Beranda Berita Terbaru Teks Misa Online Hari Minggu Biasa XVIII Tanggal 1 Agustus 2021

Teks Misa Online Hari Minggu Biasa XVIII Tanggal 1 Agustus 2021

461
0

Teks Misa Online Hari Minggu Biasa XVIII Tanggal 1 Agustus 2021

RITUS PEMBUKA …..berdiri

Nyanyian Pembuka – PS. 329

YA TUHAN PANDANG HAMBAMU 
Ya Tuhan, pandang hamba-Mu yang sujud menyembah.
Penuh syukur kepada-Mu dan hati berserah.
Sembah dan bakti umat-Mu, pujian kemuliaan-Mu,
seutuhnya terimalah, dan ampun-Mu limpahkanlah.
Berpalinglah kepada hamba-Mu.
Berpalinglah kepada hamba-Mu.

Tanda Salib & Salam

Pengantar

Seruan Tobat                                 ….duduk

I   Tuhan Yesus Kristus, Engkau selalu penuh belas  kasih terhadap mereka yang lapar, haus dan miskin.
Tuhan, kasihanilah kami.
U Tuhan, kasihanilah kami.

I   Engkau telah memberi makan kepada orang banyak untuk menarik dan mengangkat mereka kepada hal-hal yang lebih luhur.
Kristus, kasihanilah kami.
U Kristus, kasihanilah kami.

I   Engkau telah memberikan Sabda-Mu, bahkan Tubuh dan Darah-Mu sebagai rezeki rohani.
Tuhan, kasihanilah kami.
U Tuhan, kasihanilah kami.

I   Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U         Amin.

Kemuliaan                                             …..berdiri

Kemuliaan kepada Allah di surga,
dan damai di bumi kepada orang yang berkenan kepada-Nya.
Kami memuji Dikau,
Kami meluhurkan Dikau
Kami menyembah Dikau,
Kami memuliakan Dikau
Kami bersyukur kepada-Mu,
kar’na kemuliaan-Mu yang besar,
Ya Tuhan Allah Raja Surgawi, Allah Bapa yang Maha kuasa,
Ya Tuhan Yesus Kristus Putra yang tunggal
Ya Tuhan Allah Anak Domba Allah, Putra Bapa
Engkau yang menghapus dosa dunia, kasihanilah kami.
Engkau yang menghapus dosa dunia, kabulkanlah doa kami.
Engkau yang duduk di sisi Bapa, kasihanilah kami
Karena hanya Engkaulah Kudus
Hanya Engkaulah Tuhan
Hanya Engkaulah Maha tinggi, ya Yesus Kristus.
Bersama dengan Roh Kudus, dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin

Doa Pembuka                                           …..berdiri

I   Marilah berdoa, – hening sejenak

Ya Allah, nyatakanlah senantiasa kemurahan-Mu kepada kami, hamba-hamba-Mu, yang bermohon kepada-Mu, dan yang mengakui Engkau sebagai Pencipta dan Pemimpin. Perbaharuilah karya ciptaan-Mu dan peliharalah segalanya yang sudah Engkau perbaharui itu. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa Allah, sepanjang segala masa.

U Amin.

LITURGI SABDA

Bacaan I – Kel 16: 2-4. 12-15

Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu.

Pembacaan dari Kitab Keluaran:

Di padang gurun itu, bersungut-sungutlah segenap jemaah Israel kepada Musa dan Harun; dan berkata kepada mereka: “Ah, kalau kami mati tadinya di tanah Mesir oleh tangan Tuhan ketika kami duduk menghadapi kuali berisi daging dan makan roti sampai kenyang! Sebab kamu membawa kami keluar ke padang gurun ini untuk membunuh seluruh jemaah ini dengan kelaparan.”

Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Musa: “Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak. Aku telah mendengar sungut-sungut orang Israel; katakanlah kepada mereka: Pada waktu senja kamu akan makan daging dan pada waktu pagi kamu akan kenyang makan roti; maka kamu akan mengetahui, bahwa Akulah Tuhan, Allahmu.”

Pada waktu petang datanglah berduyun-duyun burung puyuh yang menutupi perkemahan itu; dan pada waktu pagi terletaklah embun sekeliling perkemahan itu. Ketika embun itu telah menguap, tampaklah pada permukaan padang gurun sesuatu yang halus, sesuatu yang seperti sisik, halus seperti embun beku di bumi. Ketika orang Israel melihatnya, berkatalah mereka seorang kepada yang lain: “Apakah ini?” Sebab mereka tidak tahu apa itu. Tetapi Musa berkata kepada mereka: “Inilah roti yang diberikan Tuhan kepadamu menjadi makananmu.”                    

Demikianlah Sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan

Ulangan: Tuhan memberi mereka roti dari langit.

Ayat:

  1. Aku mau menuturkan hikmat yang telah kami dengar dan kami ketahui, dan diceritakanlah kepada kami oleh para leluhur. Kami mau meneruskannya kepada angkatan yang kemudian: Puji-pujian kepada Tuhan dan kekuatan-Nya.
  2. Maka Ia memberi perintah kepada awan-awan dari atas, dan membuka pintu-pintu langit; Ia menghujankan manna untuk dimakan, dan memberi mereka gandum dari langit.
  3. Roti para malaikat menjadi santapan insan bekal berlimpah disediakan oleh Allah. Dibawa-Nya mereka ke tanah-Nya yang kudus, ke gunung-gunung yang Ia rebut dengan tangan kanan-Nya.

Bacaan II – Ef 4: 17. 20-24

Kenakanlah manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah.

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Umat di Efesus:

Saudara-saudara, di dalam Tuhan aku menegaskan hal ini kepadamu: Janganlah lagi hidup dengan pikiran yang sia-sia, seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu jangan hidup secara demikian! Kamu telah belajar mengenal Kristus. Karena kamu telah mendengar tentang Dia, dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus. Maka, sehubungan dengan kehidupanmu yang dahulu, kamu harus menanggalkan manusia-lama, yang menemui kebinasaan oleh karena nafsu yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu. Hendaklah kamu mengenakan manusia-baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah; hendaklah kamu hidup di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U   Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil – Mat. 4:4b               …..berdiri

Refren: Alleluya.

Ayat:    Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. – Refren

Bacaan Injil – Yoh 6: 24-35

I     Tuhan bersamamu

U   Dan bersama rohmu

I     Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes.

U   Dimuliakanlah Tuhan

I     Di seberang Danau Galilea, ketika orang banyak melihat, bahwa Yesus tidak ada di situ dan murid-murid-Nya juga tidak, mereka naik ke perahu-perahu lalu berangkat ke Kapernaum, untuk mencari Yesus. Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya, “Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?”

Yesus menjawab mereka, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang. Bekerjalah, bukan untuk makanan yang dapat binasa, melainkan untuk makanan, yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.”

Lalu kata mereka kepada-Nya, “Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?” Jawab Yesus kepada mereka, “Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.” Maka kata mereka kepada-Nya, “Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya kami dapat melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engkau lakukan? Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka diberi-Nya makan roti dari surga.”

Maka kata Yesus kepada mereka, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan Musa yang memberikan kamu roti dari surga, melainkan Bapa-Kulah yang memberi kamu roti yang benar dari surga. Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari surga dan yang memberi hidup kepada dunia.” Maka kata mereka kepada-Nya, “Tuhan, berikanlah kami roti itu senantiasa!” Kata Yesus kepada mereka, “Akulah roti hidup! Barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U Terpujilah Kristus.

Homili                                           …..duduk

Syahadat                                        …..berdiri

Doa Umat                                      …..berdiri

I   Kristus bersabda, “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.” Marilah kita berdoa kepada Bapa dengan perantaraan Yesus, Sang Roti hidup, sumber keselamatan kita.

L  Bagi para pemimpin gereja :
Semoga Allah Bapa Mahabaik menggerakkan para pemimpin Gereja agar selalu penuh perhatian kepada orang-orang yang masih acuh tak acuh terhadap pewartaan Injil sehingga semakin banyak jiwa-jiwa yang terselamatkan.
Marilah kita mohon …

U Kabulkanlah doa kami, Ya Tuhan

L  Bagi para pemimpin masyarakat:
Semoga para pemimpin dan tokoh bangsa serta pemimpin partai politik mampu menyuarakan dan memperjuangkan kejujuran dan keadilan yang disuarakan oleh hati nurani, sehingga bangsa ini semakin merasakan kesejahteraan, katentraman, kedamaian dalam mengabdi Tuhan dan dalam bermasyarakat serta berbangsa.
Marilah kita mohon …

U Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L Bagi para aktivis sosial dan kemanusiaan:
Semoga Allah Bapa Mahasetia senantiasa mencurahkan rahmat berlimpah bagi para aktivis sosial dan kemanusiaan agar tidak kehilangan semangat dalam pengabdian mereka terutama bagi masyarakat yang sedang menderita karena pendemi covid-19.
Marilah kita mohon …

U Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L  Bagi kita semua :
Semoga Allah Bapa Mahakasih senantiasa mencurahkan Roh-Nya agar kita semakin mengimani roti kehidupan sejati serta menghayatinya dalam kehidupan sehari-hari. Marilah kita mohon …
U Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

—- intensi keluarga dan pribadi —

I   Allah Bapa kami, ajarilah kami untuk mengimani Engkau yang hadir di antara kami dalam Kristus, Sang Roti Hidup. Dengarkanlah dan kabulkanlah permohonan kami, demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U        Amin.

LITURGI EKARISTI

Persiapan Persembahan

I     Berdoalah, saudara-saudari, supaya per-sembahanku dan persembahanmu berkenan kepada Allah, Bapa yang mahakuasa.

U   Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

Doa Persiapan Persembahan             ….berdiri

I    Ya Allah, kuduskanlah pemberian-pemberian ini, ungkapan kurban rohani, yang kami persembahkan kepada-Mu. Kami mohon, jadikanlah kami persembahan abadi bagi-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U   Amin.

Doa Syukur Agung 

  • Prefasi
  • Kudus PS. 390

Komuni

  • Bapa Kami
  • Doa Damai
  • Anak Domba Allah
  • Komuni

Antifoni Komuni Mat. 5:7-8

* Berbahagialah orang yang murah hati, karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang suci hati, karena mereka akan melihat Allah.

Doa Sesudah Komuni                        …berdiri

I    Marilah berdoa, – hening sejenak
Ya Allah, Engkau telah menyegarkan kami dengan santapan surgawi. Sertailah kami selalu dan lindungilah kami, umat kesayangan-Mu. Kami mohon, jadikanlah kami layak menerima keselamatan kekal. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, Yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.
U            Amin.

RITUS PENUTUP

Pengumuman ….duduk

Berkat  & Pengutusan  

Nyanyian Penutup

YANG BERTEDUH PADA TUHAN

  1. Yang berteduh pada Tuhan yang Mahatinggi dan besar. Yang menyandar hidupnya pada kuasa Allahnya, akan berkata pada-Nya, “Ya Allah, Kau penaungku; Kau kubu dan perisaiku, percaya aku padaMu.”
  2. Tuhan tetap menjaganya dengan rentangan sayapNya. Mala petaka yang kejam tak ‘kan menjangkau dirinya. Tuhan mengutus malakNya mengawal dan menatangnya agar janganlah kakinya terantuk batu yang keras.

.
.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here