Beranda Berita Terbaru Bacaan Injil Hari Ini Selasa 31 Agustus 2021

Bacaan Injil Hari Ini Selasa 31 Agustus 2021

844
0

Bacaan Injil Hari Ini Selasa 31 Agustus 2021, Luk 4:31-37

Sekali peristiwa, Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea. Di situ, la mengajar pada hari-hari Sabat. Orang-orang takjub
mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa. Di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan dan ia berteriak dengan suara keras:

“Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!

Dan setan itu pun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya. Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya:

“Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa la memberi perintah kepada roh-roh jahat dan mereka pun keluar.” Dan tersebarlah berita tentang Dia ke mana-mana di daerah itu.

Renungan

Menurut St. lgnatius Loyola, salah satu ciri roh jahat ialah bertindak seperti buaya darat: Lebih menyukai kegelapan karena ingin menyembunyikan perbuatan maksiatnya. Terang kebenaran, transparansi ditakutinya.

St. Paulus menegaskan bahwa orang kristiani mestinya bukan merupakan “orang-orang malam atau orang-orang kegelapan”, melainkan “anak-anak terang dan anak-anak siang” (1 Tes. 5:4-5).

Orang yang hidupnya benar tidak takut berterus terang dan transparan. Kebenaran itu memang memerdekakan. Orang seperti ini selalu siap menyambut kedatangan Tuhan. Sementara orang yang hidupnya tidak benar selalu bergerak dalam gelap karena takut ketahuan.

Orang seperti ini tidak merdeka, dibelenggu oleh kecemasan, dan malah takut akan kedatangan Tuhan. Dalam Injil, orang yang kerasukan setan ketakutan didatangi Yesus. la tahu bahwa Yesus adalah Yang Kudus dari Allah. Setan dalam diri orang itu menjadi cemas dan gentar karena berpikir Yesus hendak menghancurkannya.

Orang yang dikuasai oleh roh jahat memang takut pada orang-orang yang hidupnya suci dan benar. Anak-anak kegelapan sebenarnya gentar pada anak-anak terang, orang-orang yang tak jujur atau korup dalam suatu instansi merasa terancam
dengan kehadiran orang jujur dan bersih.

Sebagaimana Yesus disegani oleh orang banyak, kita pun, bila setia hidup sebagai anak-anak terang, akan disegani. Cara hidup kita yang jujur dan bersih menjadi cambuk bagi orang-orang yang tidak jujur.

Tuhan, bantulah kami supaya selalu setia hidup sebagai anak-anak terang. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Baca Juga: https://parokijetis.com/bacaan-injil-hari-ini-panduan-hidup-beriman/

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here