Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 14 Maret 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 14 Maret 2024 Bacaan Injil

160736
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 14 Maret 2024, Bacaan Injil Yohanes 5:31-47 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kel. 32:7-14; Mazmur: 106:19-20.21-22. 23; R:4a; PEKAN PRAPASKAH IV (U);

BACAAN I

Kel 32:7
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Pergilah, turunlah, sebab bangsamu yang kaupimpin keluar dari tanah Mesir telah rusak lakunya.

Kel 32:8
Segera juga mereka menyimpang dari jalan yang Kuperintahkan kepada mereka; mereka telah membuat anak lembu tuangan, dan kepadanya mereka sujud menyembah dan mempersembahkan korban, sambil berkata: Hai Israel, inilah Allahmu yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir.”

Kel 32:9
Lagi firman TUHAN kepada Musa: “Telah Kulihat bangsa ini dan sesungguhnya mereka adalah suatu bangsa yang tegar tengkuk.

Kel 32:10
Oleh sebab itu biarkanlah Aku, supaya murka-Ku bangkit terhadap mereka dan Aku akan membinasakan mereka, tetapi engkau akan Kubuat menjadi bangsa yang besar.”

Kel 32:11
Lalu Musa mencoba melunakkan hati TUHAN, Allahnya, dengan berkata: “Mengapakah, TUHAN, murka-Mu bangkit terhadap umat-Mu, yang telah Kaubawa keluar dari tanah Mesir dengan kekuatan yang besar dan dengan tangan yang kuat?

Kel 32:12
Mengapakah orang Mesir akan berkata: Dia membawa mereka keluar dengan maksud menimpakan malapetaka kepada mereka dan membunuh mereka di gunung dan membinasakannya dari muka bumi? Berbaliklah dari murka-Mu yang bernyala-nyala itu dan menyesallah karena malapetaka yang hendak Kaudatangkan kepada umat-Mu.

Kel 32:13
Ingatlah kepada Abraham, Ishak dan Israel, hamba-hamba-Mu itu, sebab kepada mereka Engkau telah bersumpah demi diri-Mu sendiri dengan berfirman kepada mereka: Aku akan membuat keturunanmu sebanyak bintang di langit, dan seluruh negeri yang telah Kujanjikan ini akan Kuberikan kepada keturunanmu, supaya dimilikinya untuk selama-lamanya.”

Kel 32:14
Dan menyesallah TUHAN karena malapetaka yang dirancangkan-Nya atas umat-Nya.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 14 Maret 2024

Mzm 106:19
Mereka membuat anak lembu di Horeb, dan sujud menyembah kepada patung tuangan;

Mzm 106:20
mereka menukar Kemuliaan mereka dengan bangunan sapi jantan yang makan rumput.

Mzm 106:21
Mereka melupakan Allah yang telah menyelamatkan mereka, yang telah melakukan hal-hal yang besar di Mesir:

Mzm 106:22
perbuatan-perbuatan ajaib di tanah Ham, perbuatan-perbuatan dahsyat di tepi Laut Teberau.

Mzm 106:23
Maka Ia mengatakan hendak memusnahkan mereka, kalau Musa, orang pilihan-Nya, tidak mengetengahi di hadapan-Nya, untuk menyurutkan amarah-Nya, sehingga Ia tidak memusnahkan mereka.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 14 Maret 2024

Sekali peristiwa, Yesus berkata kepada orang Yahudi, “Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku tidak benar. Ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu bahwa kesaksian yang diberikan-Nya tentang Aku adalah benar. Kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes dan ia telah bersaksi tentang kebenaran.

Namun, Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, tetapi Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan. la adalah pelita yang menyala dan bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu. Namun, Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting daripada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku menyelesaikannya.

Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku bahwa Bapa telah mengutus Aku. Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat, dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu, sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya.

Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa melaluinya kamu memiliki hidup yang kekal. Walaupun Kitab- kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu. Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.

Tetapi, tentang kamu, memang Aku tahu bahwa di dalam hatimu kamu tidak mempunyai kasih terhadap Allah. Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku. Jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia. (Bacaan selengkapnya lihat Alktab…)

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 14 Maret 2024, Bacaan Injil

Saya selalu terkenang ketika menerima buku konstitusi dan aturan kongregasi serta mendapatkan pesan, “Lakukanlah ini maka engkau akan hidup.” Kata-kata ini selalu terngiang dalam perjalanan saya sebagai seorang religius untuk menghidupinya secara konkret dalam hidup dan pelayanan. Konstitusi dan aturan ini bersumber dari pengalaman kasih akan Tuhan Yesus yang dialami Bapa Pendiri dan dijadikan pedoman bagi anggota untuk hidup.

Yesus bersabda, “Walaupun kitab-kitab suci itu memberi kesaksian tentang Aku, kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu. Tuhan menghendaki kita semua percaya dan datang kepada-Nya untuk memperoleh hidup. Semoga pesan Yesus ini selalu menggema dalam perjalanan hidup kita.

Memang kita perlu mengakui bahwa banyak hal yang kadang-kadang menghambat kita dalam berelasi secara personal dengan Yesus. Dalam masa tobat ini, kita diajak untuk menemukan apa yang sering kali menghalangi kita untuk datang kepada Tuhan Yesus. Maukah kita menemukan dan menghancurkan penghalang-penghalang itu?

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 13 Maret 2024

.

.

Ya Bapa, semoga kami dapat menyingkirkan penghalang-penghalang yang menghambat kami untuk berjumpa dan bersatu dengan Putra-Mu. Amin. 

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here