Beranda Berita Terbaru Mempererat Paguyuban Umat Beriman dalam Kenduri Lintas Agama HUT ke- 58th Paroki...

Mempererat Paguyuban Umat Beriman dalam Kenduri Lintas Agama HUT ke- 58th Paroki Santo Albertus Agung Jetis Yogyakarta

677
0

Gereja Santo Albertus Agung Jetis Yogyakarta mengadakan acara kenduri lintas agama pada hari Selasa, 15 November 2023 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Paroki ke – 58th dan pesta pelindung Santo Albertus Agung. Acara ini dihadiri oleh para tokoh agama, perwakilan pengurus wilayah yang berada di seputaran Kemantren Jetis, Dewan Pastoral Paroki, dan perwakilan warga masyarakat dari RT dan RW setempat.

Kenduri merupakan bentuk upacara adat khas Jawa dengan cara berkumpul bersama untuk mengutarakan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kenduri juga bisa menjadi sarana dalam merekatkan kerukunan dan persaudaraan antar umat beragama yang tergambar langsung melalui interaksi semua orang yang hadir dalam acara kenduri yang tidak memandang latar belakang agama. Semuanya guyub rukun menjadi satu saling menghormati. Selaras dengan tema yang diusung pada HUT kali ini, yaitu “Paroki Jetis Bersemangatkan Sinodal Membangun Paguyuban Umat”.

Dalam sambutannya, Romo Vincentius Suparman, Pr. selaku Romo Paroki Santo Albertus Agung Jetis mengatakan bahwa kini sudah menginjak 58 tahun pelayanan keagamaan yang dilakukan oleh Paroki Jetis untuk masyarakat, tentunya semua ini tidak akan bisa sampai sejauh ini apabila tidak ada dukungan dan bantuan dari semua masyarakat. Oleh karena itu, kenduri ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya kita untuk selalu bersama-sama dalam mewujudkan masyarakat yang hidup dalam toleransi sebagai saudara sebangsa dan Tanah Air.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, S.T., M.Eng., bahwa kenduri ini merupakan wujud nyata dari Bhinneka Tunggal Ika yang dapat mempererat hubungan yang makin harmonis antar umat beragama di Kelurahan Cokrodiningratan. Selain itu beliau juga menyampaikan ucapan selamat merayakan HUT untuk Paroki Jetis dan mengajak untuk terus menjaga perdamaian.

Dalam acara inti, dipanjatkan doa yang dipimpin oleh Kyai Haji Burhanuddin. Menghaturkan syukur kepada Yang Maha Kuasa dan meminta berkah kelancaran dalam serangkaian acara HUT ke – 58th Paroki Jetis, terciptanya masyarakat yang selalu rukun, serta menjadi tempat ibadah yang bermanfaat bagi masyarakat dan umat beriman-Nya.

Di penghujung acara, disampaikan dialog pembangunan oleh Bapak Wahyu selaku perwakilan dari Panitia Pembangunan guna meminta doa restu dan ucapan terima kasih atas segala bantuan yang sudah banyak diberikan oleh masyarakat untuk kelancaran proses pembangunan kawasan gereja.

.
Penulis: Katharina Tri Wahyuni A.
Editor: Frans
.
.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here