Beranda Berita Terbaru Penerimaan Komuni Pertama 6 Juni 2021, Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

Penerimaan Komuni Pertama 6 Juni 2021, Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

65
0

6 Juni 2021 – Bertepatan dengan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, pada sore hari yang kondusif ini sebanyak 16 calon penerima komuni pertama duduk berdampingan dengan orang tua/wali mereka masing-masing. Terlihat antusiasme di wajah-wajah mereka.

Perayaan ekaristi sore hari ini dipimpin secara konselebrasi oleh Romo Vincentius Suparman Pr., dan Romo Ambrosius Heri Krismawanto Pr. Umat yang datang menjadi saksi bahwa sekelompok putra-putri gereja Jetis sedang membuka babak baru kehidupan mereka.

Dalam homilinya, Romo Vincentius Suparman Pr, menyampaikan hal-hal sebagai berikut. Peristiwa penerimaan komuni pertama di dunia Timur merupakan sebuah hari yang istimewa, peristiwa besar, pesta di keluarga. Anak-anak disempurnakan untuk menerima komuni, berada dalam sebuah sukacita, semoga bapak ibu yang putra-putrinya menerima komuni pertama pada hari ini memiliki kebahagiaan di dalam hati masing-masing.

Komuni berasal dari kata “Communio” yang berarti persatuan, persatuan yang mesra, persaudaraan yang erat. Ketika kita menerima Tubuh dan Darah Kristus maka  menggambarkan persatuan kita dengan Tuhan Yesus Kristus mesra dan erat. Harapannya anak-anak menjadi sadar bahwa aku sekarang yang hidup dalam diriku adalah Tuhan sendiri. Yang kita sambut mengaliri hidup kita, darah dan roh kita searah dan segerak dengan Tuhan.

Setiap kali kita menerima Tubuh Kristus sadarilah kesucian yang Tuhan tawarkan dan kita sambut, kita harus merawat hati dan hidup rohani supaya selalu siap dan pantas menyambut Tubuh Kristus. Setelah Konsili Vatikan II kita dianjurkan untuk menyambut komuni setiap hari. Ekaristi pun menjadi salah satu sarana kita menyucikan hidup yang berdasar kepada Tuhan.

Ekaristi juga disebut sebagai perayaan syukur, syukur atas pengalaman hidup kita bersama dengan Tuhan dan sesama. Maka setiap kali merayakan ekaristi ucapkanlah satu syukur yang bisa kita persembahkan kepada Tuhan. Misalnya, syukur atas perjumpaan dan pengalaman yang baik dengan orang lain. Selain itu di dalam ekaristi Tuhan juga menyapa kita secara khusus melalui bacaan-bacaan teristimewa bacaan Injil dan homili romo.

Doa Syukur Agung melambangkan perintah ekaristi yang berasal dari Tuhan Yesus sendiri, yaitu untuk mengenang perjamuan terakhir diri-Nya. Setelah Doa Syukur Agung akhirnya kita boleh menerima komuni dan pada saat pulang kita pun diutus, diutus untuk mewujudkan sabda Tuhan yang telah kita dapatkan dalam ekaristi.

Kemudian di akhir misa ada sedikit sambutan dari Bapak Eri Suprobo sebagai pembimbing katekis untuk adik-adik yang telah menerima komuni. Setelah misa selesai, dengan tetap menerapkan kehati-hatian para penerima komuni pertama diberikan sertifikat serta diambil foto bersama yang bisa Anda lihat dan  download disini:

DOWNLOAD FOTO

Berkah Dalem, Proficiat adik-adik!

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here