Beranda Berita Terbaru Renungan Harian 16 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

Renungan Harian 16 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini

1305
0
renungan harian

Renungan Harian 16 Oktober 2021, Bacaan Injil Hari Ini Luk 12:8-12

Sekali peristiwa, Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.

Tetapi siapa saja menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah. Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi siapa saja menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni.

Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu.

Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan.”

.

Renungan Harian Bacaan Injil Hari Ini

Persaudaraan insani: jangan melihat perbedaan! Yesus mengatakan, “Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.”

Namun, kita diberi kekuatan agar tidak khawatir menghadapi tantangan iman seberat apa pun: “Roh Kuduslah yang akan mengajar kamu.”

Dalam mengikuti Tuhan selalu mendapatkan tantangan bahkan tak jarang harus mengorbankan nyawa. Secara manusiawi kita
pasti takut, tetapi mengikuti Tuhan Yesus harus berani memanggul salib.

Para murid Kristus pada zaman Gereja Perdana mengalami kematian sebagai martir, mengorbankan diri karena kesetiaan mereka mengikuti Kristus.

Bagaimana dengan kita pada zaman sekarang ? Apakah kita tidak menutup mata terhadap realitas fundamentalisme yang kerap menjadikan sesama manusia sebagai musuh karena perbedaan ideologi atau keyakinan agama?

Bagaimana kita harus bersikap? Sikap yang paling tepat adalah mari kita bersama-sama membangun persaudaraan insani.

Beberapa tahun yang lalu. Paus Fransiskus berjumpa dengan pemimpin agama Islam di Uni Emirat Arab. Dari sana keluar sebuah dokumen Persaudaraan Insani, di mana salah satu intinya adalah kita tidak melihat perbedaan agama sebagai sesuatu yang memisahkan, tetapi kita justru saling meneguhkan lewat gerakan-gerakan kemanusiaan yang menjadi titik temu dari semua ajaran agama.

.

Tuhan Yesus, dalam Engkau kami semua adalah saudara. Semoga kami mampu menjadi saudara bagi sesama, apa pun latar belakang keyakinan, suku, ras, dan golongan kami, Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/doa-bapa-kami-benarkah-ada-versi-baru/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here