Beranda Berita Terbaru Renungan Bacaan Injil Harian 16 Agustus 2021

Renungan Bacaan Injil Harian 16 Agustus 2021

717
0

Sabda Tuhan Hari Ini 16 Agustus 2021, Mat 19:16-22

Pada suatu hari, ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah.” Kata orang itu kepada-Nya: “Perintah yang mana?”

Kata Yesus: “Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Kata orang muda itu kepada-Nya: “Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?” Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku” Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Renungan

Santo lgnatius Loyola membedakan antara (1) orang yang senang menjadi orang Kristen ‘biasa-biasa saja’, yakni berpuas diri dengan hidup benar tanpa berbuat dosa atau tanpa melanggar perintah Tuhan; dan (2) orang yang tak cepat berpuas diri dan mau menjadi orang kristen ‘yang unggul’, yakni dengan tidak sekadar tak melanggar perintah Tuhan, tetapi mengikuti Yesus secara lebih radikal: hidup miskin seperti Yesus yang miskin, tak takut dihina atau dianggap bodoh demi imannya, seperti Yesus yang telah lebih dahulu diperlakukan demikian.

Anak muda yang mendekati Yesus telah melaksanakan kesepuluh perintah Allah. la telah memenuhi standar untuk jadi ‘orang Kristen biasa’, dan hal itu pantas diapresiasi serta sudah cukup bagi dia untuk memperoleh hidup kekal. Namun, Yesus menantang anak muda itu: “Jikalau engkau hendak sempurna… juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang miskin.. kemudian ikutilah Aku” (ay. 21). Kalau anak muda itu ingin menjadi ‘orang Kristen yang unggul’ dia harus berani hidup miskin seperti Yesus dan mengikuti Dia berkeliling mewartakan Kerajaan Allah.

Kesalehan Kristiani tidak pernah bersifat melulu individual melainkan selalu bersifat eklesial dan sosial. Orang yang sungguh suci itu tidak pernah egois, sebab kasih akan Allah yang dimiliknya pasti mendorongnya guna memberikan diri bagi pelayanan pada sesama dalam Gereja dan masyarakat. Kesalehan individual, walau tak salah, namun belum sempurna bila belum menjadi berkah bagi sesama.

Ya Tuhan, semoga kami tidak cepat berpuas diri karena tidak melanggar perintah-Mu, tetapi tergelitik untuk menjadi lebih sempurna dengan melayani sesama. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/bacaan-injil-hari-ini-panduan-hidup-beriman/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here