Beranda Berita Terbaru Teks Misa Online Minggu Adven IV TH.C, 18-19 Desember 2021

Teks Misa Online Minggu Adven IV TH.C, 18-19 Desember 2021

1727
0

Teks Misa Online Minggu Adven IV TH.C, 18-19 Desember 2021

Youtube Channel Paroki Jetis – https://www.youtube.com/c/KomsosJetis/featured

.

RITUS PEMBUKA …..berdiri

Nyanyian Perarakan Masuk – PS. 449

GAPURAMU, LAPANGKANLAH

Gapuramu, lapangkanlah menyambut Raja Mulia, Sang Maha Raja semesta dan Juru S’lamat dunia; sejahtera dibawa-Nya. Dengan meriah nyanyilah “Terpujilah Penebus, Gembala yang kudus.”

Benar dan adil hukum-Nya, dan rahmat lambang kuasa-Nya! Mahkota-Nya kekal kudus, wahana-Nya lemah lembut. Berakhirlah keluh kesah. Dengan meriah soraklah, “Terpujilah Penebus, Penolong yang kudus.”

.

Tanda Salib & Salam

Pengantar

Pernyataan Tobat: Cara 1 TPE 2020

I   Saudara-Saudari, marilah mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini,

— hening sejenak —

I+U Saya mengaku kepada Allah yang Mahakuasa dan kepada Saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu, saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para Malaikat dan Orang Kudus dan kepada Saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah Tuhan kita.

I   Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U   Amin.

.

KYRIE – PS 339

.

Doa Kolekta                                           …..berdiri

I   Marilah berdoa, – hening sejenak

Allah Bapa Yang Maha Pengasih, kedatangan Putra-Mu sudah semakin mendekat. Bukalah hati kami untuk menyambutnya dengan penuh kegembiraan dan rasa syukur atas hidup baru yang akan dianugerahkan-Nya kepada kami. Sebab Dialah yang Hidup dan Berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.

U Amin.

.

LITURGI SABDA

Bacaan I Mik. 5: 2-5a

Dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel.

Pembacaan dari Nubuat Mikha:

Beginilah firman Tuhan Allah, “Hai Betlehem di wilayah Efrata, hai engkau yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, yang sudah ada sejak dahulu kala. Ia akan membiarkan mereka sampai saatnya perempuan yang mengandung itu telah melahirkan; lalu saudara-saudaranya yang masih ada akan kembali kepada orang Israel. Maka ia akan bertindak, dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan Tuhan, yaitu dalam kemegahan nama Tuhan Allahnya. Mereka akan tinggal tetap, sebab sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung bumi, dan dia menjadi damai sejahtera.” 

Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah.

.

Mazmur Tanggapan – 80:2ac.3b.15-16.18-19;R:4

Ulangan: Ya Allah, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka selamatkanlah kami.

Ayat:

  • Hai gembala Israel, pasanglah telinga-Mu, engkau yang duduk di atas para kerub, tampilah bersinar. Bangkitkanlah keperkasaan-Mu, dan datanglah menyelamatkan kami.
  • Ya Allah semesta alam, kembalilah, pandanglah dari langit dan lihatlah! Tengoklah pohon anggur ini, lindungilah batang yang ditanam oleh tangan kanan-Mu.Kiranya tangan-Mu melindungi orang yang ada di sebelah kanan-Mu, anak manusia yang telah Kau teguhkan. Maka kami tidak akan menyimpang daripada-Mu; biarkan kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.
  • Kiranya tangan-Mu melindungi orang yang ada di sebelah kanan-Mu, anak manusia yang telah Kau teguhkan. Maka kami tidak akan menyimpang daripada-Mu; biarkan kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.

.

Bacaan Kedua – Ibr. 10:5-10

Lihat, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus Kepada Jemaat di Ibrani:

Saudara-saudara, ketika Kristus masuk ke dunia, Ia berkata, “Kurban dan persembahan tidak Engkau kehendaki! Sebagai gantinya Engkau telah menyediakan tubuh bagiku. Kepada kurban bakaran dan kurban penghapus dosa Engkau juga tidak berkenan. Maka Aku berkata: Lihatlah, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku, sebagaimana tertulis dalam gulungan kitab tentang Aku.”

Jadi mula-mula Yesus berkata ‘Kurban dan persembahan tidak Engkau kehendaki, kepada kurban bakaran dan kurban penghapus dosa Engkau tidak berkenan’ – meskipun dipersembahkan menurut hukum Taurat; – dan kemudian Ia berkata ‘Lihat, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu’. Jadi yang pertama Ia hapuskan untuk menegakkan yang kedua. Dan karena kehendak Allah inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan Tubuh Yesus Kristus.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U   Syukur kepada Allah.

.

Bait Pengantar Injil         …..berdiri

Refren: Alleluya, Alleluya, Alleluya.

Aku ini hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataan-Mu.

Bacaan Injil –  Luk. 1:39-45

I   Tuhan bersamamu
Dan bersama rohmu

I   Inilah Injil Suci menurut Lukas.
Dimuliakanlah Tuhan

I  Beberapa waktu sesudah kedatangan Malaikat Gabriel, berangkatlah Maria dan bergegas menuju sebuah kota di pegunungan Yehuda. Di situ Ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya, dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring, “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengujungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai di telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Berbahagialah ia yang percaya, sebab firman Tuhan yang dikatakan kepadanya akan terlaksana.”

 

 

.

.

Homili                                           …..duduk

Syahadat                                        …..berdiri

Doa Umat                                      …..berdiri

I   Kedatangan Yesus, Tuhan dan Penyelamat kita kian dekat. Dialah Sang Putra yang membebaskan kita dari segala kelemahan dan dosa. Di dalam penantian penuh pengharapan akan kedatangan-Nya, marilah kita memanjatkan doa-doa kepada Allah Bapa kita.  

L  Bagi Gereja Allah.

    Allah Bapa Mahakasih, jadikanlah Gereja-Mu tanda cinta kasih yang selalu mencurahkan perhatian kepada penderitaan manusia. Marilah kita mohon…

Tuhan, Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami.

L  Bagi perdamaian dunia.

    Allah Bapa Mahabaik, jauhkanlah para bangsa dari peperangan dan pertumpahan darah. Semoga damai sejahtera menguasai hati umat manusia berkat kedatangan Kristus, PutraMu. Marilah kita mohon…

U        Tuhan, Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami.

Bagi saudara-saudari kami yang sedang tertimpa musibah bencana alam.

    Allah Bapa Mahakasih, berkati dan hiburlah saudara-saudari kami yang sedang tertimpa musibah bencana alam, khususnya musibah erupsi Gunung Semeru. Semoga mereka semua Engkau beri kekuatan dan ketabahan, bagi yang meninggal dunia Engkau berikan tempat terindah di sisi-Mu. Dan semoga dalam perayaan Natal nanti, sukacita Natal akan tetap hadir dalam diri mereka. Marilah kita mohon…

Tuhan, Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami.  

L  Bagi diri kita.

    Allah Bapa Mahakudus, kuatkanlah kami agar pada hari-hari terakhir menjelang Natal ini, kami mampu menyingkirkan segala rintangan dan godaan sehingga kami pantas menyambut kedatangan Putra-Mu. Marilah kita mohon…

Tuhan, Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami.

—— hening sejenak untuk intensi pribadi —–

Allah Bapa Mahabaik, dengan gembira kami menantikan kedatangan Putra-Mu. Sebab kami percaya akan kebaikan dan cinta-Mu kepada umat manusia, yang tampak bagi kami dalam diri Yesus, Penyelamat kami, kini dan sepanjang masa.

Amin.

(setelah doa umat selesai, umat dipersilakan duduksampai persiapan persembahan)

.

LITURGI EKARISTI

Persiapan Persembahan

I Terpujilah Engkau, Tuhan Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu kami menerima roti, yang kami persembahkan kepada-Mu, hasil bumi dan usaha manusia, yang bagi kami akan menjadi roti kehidupan.

U Terpujilah Allah selama-lamanya.

I Terpujilah Engkau, Tuhan Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu kami menerima anggur, yang kami persembahkan kepada-Mu, hasil pokok anggur dan usaha manusia, yang bagi kami akan menjadi minuman rohani.

U Terpujilah Allah selama-lamanya.

…berdiri…

I   Berdoalah, saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan kepada Allah, Bapa Yang Mahakuasa.

Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

Doa Persiapan Persembahan             ….berdiri

I    Allah Bapa sumber kehidupan kami, terimalah persembahan diri kami dalam rupa roti dan anggur ini. Satukanlah kiranya dengan persembahan Kristus, Putra-Mu, sehingga menghasilkan pembaruan hidup bagi kami. Sebab, Dialah Tuhan kami, kini dan sepanjang masa.

U   Amin

Doa Syukur Agung 

  • Dialog Pembuka          berdiri
  • Prefasi
  • Sanctus – PS. 385

  • Doa Syukur Agung      …berlutut/berdiri
  • Anamnesis 2b

Komuni

  • Bapa Kami  …berdiri 
  • Doa Damai
  • Pemecahan Roti/Anak Domba Allah  …berlutut/berdiri
  • Persiapan Komuni (TPE 2020)

I   Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah Saudara-Saudari yang diundang ke Perjamuan Anak Domba.

U  Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

I   Tubuh Kristus.

U   Amin.

  • Komuni
  • Saat hening
  • Nyanyian Komuni / Madah Syukur     …duduk

.

Antifoni Komuni – Mat. 28:20

  • Seorang perawan akan mengandung dan melahirkan seorang anakl laki-laki, yang akan diberi nama Immanuel.

.

Doa Sesudah Komuni                        …berdiri

I    Marilah berdoa, – hening sejenak

Ya Tuhan, berkat santapan surgawi yang telah kami terima ini, kuatkanlah kami untuk selalu mengarahkan harapan kami pada kedatangan Putra-Mu yang semakin mendekat. Semoga, kami mampu mempersiapkan kedatangan Putra-Mu dalam diri kami sendiri, keluarga dan komunitas kami. Sebab, Dialah Tuhan dan Juru Selamat kami, sepanjang segala masa.

U   Amin.

.

RITUS PENUTUP

Pengumuman ….duduk

Amanat Pengutusan (…berdiri)

Berkat & Pengutusan (TPE 2020) – Khusus Masa Adven TPE Imam hal. 253

I   Tuhan bersamamu

Dan bersama rohmu

I  Semoga Allah yang Mahakuasa memberkati Saudara sekalian, (+) Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

Amin.

I   Saudara-Saudari, pergilah mewartakan Injil Tuhan.

Syukur kepada Allah.

.

Nyanyian Perarakan Keluar 

Putri Sion, Nyanyilah – PS 448

  1. Putri Sion nyanyilah; sorakkanlah Yerusalem! Mari sambut Rajamu. Raja Damai t’rimalah. Putri Sion, nyanyilah; sorakkanlah, Yerusalem!
  2. Hosiana, Putra Daud, nama-Mu terpujilah! Dirikanlah takhta-Mu maha tinggi, mulia. Hosiana, Putra Daud, nama-Mu terpujilah!.

======================= 

.
.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here