Beranda Berita Terbaru Renungan Harian 6 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

Renungan Harian 6 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

1304
0
renungan harian

Renungan Harian 6 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini Luk 11:1-4

Pada waktu itu, Yesus berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya, “Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.”

Jawab Yesus kepada mereka: “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan dosa kami,

sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan.”

.

Renungan Harian Bacaan Injil Hari Ini

Doa Bapa Kami: God first! Para murid bertanya kepada Yesus, “Tuhan, bagaimana cara berdoa yang baik? Ajarilah kami berdoa!” Lalu, Yesus mengajarkan kepada para murid-Nya doa Bapa Kami.

Apa sebenarnya intisari dari doa Bapa kami? Doa Bapa kami terbagi dua. Bagian pertama berpusat pada Tuhan: Dimuliakanlah nama-Mu! Datanglah kerajaan-Mu! Jadilah kehendak-Mu!

Jadi, semua isi doa kita semata-mata adalah demi kemuliaan Tuhan. Bagian kedua baru kita berfokus pada ‘kami’ atau keinginan manusiawi kita: Berilah kami rezeki, ampunilah kesalahan kami, jauhkanlah kami dari segala yang jahat, dan seterusnya.

Itulah cara berdoa yang baik. Jangan pernah kita cuma berfokus pada keinginan kita sendiri. Tetapi, kita juga harus ingat bahwa Tuhan selalu punya rencana kepada kita dalam hidup ini.

Dalam Injil Matius bab 6 dikatakan, “Carilah dahulu Kerajaan Surga, baru vang lain akan ditambahkan kepadamu.” Banyak orang kecewa karena doanya tidak dikabulkan.

Kekecewaan itu muncul karena kita belum paham intisari dari doa, yaitu suatu relasi cinta antara manusia dengan Tuhan.

.

Tuhan Yesus, ajarilah kami berdoa. Teguhkanlah iman dan harapan kami untuk selalu datang kepada-Mu dan membiarkan kehendak-Mu terjadi atas hidup kami. Bukalah hati kami untuk mau menerima apa yang Engkau rencanakan dalam kehidupan kami, Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/doa-bapa-kami-benarkah-ada-versi-baru/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here