Beranda Berita Terbaru Teks Misa Online 27 Juni 2021 Hari Minggu Biasa XIII

Teks Misa Online 27 Juni 2021 Hari Minggu Biasa XIII

162
0

PERAYAAN EKARISTI MINGGU BIASA XIII – Sabtu/Minggu, 26/27 Juni 2021

Link Misa Online

Gereja Jetis – 09.00 WIB

RITUS PEMBUKA (berdiri)

Nyanyian Pembuka: – PS 321

Wahai Umat

  1. Wahai, umat, sampaikan kurbanmu di altar Tuhan Allahmu dan siapkanlah jiwa ragamu untuk memuji nama-Nya. Walau tak pantas karena dosa, kita percaya kasih-Nya. Unjukkanlah sembah dan kurbanmu, jadikan tanda tobatmu.
  2. Wahai umat, sampaikan syukurmu di hadap Tuhan Allahmu; ingatlah akan kasih karunia, yang dicurahkan padamu. Bapa mengutus Yesus Sang Putra agar selamat umat-Nya. Sambutlah Sabda dalam hatimu dan rayakanlah kurban-Nya.

Tanda Salib dan Salam

Pengantar

Seruan Tobat:                                             (duduk)

Tuhan Kasihanilah Kami

I   Tuhan Yesus Kristus, Engkau selalu menaruh belas kasih terhadap penderita sakit dan cacat.

Tuhan, kasihanilah kami.

Tuhan, kasihanilah kami.

I   Engkau selalu mengulurkan tangan-Mu untuk menolong dan menghibur yang sakit dan sedih hati.

Kristus, kasihanilah kami.

Kristus, kasihanilah kami.

I   Engkau berkuasa atas kehidupan dan membangkitkan orang mati.

Tuhan, kasihanilah kami.

Tuhan, kasihanilah kami.

I   Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

Amin.

Kemuliaan (berdiri)

Kemuliaan kepada Allah di surga,

dan damai di bumi kepada orang yang berkenan kepada-Nya.

Kami memuji Dikau,

Kami meluhurkan Dikau

Kami menyembah Dikau,

Kami memuliakan Dikau

Kami bersyukur kepada-Mu,

kar’na kemuliaan-Mu yang besar,

Ya Tuhan Allah Raja Surgawi,

Allah Bapa yang Maha kuasa,

Ya Tuhan Yesus Kristus Putra yang tunggal

Ya Tuhan Allah Anak Domba Allah,

Putra Bapa

Engkau yang menghapus dosa dunia,

kasihanilah kami.

Engkau yang menghapus dosa dunia, kabulkanlah doa kami.

Engkau yang duduk di sisi Bapa,

kasihanilah kami

Karena hanya Engkaulah Kudus

Hanya Engkaulah Tuhan

Hanya Engkaulah Maha tinggi,

ya Yesus Kristus.

Bersama Roh Kudus,

dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

Doa Pembuka (berdiri)

I   Marilah berdoa, – hening sejenak

Ya Allah, Engkau telah mengutus Putra-Mu untuk member hidup baru bagi kami. Kami mohon, bangkitkanlah iman kami agar memiliki keberanian untuk berbagi hidup dan talenta kami kepada sanak saudara kami yang berkekurangan. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U Amin.

LITURGI SABDA

Bacaan I – Keb 1: 13-15; 2: 23-24

Karena dengki setan, maka maut masuk ke dunia.

Pembacaan dari Kitab Kebijaksanaan:

Allah tidak menciptakan maut, dan Ia pun tidak bergembira kalau makhluk yang hidup musnah binasa. Sebaliknya Ia menciptakan segala sesuatu supaya ada; dan supaya makhluk-makhluk jagat menemukan keselamatan. Racun yang membinasakan tidak ditemukan di antara mereka, dan dunia orang mati tidak merajai bumi. Maka kesucian mesti baka. Sebab Allah telah menciptakan manusia untuk kebakaan, dan menjadikannya gambar hakikat-Nya sendiri. Tetapi karena dengki setan, maka maut masuk ke dunia, dan yang menjadi milik setan mencari maut itu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan

Ulangan:

Aku akan memuji Engkau, ya Tuhan sebab engkau telah menarik aku ke atas.

Ayat:

  • Aku akan memuji Engkau, ya Tuhan, sebab Engkau telah menarik aku ke atas, dan tidak membiarkan musuh-musuhku bersukacita atas diriku. Engkau mengangkat aku dari dunia orang mati, Engkau menghidupkan daku di antara mereka yang turun ke liang kubur.
  • Nyanyikanlah mazmur bagi Tuhan, hai orang-orang yang dikasihi oleh-Nya, dan persembahkanlah syukur kepada nama-Nya yang kudus! Sebab hanya sesaat Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.
  • Dengarlah, Tuhan, dan kasihanilah aku, Tuhan, jadilah penolongku! Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, Tuhan Allahku, untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu.

Bacaan II – 2 Kor 8: 7. 9. 13-15

Hendaklah kelebihanmu mencukupkan kekurangan saudara-saudara yang lain.

Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada umat di Korintus:

Saudara-saudara, hendaknya kamu kaya dalam pelayanan kasih, sebagaimana kamu kaya dalam segala sesuatu: dalam iman, dalam perkataan, dalam pengetahuan, dalam kesungguhan untuk membantu, dan dalam kasihmu terhadap kami. Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, yakni: Sekalipun kaya, Ia telah menjadi miskin karena kamu, supaya karena kemiskinan-Nya, kamu menjadi kaya.

Sebab kamu dibebani bukan supaya orang lain mendapat keringanan, tetapi supaya ada keseimbangan. Maka hendaklah sekarang ini kelebihanmu mencukupkan kekurangan orang-orang kudus, agar kelebihan mereka kelak mencukupkan kekuranganmu, supaya ada keseimbangan. Seperti ada tertulis: Orang yang mengumpulkan banyak tidak kelebihan, dan orang yang mengumpulkan sedikit tidak kekurangan.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah.

Alleluya (berdiri)

Refren:    Alleluya.

Ayat:          Yesus Kristus, Juru selamat kita, telah mematahkan kuasa maut dan menerangi hidup dengan Injil. – Refren

 

Bacaan Injil – Mrk 5: 21-24. 25b-43

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus.

Sekali peristiwa, setelah Yesus menyeberang dengan perahu, datanglah orang banyak berbondong-bondong, lalu mengerumuni Dia. Ketika itu Yesus masih berada di tepi danau. Maka datanglah seorang kepala rumah ibadat yang bernama Yairus. Ketika melihat Yesus, tersungkurlah Yairus di depan kaki Yesus. Dengan sangat ia memohon kepada-Nya, “Anakku perempuan sedang sakit, hampir mati. Datanglah kiranya, dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, supaya ia selamat dan tetap hidup.” Lalu pergilah Yesus dengan orang itu. Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia dan berdesak-desakan di dekat-Nya. Ketika Yesus masih berbicara, datanglah orang dari keluarga kepala rumah ibadat itu, dan berkata, “Anakmu sudah mati! Apa perlunya lagi engkau menyusahkan Guru?” Tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka, dan berkata kepada kepala rumah ibadat, “Jangan takut, percaya saja!” Lalu Yesus tidak memperbolehkan seorang pun ikut serta, kecuali Petrus, Yakobus dan Yohanes, saudara Yakobus. Dan tibalah mereka di rumah kepala rumah ibadat, dan di sana Yesus melihat orang-orang ribut, menangis dan meratap dengan suara nyaring. Sesudah masuk, Yesus berkata kepada orang-orang itu, “Mengapa kamu ribut dan menangis? Anak ini tidak mati, tetapi tidur!” Tetapi mereka menertawakan Yesus. Maka Yesus menyuruh semua orang itu keluar. Lalu Ia membawa ayah dan ibu anak itu, dan mereka yang bersama-sama dengan Yesus masuk ke dalam kamar anak itu. Lalu Yesus memegang tangan anak itu, seraya berkata, “Talita kum,” yang berarti, “Hai anak, Aku berkata kepadamu: Bangunlah!” Seketika itu juga anak itu bangkit berdiri dan berjalan, sebab umurnya sudah dua belas tahun. Semua orang yang hadir sangat takjub. Dengan sangat Yesus berpesan kepada mereka, supaya jangan seorang pun mengetahui hal itu. Lalu Ia menyuruh mereka memberi anak itu makan.

Demikianlah Injil Tuhan.

U Terpujilah Kristus.

 

Homili (duduk) 

Syahadat (berdiri)

Doa Umat (berdiri)

I   Tuhan Yesus Kristus mengajak kita untuk percaya dan takut kepada Allah agar kita memperoleh kehidupan yang sejati. Maka marilah kita panjatkan dengan mantap dan penuh iman doa-doa kita kepada Allah bapa kita.

L  Bagi seluruh Gereja.

Allah Bapa Mahabaik, pimpinlah Gereja-Mu untuk berani terlibat dalam pembangunan masyarakat dan mau ambil bagian dalam kegembiraan serta harapan semua orang.

U Semoga Gereja-Mu semakin bermakna bagi masyarakat dan kesejahteraan seluruh umat manusia

L Bagi daerah-daerah miskin.

Ya Bapa, dampingilah para pemimpin daerah-daerah miskin agar berhasil mengejar keterbelakangan mereka di bidang ekonomi dan Teknik sehingga dapat memajukan kesejahteraan daerahnya.

U Semoga umat-Mu semakin berkobar di dalam semangat persaudaraan sejati untuk saling membantu dan memajukan kesejahteraan hidup sesamanya.

L  Bagi pemecahan masalah penderitaan.

Ya Bapa, terangilah para pelayan masyarakat agar mampu menemukan jalan yang tepat untuk mengatasi segala macam penderitaan yang dialami oleh masyarakat.

U Tuntunlah kami untuk tetap memiliki kepedulian dalam ikut serta membantu meringankan penderitaan saudara-saudara di sekitar kami.

L  Bagi saudara-saudara kita yang sedang sakit.

Ya Bapa, semoga perhatian dan upaya kami terhadap mereka yang sedang sakit membuat mereka melihat penyelenggaraan ilahi yang penuh cinta kasih,

U Ajarilah kami untuk tidak takut dan selalu percaya akan penyelenggaraan-Mu yang amat indah bagi hidup kami.

I   Allah Bapa kami, Yesus Kristus Putra-Mu telah menjadi miskin agar berkat kemiskinan-Nya kami menjadi kaya. Perkenankanlah kami selalu mengalami kasih setia-Mu dan kabulkanlah doa-doa kami demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.

U Amin.

LITURGI EKARISTI

Persiapan Persembahan

I   Berdoalah, saudara-saudari, supaya per-sembahanku dan persembahanmu berkenan kepada Allah, Bapa yang mahakuasa.

Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

Doa Persiapan Persembahan (berdiri)

I   Ya Bapa, kami datang kepada-Mu dengan mempersembahkan roti dan anggur ini sebagai kenangan akan wafat dan kebangkitan Yesus. Kami mohon, terimalah persembahan kami ini agar mendatangkan keselamatan bagi kami. Demi Kristus, Tuhan dan Putra-Mu, Pengantara kami.

Amin.

Doa Syukur Agung  

  • Prefasi
  • Kudus – PS. 392    
  • Doa Ekaristi

Komuni

  • Bapa Kami
  • Doa Damai
  • Anak Domba Allah
  • Komuni

Doa Sesudah Komuni (berdiri)

I   Marilah berdoa, – hening sejenak

Ya Allah, kami bersyukur karena telah Kauperkenankan untuk mengambil bagian dalam perjamuan kudus Putra-Mu. Semoga, kami semakin kuat dalam iman, teguh dalam pengharapan dan berkembang dalam cinta kasih sehingga pada saat akhir nanti, kami kedapatan layak untuk menerima anugerah kebahagiaan kekal. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U Amin.

RITUS PENUTUP

Pengumuman (duduk)
Berkat & Pengutusan    (berdiri)

Nyanyian Penutup: – PS 615 (berdiri)

T’rima Kasih, Ya Tuhanku

Refren:

Trima kasih ya Tuhanku, Engkau sungguh maha murah. Semoga kami setia Bersatu dalam cinta kasih.

Ayat-ayat:

  1. Bertumpu pada sabda-Mu, bersandar pada bimbingan-Mu, teguh bersama dengan-Mu melaksanakan tugas kami.
  2. Bertumpu pada sabda-Mu, tetap Bersatu dan Bahagia. Di dalam suka dan duka setia s’lalu hingga mati.

 

WARTA PAROKI

 

Kolekte dan Sumbangan

Minggu lalu
–   Kolekte Umum 3.253.000,00
–   Kolekte Pembangunan 2.371.000,00
Panduan misa 854.000,00

Dewan Pastoral Paroki menghaturkan terima kasih.

TAHBISAN IMAM

Rencana tahbisan Imam yang akan diterima oleh 2 (dua) Frater Diakon Keuskupan Agung Semarang dari tangan Monsinyur Rubiyatmoko, Selasa, 29 Juni 2021 di Kapel Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan, yakni;

  1. Diakon Gregorius Prima Dedy Saputro, asal Paroki Maria Marganingsih, Kalasan.
  2. Diakon Yohanes Dwi Andri Ristanto, asal Paroki Santa Theresia Lisieux, Boro.

Rencana tahbisan Imam yang akan diterimakan melalui tangan Monsinyur Rubiyatmoko, Selasa 13 Juli 2021 yakni seorang Diakon dari Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus/MSF.

  • Diakon Vincentius Ferrera Dhanaraya, MSF., asal Paroki Mater Dei Madiun.

Sesuai dengan ketentuan hukum Gereja yang berlaku, informasi yang menyangkut sifat calon tertahbis, merupan masukan bermanfaat bagi Bapak Uskup

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here