Beranda Berita Terbaru Materi Panduan BKSN 2021, Yesus Sahabat Seperjalanan Kita

Materi Panduan BKSN 2021, Yesus Sahabat Seperjalanan Kita

3471
0
materi panduan bksn

Materi Panduan BKSN 2021 – Setiap tahun pada bulan September Anda pasti sudah bisa menebak kegiatan apa yang umat Katolik lakukan setiap tahunnya sejak Konsili Vatikan II terbit. Benar, bulan ini kita memperingati BKSN atau Bulan Kitab Suci Nasional.

Penasaran dengan tema tahun 2021 dan bagaimana kita melakukannya tahun ini di tengah pandemi yang masih merebak di seluruh dunia? Baca terus sampai selesai ya.

Tema dan Materi Panduan BKSN 2021

Tema pada tahun 2021 ini yaitu “Yesus Sahabat Seperjalanan Kita.” Dilatarbelakangi oleh situasi pandemi Covid-19 yang masih
bergejolak, Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) tahun 2021 mengangkat tema Yesus Sahabat Seperjalanan Kita.

Ini merupakan tema khusus, sebab pandemi telah membuat Pertemuan Nasional (Pernas) LBI tahun 2020 tertunda, sehingga tema empat tahunan bagi BKSN yang biasanya sudah ditetapkan sampai sekarang belum bisa dibicarakan bersama.

Melalui rapat daring tanggal 23 Oktober 2020 yang dihadiri oleh Uskup Delegatus LBI, Pengurus Harian LBI, Penghubung Regio, Delegatus Kitab Suci, dan sejumlah narasumber, tema ini akhirnya disepakati karena dipandang aktual, relevan, dan selaras dengan kondisi yang kita hadapi sekarang.

Bulan Kitab Suci di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 bukanlah bencana kesehatan semata, sebab telah melahirkan krisis di hampir semua bidang kehidupan. Berbagai aktivitas masyarakat lumpuh karenanya, baik aktivitas ekonomi, sosial, budaya, maupun keagamaan.

Sementara itu, korban jiwa dari hari ke hari terus berjatuhan, dan bisa jadi tetangga, sahabat, saudara, bahkan keluarga kita sendiri termasuk di antara mereka. Benar-benar sekarang ini kita hidup di tengah situasi yang mengguncangkan dan penuh dengan ketidakpastian.

Di tengah kebingungan, ketakutan, dan perasaan tidak berdaya, kita sebagai umat beriman diteguhkan oleh satu hal, yakni bahwa kita tidak sendirian. Kita mempunyai sosok yang sangat bisa diandalkan, yakni Yesus. Yesus adalah sahabat seperjalanan kita.

Ia senantiasa menemani, menguatkan, dan membimbing kita manakala hidup kita berhadapan dengan jalan yang terjal, badai yang dahsyat, maupun padang gurun yang tandus. Yesus adalah sahabat bagi kita serta bagi setiap orang yang putus asa, kehilangan, menderita, dan bertobat.

Ucapan Terima Kasih

LBI mengucapkan terima kasih kepada R.P. Albertus Purnomo OFM yang telah menyusun Gagasan Pendukung untuk BKSN tahun ini, kepada Komisi Kerasulan Kitab Suci (K3S) Keuskupan Agung Jakarta yang telah menyusun bahan pendalaman Kitab Suci untuk kelompok-kelompok, serta kepada R.P. Fery Kurniawan OFM yang kembali membuat poster BKSN yang sangat menyentuh dan indah.

Mengingat pandemi masih berlangsung hingga sekarang, kegiatan-kegiatan dalam rangka BKSN hendaknya dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan dengan memprioritaskan pertemuan-pertemuan secara daring.

Akhir kata, dengan bersama-sama merenungkan tema Yesus Sahabat Seperjalanan Kita, semoga kita sekalian diteguhkan, dikuatkan, dan dimampukan dalam menjalani saat-saat yang berat ini. Tuhan memberkati kita semua. – Lembaga Biblika Indonesia.

.

Berikut ini bahan atau materi Bulan Kitab Suci Nasional 2021

.

Materi BKSN

DOWNLOAD MATERI PANDUAN BKSN 2021

.

Penulis : Franciskus
Diolah dari berbagai sumber
.
.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here