Beranda Berita Terbaru Renungan Harian 8 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

Renungan Harian 8 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

1283
0
renungan harian

Renungan Harian 8 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini Luk 11:15-26

Sekali peristiwa, setelah Yesus mengusir setan, ada beberapa orang berkata, “la mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, penghulu setan.”

Ada pula yang meminta suatu tanda dari surga kepada-Nya, untuk mencobai Dia. Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: “Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa, dan setiap rumah tangga yang terpecah-pecah, pasti runtuh.

Jikalau Iblis itu juga terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri, bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan? Sebab kamu berkata, bahwa Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul.

Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu.

Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. Apabila seorang yang kuat dan yang lengkap bersenjata menjaga rumahnya sendiri, maka amanlah segala miliknya.

Tetapi jika seorang yang lebih kuat dari padanya menyerang dan mengalahkannya, maka orang itu akan merampas perlengkapan senjata, yang diandalkannya, dan akan membagi-bagikan rampasannya.

Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan. Apabila roh jahat keluar dari manusia, ia pun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian,

dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapi teratur.

Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya
keadaan orang itu lebih buruk daripada keadaannya semula.”

.

Renungan Harian Bacaan Injil Hari Ini

Kekuatan rohani melawan roh jahat. Terkait pengusiran roh jahat, ada banyak umat selalu bertanya: Apakah roh jahat itu memang benar-benar ada atau jangan-jangan itu buah dari ketakutan kita semata?

Apa pandangan Gereja Katolik terhadap fenomena eksorsisme? Kerap ada orang yang mengaku melihat roh jahat di sebuah ruangan, di balik lukisan, di tempat yang gelap, dan seterusnya.

Gereja Katolik meyakini bahwa memang ada yang namanya roh jahat/iblis/setan. Mereka adalah makhluk yang menolak dan memberontak terhadap Tuhan sehingga rohnya melayang-layang menjadi roh jahat.

Injil pada hari ini menegaskan bahwa Yesus mengatasi segala kekuatan jahat. Orang-orang menuduh kekuatan Yesus datang dari lblis. Mereka adalah orang-orang yang memang pada dasarnva membenci Tuhan Yesus.

Mereka tidak suka dengan Yesus, dan kemudian memfitnah bahwa kekuatan datang dari Iblis. Yesus menegaskan bahwa Kita punya kekuatan dari Allah untuk mengalahkan kekuatan Iblis.

Bagaimana caranya agar kita punya kekuatan itu? Tentu kita sendiri harus punya ketekunan berdoa, rajin melakukan olah rohani: meditasi, baca Kitab Suci, Ekaristi, dll. Kita harus mengandalkan Tuhan, bukan yang lain.

.

Tuhan Yesus, bebaskanlah kami dari segala yang jahat. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/doa-bapa-kami-benarkah-ada-versi-baru/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here