Beranda Berita Terbaru Renungan Harian 4 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

Renungan Harian 4 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

1304
0

Renungan Harian 4 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini Luk 10:25-37

Pada suatu ketika, seorang ahli kitab berdiri hendak mencobai Yesus, “Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”

Jawab Yesus kepadanya, “Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kau baca di sana?”

Jawab orang itu, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

Kata Yesus kepadanya: “Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup.” Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: “Dan siapakah sesamaku manusia?”

Jawab Yesus: “Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati.

Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan.

Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.

Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.

Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kau belanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.

Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?”

Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!”

.

Renungan Harian Bacaan Injil Hari Ini

Setiap hari, tidak sulit kita menjumpai orang yang terluka, orang yang susah, orang yang sakit, orang yang stres, dan orang yang membutuhkan pertolongan.

Tetapi, apakah kita bisa menolong seperti orang Samaria yang baik hati? Sangat jelas dalam Injil, Yesus ingin mengkritik orang-orang yang merasa sok suci, yaitu para imam, kaum Lewi, orang Farisi, dan ahli Taurat yang merasa saleh dan suci,

tetapi sayangnya ketika ada orang yang terkapar di pinggir jalan, mereka tidak mau menolong. Justru yang tulus hati menolong adalah orang yang dianggap kafir, yaitu orang Samaria.

Dasar kisah ini adalah pertanyaan: Siapa yang masuk surga? Yesus pun mengungkap perumpamaan ataupun kisah ini. Mungkin banyak orang berpikir bahwa yang masuk surga itu yang tekun menjalankan ibadah dengan tertib.

Namun, ternyata Yesus menegaskan bahwa yang masuk surga adalah mereka yang punya kasih, mereka yang punya cinta dan bela rasa kepada mereka yang membutuhkan. Kita diundang untuk menjadi orang Samaria zaman now. 

.

Ya Tuhan, semoga kami mampu berbela rasa dengan sesama yang menderita. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/bacaan-injil-hari-ini-panduan-hidup-beriman/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here