Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 1 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 1 Juni 2024 Bacaan Injil

228527
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 1 Juni 2024, Bacaan Injil Markus 11:27-33 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Yud. 17. 20b-25; Mazmur: 63:2.3.4.5-6; R:2b; PEKAN BIASA VIII; Pw.St.Yustinus, Mrt. (M); B.Yohanes Pembaptis Skalabrini;

BACAAN I

Yud 17
Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus.

Yud 20
Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.

Yud 21
Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.

Yud 22
Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu,

Yud 23
selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.

Yud 24
Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya,

Yud 25
Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 1 Juni 2024

Mzm 63:2
(63-3) Demikianlah aku memandang kepada-Mu di tempat kudus, sambil melihat kekuatan-Mu dan kemuliaan-Mu.

Mzm 63:3
(63-4) Sebab kasih setia-Mu lebih baik dari pada hidup; bibirku akan memegahkan Engkau.

Mzm 63:4
(63-5) Demikianlah aku mau memuji Engkau seumur hidupku dan menaikkan tanganku demi nama-Mu.

Mzm 63:5
(63-6) Seperti dengan lemak dan sumsum jiwaku dikenyangkan, dan dengan bibir yang bersorak-sorai mulutku memuji-muji.

Mzm 63:6
(63-7) Apabila aku ingat kepada-Mu di tempat tidurku, merenungkan Engkau sepanjang kawal malam, ?

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 1 Juni 2024

Beberapa waktu sesudah mengusir para pedagang dari halaman bait Allah, Yesus dan murid-murid-Nya tiba kembali di Yerusalem. Ketika Yesus berjalan di halaman Bait Allah, datanglah kepada-Nya imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua, dan bertanya kepada-Nya, “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu?

Siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?” Jawab Yesus kepada mereka, “Aku akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu. Berikanlah Aku jawabnya, maka Aku akan mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Baptisan Yohanes itu, dari surga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!”

Mereka membahasnya di antara mereka, dan berkata, “Jikalau kita katakan: Dari surga, Ia akan berkata: Kalau begitu, mengapa kamu tidak percaya kepadanya? Tetapi, bagaimana mungkin kita katakan: Dari manusia?” Mereka takut kepada orang banyak, karena semua orang menganggap bahwa Yohanes betul-betul seorang nabi.

Lalu mereka menjawab Yesus, “Kami tidak tahu.” Kata Yesus kepada mereka, “Jika demikian, Aku juga tidak akan mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 1 Juni 2024, Bacaan Injil

Berhadapan dengan mereka yang mencari-cari kesalahan orang lain, Yesus tetap menebarkan keselamatan. la tidak menghukum mereka, tetapi berjuang untuk menyadarkan bahwa mereka juga memperoleh keselamatarn. Peristiwa ini terjadi di Bait Allah, tempat yang diyakini oleh orang Yahudi sebagai tempat Allah hadir.

Namun, ironisnya, orang-orang yang melayani di sana — orang-orang Farisi, ahli Taurat — justru kehilangan kehadiran Tuhan. Yesus bukan membenci dan hendak menjatuhkan, melainkan ingin menyadarkan bahwa Dia hendak menyelamatkan mereka semua. Namun, apalah daya jika kita menghadapi orang-orang yang sudah dikuasai rasa benci dan dendam.

Inilah yang terjadi ketika Yesus menghadapi para ahli Taurat dan tua-tua, Yesus mengembalikan apa yang mereka yakini dan imani. Terkait Yohanes, apa yang mereka yakini dan imani? Mereka tahu jawaban yang sesungguhnya, namun tertutup oleh kedengkian, amarah, dan niat menjatuhkan.

Akibatnya, mereka tidak bisa mengungkap fakta yang sesungguhnya. Mereka hanya mementingkan diri sendiri dan hidup dengan penuh topeng kepalsuan. Karena itu, hati-hatilah dengan kepalsuan hidup. Jika tidak segera dibersihkan dan dibuka rahmat Tuhan akan tertutup dan tidak akan ada berkat yang tercurah dari-Nya.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 31 Mei 2024

.

.

Tuhan, bersihkanlah hati kami dari topeng kepalsuan hidup. Jauhkan kami dari kebencian dan dendam sehingga kami terbuka terhadap kehadiran rahmat-Mu. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here