Beranda Berita Terbaru Renungan Harian 29 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

Renungan Harian 29 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

1335
0

Renungan Harian 29 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini Luk 14:1-6

Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan seksama.

Tiba-tiba datanglah seorang yang sakit busung air berdiri di hadapan-Nya. Lalu Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu, kata-Nya: Diperbolehkankah menyembuhkan orang┬ápada hari Sabat atau tidak?”

Mereka itu diam semuanya. Lalu Ia memegang tangan orang sakit itu dan menyembuhkannya dan menyuruhnya pergi. Kemudian Ia berkata kepada mereka:

“Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat?” Mereka tidak sanggup membantah-Nya.

.

Renungan Harian Bacaan Injil Hari Ini

Perdebatan tentang penyembuhan pada hari Sabat itu tidak berhenti dan terus berulang kali terjadi walaupun Yesus sudah menegaskan dan memberi contoh bahwa lebih baik menolong sesama ketimbang kita terlalu kaku pada aturan.

Hari ini, Injil mengisahkan soal apakah diperbolehkan menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak? Orang Farisi bertanya hal itu kepada Yesus, tetapi Yesus menjawab dengan kalimat yang langsung membuat mereka tidak sanggup membantahnya:

Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik keluar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur?

Tampaknya Yesus sudah sangat kesal menjelaskan kepada orang Farisi dan ahli Taurat, Yesus tidak menggunakan kata-kata yang manis lagi. Yesus tidak pakai teori-teori lagi. Tetapi, Yesus langsung menohok mereka dengan sebuah kritikan pedas.

Kalau saat ini kebetulan kita adalah pemegang jabatan yang menentukan banyak hal dalam kehidupan bersama, entah di sekolah di kantor, di gereja, jangan pernah menjadikan hukum yang tertulis sebagai pegangan satu-satunya.

Masih ada hukum lain, yaitu apa yang Tuhan sudah tanamkan dalam hati kita. Dengarkan suara hati kita untuk berbela rasa kepada sesama yang sedang kesulitan.

.

Tuhan Yesus, celikkanlah mata hati kami sehingga kami mampu berbelas kasih dan berbela rasa dengan sesama. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/doa-pagi-katolik-awal-aura-positif-kamu-sepanjang-hari/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here