Beranda Berita Terbaru Teks Misa Online Minggu Adven II TH.C, 4-5 Desember 2021

Teks Misa Online Minggu Adven II TH.C, 4-5 Desember 2021

2260
0

Teks Misa Online Minggu Adven II TH.C, 4-5 Desember 2021

Youtube Channel Paroki Jetis – https://www.youtube.com/c/KomsosJetis/featured

.

RITUS PEMBUKA …..berdiri

Nyanyian Perarakan Masuk – PS. 720

DATANGLAH, YA YESUS

  1. Datanglah, ya Yesus, yang lama dinantikan; bebaskanlah semua, kami yang disiksa dosa! Tuhan, kami mohon sentosa dan hiburan, harapan sekalian umat yang merindukanMu. Datanglah, datanglah Tuhan, datanglah!
  2. Anak Allah Bapa, Kau yang menjadi Raja, yang menebus umatMu; datanglah KerajaanMu! Perintahkanlah kami dengan RohMu yang suci, dan usir kegelapan, pencobaan jauhkanlah. Datanglah, datanglah Tuhan, datanglah!

.

Tanda Salib & Salam

Pengantar

Pernyataan Tobat: Cara 1 TPE 2020

I   Saudara-Saudari, marilah mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini,

— hening sejenak —

I+U Saya mengaku kepada Allah yang Mahakuasa dan kepada Saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu, saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para Malaikat dan Orang Kudus dan kepada Saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah Tuhan kita.

I   Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U   Amin.

.

KYRIE – PS 339

.

Doa Kolekta                                           …..berdiri

I   Marilah berdoa, – hening sejenak

Ya Allah yang penuh kasih, Engkau menyediakan sukacita yang sejati bagi dunia dan menghendaki agar kami hidup dalam damai dan cinta kasih. Kami mohon, nyatakanlah cinta kasih-Mu kepada kami dan teguhkanlah kami dalam menyongsong kehadiran Duta kasih setia-Mu, yaitu Yesus Kristus, Putra-Mu, yang Hidup dan Berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.

U Amin.

.

LITURGI SABDA

Bacaan I Bar. 5:1-9

Allah akan mempertunjukkan seri wajahmu.

Pembacaan dari Nubuat Baruhkh:

“Hai Yerusalem, hendaklah engkau menanggalkan pakaian kesedihan dan kesengsaraanmu, lalu mengenakan perhiasan kemuliaan Allah untuk selama-lamanya.

Hendaklah engkau berselubungkan kampuh kebenaran Allah, dan memasang di atas kepalamu tajuk kemuliaan dari Yang Kekal. Sebab di bawah kolong langit seri wajahmu akan dipertunjukkan oleh Allah.

Dari pihak Allah engkau akan diberi nama abadi: ‘Damai Sejahtera-Hasil-Kebenaran’ dan ‘Kemuliaan-Hasil-Takwa’. Bangkitlah, hai Yerusalem, hendaklah engkau berdiri tegak di ketinggian! Tengoklah ke timur!

Lihatlah anak-anakmu sudah berkumpul atas firman dari Yang Kudus; mereka berkumpul dari tempat matahari terbenam sampai ke tempat terbitnya. Bersukarialah, karena Allah telah ingat kepada mereka.

Memang dahulu mereka pergi dari padamu dengan berjalan kaki, digiring oleh musuh. Tetapi kini mereka dikembalikan kepadamu oleh Allah. Mereka diusung dengan hormat seolah-olah di atas tandu kerajaan.

Sebab Allah memerintahkan, supaya segala gunung yang tinggi dan segenap bukit abadi diratakan, supaya sekalian jurang ditimbun menjadi tanah yang rata. Dengan demikian Israel dapat berjalan dengan aman di bawah naungan kemuliaan Allah.

Hutan rimba dan segala pohon yang harum semerbak pun menaungi Israel atas perintah Allah. Sebab Israel akan dituntun dengan sukacita oleh Allah, oleh cahaya kemuliaan-Nya, dan dengan belas kasihan serta kebenaran-Nya.”

Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah.

.

Mazmur Tanggapan – 126:1-2ab.2cd-3.4-5.6;R:3

Ulangan: Tuhan telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita.

Ayat:

  • Ketika Tuhan memulihkan keadaan Sion, kita seperti orang-orang yang bermimpi. Pada waktu itu mulut kita penuh dengan tawa ria, dan lidah kita dengan sorak sorai.
  • Pada waktu itu berkatalah orang di antara bangsa-bangsa, “Tuhan telah melakukan perkara besar kepada orang-orang ini!” Tuhan telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita.
  • Pulihkanlah keadaan kami, ya Tuhan, seperti memulihkan batang air kering di Tanah Negeb! Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.

.

Bacaan Kedua Flp.1:4-6.8-11

Usahakanlah supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus.

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi:

Saudara-saudara, setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita. Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil dari hari pertama sampai sekarang ini.

Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, bahwa Allah yang telah memulai karya baik di antaramu, akan melanjutkannya sampai pada hari Kristus Yesus. Sebab Allahlah saksiku betapa dengan kasih mesra Kristus Yesus aku merindukan kamu.

Dan inilah doaku: Semoga kasihmu semakin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian. Dengan demikian kamu dapat memilih apa yang baik, agar kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus. Dan akhirnya, semoga kamu dipenuhi dengan buah kebenaran oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U   Syukur kepada Allah.

.

Bait Pengantar Injil – Luk 3:4.6         …..berdiri

Refren: Alleluya, Alleluya, Alleluya.

Ayat: Siapkanlah jalan bagi Tuhan; luruskanlah jalan bagi-Nya! dan semua orang akan melihat kebenaran yang dari Tuhan.

Bacaan Injil – Luk. 3:1-6

I   Tuhan bersamamu
Dan bersama rohmu

I   Inilah Injil Suci menurut Lukas.
Dimuliakanlah Tuhan

I  Dalam tahun kelima belas pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes menjadi raja-wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, menjadi raja-wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias menjadi raja-wilayah Abilene; pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Agung, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun.

Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan, “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis! Maka Allah akan mengampuni dosamu, seperti ada tertulis dalam nubuat-nubuat Yesaya:

Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Siapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya. Setiap lembah akan ditimbun, setiap gunung dan bukit akan menjadi rata. Yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan. Dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.”

 

 

.

.

Homili                                           …..duduk

Syahadat                                        …..berdiri

Doa Umat                                      …..berdiri

I   Marilah kita memanjatkan doa kepada Allah Bapa, yang demikian dekat dengan kita dalam diri Yesus, Putra-Nya.

L  Bagi Gereja Kudus. Ya Bapa, datanglah dan hadirlah di tengah kami dan semoga kehadiran-Mu menjadikan Gereja cahaya bagi semua orang di dunia ini. Marilah kita berdoa kepada-Nya …

U  Tuhan, semoga kami selalu setia kepada-Mu.

L  Bagi masyarakat di sekitar kita. Ya Bapa, bukalah mata hati masyarakat di sekitar kami, agar dapat melihat karya cinta kasih-Mu yang agung melalui umat-Mu. Marilah kita berdoa kepada-Nya …

U  Tuhan, semoga kami selalu setia kepada-Mu.

L  Bagi mereka yang putus asa dan tidak melihat jalan keluar dari kesulitan-kesulitannya. Ya Bapa, bimbinglah mereka yang sedang menghadapi kesulitan agar dapat menemukan sesama yang mampu mengajak mereka memulai lagi dengan harapan akan masa depan yang lebih cerah. Marilah kita berdoa kepada-Nya …

U  Tuhan, semoga kami selalu setia kepada-Mu.

L  Bagi kita semua yang hadir di sini. Ya Bapa, bangkitkanlah kami dari kemalasan, agar pada masa menjelang Natal ini, hidup kami diresapi benar-benar oleh cinta kasih Kristus.     Marilah kita berdoa kepada-Nya …

U  Tuhan, semoga kami selalu setia kepada-Mu.

—— hening sejenak untuk intensi pribadi —–

I   Allah Bapa kami di surga, kami mohon semoga kami dalam masa penantian ini semakin mengarahkan hidup kami pada diri Yesus Kristus. Sebab Dialah yang Hidup dan Berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.

U  Amin

(setelah doa umat selesai, umat dipersilakan duduksampai persiapan persembahan)

.

LITURGI EKARISTI

Persiapan Persembahan

I Terpujilah Engkau, Tuhan Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu kami menerima roti, yang kami persembahkan kepada-Mu, hasil bumi dan usaha manusia, yang bagi kami akan menjadi roti kehidupan.

U Terpujilah Allah selama-lamanya.

I Terpujilah Engkau, Tuhan Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu kami menerima anggur, yang kami persembahkan kepada-Mu, hasil pokok anggur dan usaha manusia, yang bagi kami akan menjadi minuman rohani.

…berdiri…

I   Berdoalah, saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan kepada Allah, Bapa Yang Mahakuasa.

Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

Doa Persiapan Persembahan             ….berdiri

I    Allah Bapa Yang Maharahim, terimalah persembahan yang kami hunjukkan sebagai tanda cinta kasih kami kepada-Mu. Semoga, dalam hidup sehari-hari pun kami saling mengasihi satu sama lain. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.  

U   Amin

Doa Syukur Agung 

  • Dialog Pembuka          berdiri
  • Prefasi
  • Sanctus – PS. 385

  • Doa Syukur Agung      …berlutut/berdiri
  • Anamnesis 2b

Komuni

  • Bapa Kami  …berdiri 
  • Doa Damai
  • Pemecahan Roti/Anak Domba Allah  …berlutut/berdiri
  • Persiapan Komuni (TPE 2020)

I   Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah Saudara-Saudari yang diundang ke Perjamuan Anak Domba.

U  Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

I   Tubuh Kristus.

U   Amin.

  • Komuni
  • Saat hening
  • Nyanyian Komuni / Madah Syukur     …duduk

.

Doa Sesudah Komuni                        …berdiri

I    Marilah berdoa, – hening sejenak

Ya Tuhan, semoga rejeki surgawi yang telah kami terima senantiasa meneguhkan kami untuk mengusahakan cinta kasih, keadilan, kedamaian, dan kesejahteraan di muka bumi ini, sambil terus mengharapkan kepenuhannya dalam Kerajaan-Mu yang abadi di surga. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.

U   Amin.

.

RITUS PENUTUP

Pengumuman ….duduk

Amanat Pengutusan (…berdiri)

Berkat & Pengutusan (TPE 2020) – Khusus Masa Adven TPE Imam hal. 253

I   Tuhan bersamamu

Dan bersama rohmu

I   Semoga Allah yang Mahakuasa dan Berbelas Kasih, yang kedatangan Putra Tunggal-Nya Saudara percaya, serta kedatangan-Nya kelak Saudara nantikan, menguduskan Saudara dengan kedatangan-Nya dan melimpahi Saudara dengan berkat-Nya.

Amin

I   Semoga dalam masa hidup sekarang, Dia menganugerahkan kepada Suadara, iman yang teguh, harapan yang menggembirakan dan cinta kasih yang berdaya.

Amin

I   Semoga Saudara, yang digembirakan oleh cinta bakti yang suci karena kedatangan Penebus kita, dilimpahi dengan anugerah hidup abadi pada saat Dia datang kembali dalam kemuliaan-Nya.

Amin.

I   Semoga berkat Allah yang Mahakuasa, Bapa dan Putra † dan Roh Kudus turun atas Saudara dan menetap senantiasa.

Amin.

I   Saudara-Saudari, pergilah mewartakan Injil Tuhan.

Syukur kepada Allah.

.

Nyanyian Perarakan Keluar 

GEREJA BERZIARAH – PS 722

  1. Gereja berziarah di dalam dunia, menuju bait Allah di kota mulia
  2. Seiring sepi di jalan, terhambat dan sesat, gelap tak berpedoman, tertipu terjerat.
  3. Sungguh hanyalah satu sahabat yang setia, penuntun jalan jitu, Sang Kristus yang mulia.

======================= 

.
.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here