Beranda Berita Terbaru Renungan Harian 31 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

Renungan Harian 31 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

1364
0

Renungan Harian 31 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini Mrk 12:28b-34

Pada suatu hari, seorang ahli Taurat datang kepada Yesus dan bertanya: “Hukum manakah yang paling utama?” Yesus menjawab, “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap iiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.”

Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: “Tepat┬ásekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.

Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan.”

Yesus melihat, bagaimana bijaksananya jawab orang itu, dan Ia berkata kepadanya: “Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah!” Dan seorang pun tidak berani lagi menanyakan sesuatu kepada Yesus.

.

Renungan Harian Bacaan Injil Hari Ini

Dua sayap kehidupan kita: ungkapan iman dan perwujudan iman. Ada orang yang bertanya kepada Tuhan Yesus, “Hukum apakah yang paling utama?”

Yesus menegaskan hukum yang pertama adalah “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, segenap jiwamu, segenap
akal budimu, dan segenap kekuatanmu.

Hukum yang kedua adalah: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Bahkan, pada Injil yang lain, diungkapkan bahwa hukum yang kedua ini adalah sama levelnya dengan hukum yang pertama.

Jadi, catatan penting dalam permenungan hari ini adalah mencintai Tuhan dan mencintai sesama adalah sama. Karena Yesus
sendiri menyatakan: “Apa pun yang kamu lakukan untuk saudaraku yang paling hina ini kamu melakukannya untuk Aku.

Bagaimana mungkin kita mengasihi yang tidak kelihatan? Sedangkan kita sulit mengasihi yang kelihatan di depan mata kita. Ketekunan berdoa, meditasi, berziarah sebagai bentuk cinta kita kepada Tuhan, harus diwujudkan dalam tindakan mengasihi sesama kita.

Ada dua istilah: ungkapan iman dan perwujudan iman. Seperti halnya burung yang ingin terbang melayang dengan indah di udara, ia harus mengepakkan kedua sayapnya.

Demikian juga kita manusia, harus mengepakkan sayap ungkapan iman melalui kegiatan rohani dan doa kita sebagai bentuk memuji dan memuliakan Tuhan.

Namun, pada saat yang sama, kita harus mengepakkan sayap perwujudan iman dengan bergiat dalam tindakan kasih terhadap sesama.

.

Tuhan Yesus, Engkau mengajarkan kami untuk berbuah dalam iman. Semoga kami pun mampu mewujudkan iman kami akan Engkau dalam bentuk solider terhadap sesama. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/doa-pagi-katolik-awal-aura-positif-kamu-sepanjang-hari/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here