Beranda Hari Paroki Ke-54 Misa Vigili Natal, Hari Raya Natal 2019

Misa Vigili Natal, Hari Raya Natal 2019

3204
0

Tahukah Anda bahwa untuk merayakan Natal, di jaman dahulu Liturgi Romawi memberikan pilihan empat nama Misa? Pada tanggal 24 Desember umumnya dilaksanakan Misa Vigili Natal (Misa Sore Menjelang Hari Raya Natal). Kemudian sesudah Misa Vigili ada lagi tiga Misa Natal dengan sebutan khas yaitu : Misa Malam (in nocte), Misa Fajar (in aurora), dan Misa Siang (in die). Ketiga misa tersebut merupakan warisan kuno tradisi Liturgi Romawi. Sedangkan Misa Vigili Natal konon merupakan buah pembaharuan liturgi pasca Konsili Vatikan II.

Kekhasan dari Misa Malam terasa terutama dari pemilihan waktu pelaksanaannya yaitu pada tengah malam, transisi menuju tanggal 25 Desember. Seperti jaman dahulu saat menjelang kelahiran Yesus, para gembala berjaga ketika semua orang tidur. Kita pun saat ini berhimpun di gereja untuk merayakan kelahiran Yesus pada waktu-waktu kita biasanya sudah dibuai mimpi. Kekhasan ini kemungkinan besar tidak akan kita rasakan jika misa diadakan pada sore hari hingga malam yang masih riuh. Unsur spesial lain adalah Kalenda atau Maklumat Natal yang menggantikan doa “Saya mengaku” dan “Kyrie”. Kalenda ditampilkan untuk mengingatkan sejarah kelahiran Yesus, bahwa Dia memang sungguh hadir sebagai manusia pada masa penjajahan Romawi di bawah Kaisar Agustus.

Sore hari ini gereja St. Albertus Agung – Jetis terlihat cukup padat. Umat yang ingin merayakan misa di paroki kami terlihat sangat banyak jumlahnya. Sekitar dua kali lipat dari jumlah umat biasanya. Dapat dimaklumi karena momentum menjelang perayaan Natal 2019 ini dihadiri tidak hanya umat Paroki Jetis namun juga umat yang berasal dari luar kota dan kebetulan sedang liburan ataupun mengunjungi keluarganya di kota Yogyakarta kita tercinta.

Sepanjang jalan masuk gereja kami di sebelah kanan dan kiri terlihat dihiasi oleh pohon natal karya 20 lingkungan Paroki Jetis. Tidak sedikit umat yang tergoda untuk berfoto dengan pohon-pohon natal yang terbuat dari sekitar 90% barang bekas tersebut.

Baca Juga : https://parokijetis.com/barang-bekas-bukan-berarti-tidak-berkelas-lomba-pohon-natal-lingkungan/

Memasuki pukul 17.00 tepat, ibadat para liturgi dimulai disusul dengan maklumat kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Misa Vigili Natal pada sore hari ini dipimpin oleh Romo Ambrosius Heri Krismawanto Pr. dan dihadiri oleh sekitar 1500 umat. Setelah maklumat kelahiran Yesus Kristus selesai dibacakan, para petugas liturgi, romo dan perwakilan umat bersama-sama menuju gua natal dimana bayi kanak-kanak Yesus terbaring di palungan. Romo dan para petugas
liturgi serta perwakilan umat tadi kemudian berdoa sesaat di depan gua natal, setelahnya gua natal tersebut diberkati dengan air suci oleh romo.

Kemudian setelah pembacaan Injil, dalam homilinya Romo Heri menyampaikan bahwa Allah Bapa percaya kepada manusia setiap saat sehingga mengutus Putra-Nya yang tunggal lahir di dunia dalam rupa bayi yang lemah. Kita dipercaya untuk menerima Tuhan Yesus bayi kecil yang lahir di Betlehem, pun juga kita dipercaya oleh Allah untuk membawa terang dalam kegelapan.

Selaras dengan tema Natal pada tahun ini, Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang (Yoh 15:14-15). Cerita mengenai Romo Heri yang di tengah malam harus memberikan minyak suci namun ternyata sesampainya di rumah sakit sudah ada romo lain yang lebih dahulu datang ingin memberikan ilustrasi bahwa hidup bersama itu lebih membahagiakan.

Bunda Theresa pernah berkata begini : “Kesedihan paling besar di dunia ini adalah kesepian.” Maka tema natal pada tahun ini mengajak kita untuk hidup bahagia dalam persaudaraan. Seperti yang Romo Mangun juga sampaikan dalam semangat 3B yaitu beriman, berbagi dan bersaudara sehingga dapat sampai ke B yang ke-4 yaitu bahagia.

Sesudah homili perayaan ekaristi kudus kemudian dilanjutkan hingga selesai, dan sebelum diberikan berkat perutusan perwakilan dari panitia hari raya natal 2019 memberikan beberapa kata sambutan di mimbar. Misa kudus malam natal pertama selesai sekitar pukul 19.00 WIB untuk kemudian selanjutnya dilanjutkan dengan misa malam natal kedua pukul 20.00 WIB.

 

Download Foto-Foto Disini (KLIK)

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here