Beranda Berita Terbaru Renungan Bacaan Injil Hari Ini 24 Agustus 2021

Renungan Bacaan Injil Hari Ini 24 Agustus 2021

736
0

Sabda Tuhan Hari Ini 24 Agustus 2021, Yoh 1:45-51

Sekali peristiwa, Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!”

Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara” Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”

Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya?Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Renungan

Tak sedikit orang yang sulit berkembang karena hidupnya penuh kepura-puraan. Tidak mampu, tetapi pura-pura mampu. Tidak tahu, tetapi pura-pura tahu. Tidak suci tetapi pura-pura suci, dst. Bartolomeus adalah orang yang tanpa kepura-puraan. la bersikap otentik. la tidak menutup-nutupi keraguannya bahwa Yesus dari Nazaret adalah Mesias.

Keberaniannya untuk bersikap transparan itulah titik tolak yang menyelamatkannya. Apalagi, di hadapan Tuhan kepura-puraan sebenarnya tak berlaku, sebab di mata-Nya tak ada yang tersembunyi. Sikap jujur dan transparan di hadapan Tuhan merupakan pintu menuju iman sejati. Iman sejati mentransformasi diri, sementara kepalsuan menghambat perubahan nyata.

Bersikap otentik berarti berani terbuka di hadapan Tuhan dan sesama. Orang yang otentik tidak menyembunyikan luka dan tak suka sekadar mencari muka. la menerima diri apa adanya seraya membuka diri pada segala kemungkinan untuk perbaikan. Keterbukaan Bartolomeus membawanya pada pengakuan iman, “Rabi, Engkaulah Anak Allah, Engkau Raja orang Israel” (ay. 49).

Iman yang otentik ini membuat Bartolomeus berkembang menjadi utusan: konon, ia mewartakan Injil sampai ke India. Karena itulah, ia juga boleh menikmati janji Kristus: melihat kemuliaan para malaikat dan Anak Domba di surga seperti digambarkan bacaan pertama.

Ya Allah, semoga kami tidak takut menjadi diri sendiri, mampu menyingkirkan segala kepalsuan, dan terbuka pada Sabda-Mu yang senantiasa melecut semangat pembaruan. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/bacaan-injil-hari-ini-panduan-hidup-beriman/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here