas antara lain mempersiapkan sumber daya manusia melalui sosialisasi peribadatan new normal, persiapan dan pembekalan bagi petugas tata laksana, persiapan sarana dan prasarana, serta dokumen perijinan dari Gugus Covid Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dengan menerapkan prosedur kesehatan yang benar, dimulai dari sejak umat datang wajib menunjukkan kartu pass, dilanjutkan dengan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermogun, cuci tangan menggunakan sabun dengan tetap menjaga jarak selama perayaan ekaristi, maka syukur kepada Tuhan ekaristi dapat berjalan dengan baik.

Sesuai dengan anjuran protokol kesehatan, seluruh umat dianjurkan untuk segera meninggalkan area gereja dan pulang ke rumah masing-masing seusai ekaristi. Namun meskipun demikian tugas dari tata laksana paroki belum usai. Sesaat setelah ekaristi selesai, dua orang petugas melakukan penyemprotan desinfektan di area gereja, sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19.

Tidak kalah pentingnya, para petugas tata laksana dan petugas liturgi telah mengikuti sosialisasi dan simulasi yang diadakan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Paroki Jetis sebelum bertugas.

Mari kita doakan bersama agar umat Paroki Jetis, para petugas gereja, dan umat Katolik lainnya selalu dalam lindungan Tuhan serta pandemi ini dapat segera berlalu agar kita dapat beribadah dengan normal kembali.

Proficiat bagi para penerima baptis dewasa ! Semoga kasih serta terang berkat Tuhan membimbing sepanjang hidup Anda.

Berkah Dalem.

Foto-foto para penerima baptis dewasa dapat diunduh disini :

DOWNLOAD
.
.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here