Beranda Berita Terbaru Renungan Harian 16 September 2021, Bacaan Injil Hari Ini

Renungan Harian 16 September 2021, Bacaan Injil Hari Ini

1005
0

Renungan Harian 16 September 2021, Bacaan Injil Hari Ini Luk 7:36-50

Pada suatu ketika, seorang Farisi mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu duduk makan.

Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa.

Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi.

Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu.

Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: “Jika la ini nabi, tentu la tahu, siapakah dan
orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu la tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa.”

Lalu Yesus berkata kepadanya: “Simon, ada yang hendak Kukatakan kepadamu.” Sahut Simon: “Katakanlah, Guru.”

“Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutang lima ratus dinar, yang lain lima puluh.

Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?”

Jawab Simon: “Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya.” Kata Yesus kepadanya “Betul pendapatmu itu.” Dan sambil berpaling kepada perempuan itu,

la berkata kepada Simon: “Engkau lihat perempuan ini?

Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya.

Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku. Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.

Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih.” (Bacaan selengkapnya
lih. Alkitab atau “Misale Romawi Indonesia:Buku Bacaan II”, hlm. 1170-1171)

.

Renungan Harian Bacaan Injil Hari Ini

Lukas mengisahkan tentang perempuan berdosa yang membasuh kaki Yesus dengan air matanya dan meminyaki-Nya dengan minyak wangi. Perempuan itu berbuat demikian karena ia sadar bahwa dirinya telah berbuat deosa.

Sebagai bentuk penyesalan atas dosa-dosanya maka ia melakukan hal tersebut. Akhirnya, Yesus pun mengampuni dosa perempuan itu.
Kita semua adalah orang-orang berdosa, bahkan mungkin setiap hari kita berbuat dosa.

Meskipun begitu, Tuhan tetap mengasihi kita dengan berbagai macam cara. Kasih Tuhan yang kita terima itu sebenarnya sebuah ajakan agar kita juga mau berbagi kasih untuk orang-orang di sekitar kita, khususnya mereka yang sangat membutuhkan bantuan.

Pertobatan tidak cukup hanya berhenti pada penyesalan saja, tetapi harus ditindaklanjuti dengan tindakan-tindakan kasih yang lebih nyata seperti perempuan berdosa itu.

Dan, akhirnya Yesus bersabda, “Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih.”

Allah Yang Maharahim, ampunilah dosa-dosa kami dan semoga kami semakin mampu mengamalkan kasih di tengah keluarga dan lingkungan hidup kami. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/bacaan-injil-hari-ini-panduan-hidup-beriman/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here