Beranda Berita Terbaru Renungan Harian 20 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

Renungan Harian 20 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

1319
0
renungan harian

Renungan Harian 20 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini Luk 12:39-48

Pada suatu ketika, berkatalah Yesus kepada murid-murid-Nya, “Camkanlah ini baik-baik! Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.

Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan.” Kata Petrus: “Tuhan, kamikah yang Engkau maksudkan dengan perumpamaan itu atau juga semua orang?”

Jawab Tuhan: “Jadi, siapakah pengurus rumah yang setia dan bijaksana yang akan diangkat oleh tuannya menjadi kepala atas semua hambanya untuk memberikan makanan kepada mereka pada waktunya?

Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.

Akan tetapi, jikalau hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba laki laki dan hamba-hamba perempuan, dan makan minum dan mabuk,

maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang yang tidak setia.

Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan.

Tetapi siapa saja tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan.

Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.”

.

Renungan Harian Bacaan Injil Hari Ini

Kita hanyalah hamba. Hari ini, kita ingin merenungkan relasi antara tuan dan hamba. Hal ini penting karena dalam Injil diungkapkan bahwa relasi kita dengan Tuhan itu seperti tuan yang sedang pergi dan kita ini hanyalah hamba.

Sang Tuan punya kebebasan mau pergi ke manapun dan bisa datang pada saat yang tidak disangka-sangka oleh hambanya. Dan hamba yang baik adalah hamba yang selalu rajin, selalu bersih, rapi, kebun juga terawat dengan baik kendati sang tuan sedang pergi atau tidak ada di tempat.

Kita kerap kali hidup seakan-akan Tuhan itu tidak ada di sekitar kita. Padahal, Tuhan itu mahakuasa dan mahabaik. Dia selalu melihat kita di mana pun kita berada dan apa pun yang kita lakukan.

“Gusti mboten sare,” demikian pepatah Jawa, yang berarti Tuhan selalu lihat apa yang terjadi dengan kita. Namun, kita kerap kali hidup seakan-akan Tuhan tidak mengetahui apa yang kita lakukan.

Kita tetap berbuat dosa tanpa rasa bersalah sedikit pun. Marilah kita belajar bersikap sebagai hamba yang rajin dan juga tekun dalam menjalankan perintah Tuhan.

Hamba yang selalu berada dalam sikap sedia kapan saja tuannya datang. Hamba yang selalu didapati oleh tuannya sedang melakukan yang baik dan benar.

.

Tuhan Yesus, Engkau selalu menyertai kami dalam setiap denyut nadi kami. Semoga kami selalu menyadari dan mensyukuri penyertaan-Mu. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/doa-pagi-katolik-awal-aura-positif-kamu-sepanjang-hari/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here