Beranda APP 2020 Sebungkus Nasi Tetaplah Sangat Berarti di Era Pandemi

Sebungkus Nasi Tetaplah Sangat Berarti di Era Pandemi

156
0

Pandemi virus Covid-19 sudah berlangsung selama hampir 8 bulan. Maka selama delapan bulan pula, masyarakat yang terkena dampak khususnya dari sisi ekonomi mengupayakan kelangsungan hidupnya.

Daya beli menurun sebagai akibat berkurangnya penghasilan sementara kebutuhan hidup terus ada bahkan bertambah. Banyak yang bertahan dengan bekerja serabutan, ada pula yang menyerah dengan hanya mengharapkan bantuan dari sanak saudara, tetangga atau pemerintah.

Dalam masa pandemi saat ini, pemerintah menggelontorkan sejumlah program untuk membantu masyarakat antara lain subsidi listrik untuk rumah tangga dan industri kecil, kartu pra kerja bagi para  angkatan kerja, bantuan sosial tunai, dan bantuan bagi karyawan swasta. Pemerintah peduli terhadap kondisi ekonomi masyarakat.

Persiapan sebelum dibagikan

Di masa pandemi ini, kita sebagai individu diajarkan pula untuk lebih peduli pada lingkungan sekitar, kebersihan lingkungan, kondisi kesehatan keluarga dan kondisi saudara-saudara kita yang terdampak pandemi. Menggunakan masker, rajin mencuci tangan menjadi bentuk usaha kita menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Kepedulian yang lebih nyata terwujud dalam kegiatan sosial yang kami adakan yaitu berbagi nasi bungkus atau nasi kotak untuk orang yang membutuhkan. Siapa yang termasuk dalam kategori orang membutuhkan? Mereka adalah tukang becak, pemulung yang tinggal di jalanan, tukang parkir, tukang tambal ban, tukang koran dan orang-orang tua yang di masa senja mereka masih harus mencari penghasilan.

Berangkat berbagi berkat
Semangat berbagi !

Kegiatan sosial ini menjadi kegiatan rutin Bidang Pelayanan Kemasyarakatan selama masa pandemi. Minimal dua kali dalam sebulan, kami mendapatkan bantuan dari donatur. Tim APP dan PSE diminta untuk membantu membagikan bantuan tersebut. Di bulan Agustus ini kami menerima bantuan sebanyak dua kali yaitu pada tanggal 2 dan 16 Agustus 2020. Bantuan sebanyak 300 pack nasi kotak dan masker siap untuk dibagikan oleh tim kami.

Penyaluran bantuan dilakukan dengan membagikan di depan gereja, di sekitar lingkungan gereja dengan menggunakan sepeda motor, di belakang gereja dan memberikan bantuan dengan menyusuri menggunakan mobil. Kali ini kami mampu menjangkau jarak yang lebih jauh yaitu hingga ke jalan solo untuk menemukan orang-orang yang membutuhkan bantuan. Penyaluran bantuan dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 13.00.

Dari mulai pengemasan, pembagian dan terakhir evaluasi dapat berjalan dengan lancar. Banyak pihak yang terlibat dalam penyaluran bantuan sehingga distribusi lebih merata. Kami selalu mengakhiri kegiatan bagi nasi dengan makan siang bersama-sama sekedar untuk berbagi cerita dan mendiskusikan kegiatan sosial yang akan dilakukan di waktu-waktu mendatang.

Secara khusus, kami mengucapkan terimakasih kepada donatur. Semoga kesehatan dan berkat melimpah senantiasa menaungi!
.
.
Penulis : Christina Adiratna
Foto : Tim PSE & APP Jetis
.
.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here