Renungan Harian Hari Ini 6 Juli 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 6 Juli 2024, Bacaan Injil Matius 9:14-17 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Am. 9:11-15; Mazmur: 85:9.11-12. 13-14; R:9b; PEKAN BIASA XIII (H); Hari Sabtu Imam; Sta.Maria Goretti;

BACAAN I

Am 9:11
“Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala,

Am 9:12
supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku,” demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal ini.

Am 9:13
“Sesungguhnya, waktu akan datang,” demikianlah firman TUHAN, “bahwa pembajak akan tepat menyusul penuai dan pengirik buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur baru dan segala bukit akan kebanjiran.

Am 9:14
Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya.

Am 9:15
Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka,” firman TUHAN, Allahmu.

 

MAZMUR TANGGAPAN – Renungan Harian Hari Ini 6 Juli 2024

Mzm 85:9
(85-10) Sesungguhnya keselamatan dari pada-Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita.

Mzm 85:11
(85-12) Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan menjenguk dari langit.

Mzm 85:12
(85-13) Bahkan TUHAN akan memberikan kebaikan, dan negeri kita akan memberi hasilnya.

Mzm 85:13
(85-14) Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan akan membuat jejak kaki-Nya menjadi jalan.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 6 Juli 2024

Mat 9:14
Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: “Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?”

Mat 9:15
Jawab Yesus kepada mereka: “Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

Mat 9:16
Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya.

Mat 9:17
Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 6 Juli 2024, Bacaan Injil

Murid-murid Yohanes penasaran dengan Yesus dan murid-murid-Nya karena mereka tampil beda, yaitu tidak berpuasa. Rasa penasaran ini sebenarnya muncul karena mereka kurang mengenal Yesus.

Kalau mereka mengenal-Nya, pasti bukan dengan berani datang komplain kepada Yesus, melainkan ikut bersukacita bersama murid-murid-Nya. Sebab, Yesuslah “Sang Mempelai Surgawi” yang jauh lebih besar daripada guru mereka,

Yohanes dan tentang Dia, guru mereka sendiri pernah mengatakan dengan jujur, “Membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.” Kalau mereka tahu persis siapa Yesus, mereka tentu akan merasa tidak pantas datang untuk protes kepada-Nya.

Kepada murid-murid Yohanes, Yesus mengingatkan tentang waktu yang pas bersama orang yang tepat. Ketika la masih berada dengan para murid-Nya, mereka selayaknya bergembira dan bersukacita karena kehadiran-Nya membawa kegembiraan dan pembaruan.

Akan ada saatnya murid-murid-Nya berpuasa seperti mereka, murid-murid Yohanes.

Murid-murid Yohanes juga diingatkan untuk membuka wawasan dan cara berpikir bahwa kehadiran Yesus sungguh sesuatu yang baru. la tidak sama dengan guru-guru biasa, bahkan berbeda dari guru mereka.

Guru yang satu ini sungguh pembaru dan pembawa harapan baru bagi umat manusia. Dia bukan sekadar seorang guru, melainkan Putra Allah yang menjadi manusia. Inilah jaminan dan penyelamat kita.

Marilah kita bersukacita senantiasa karena Yesus selalu menyertai perjalanan hidup kita.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 5 Juli 2024

.

.

Ya Bapa, buatlah kami selalu bersukacita karena iman akan kehadiran Yesus. Dialah jaminan sukacita kami dan kepada-Nya kami berharap. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here