Beranda Renungan Renungan Mingguan 9 Agustus 2020

Renungan Mingguan 9 Agustus 2020

1180
0

Sabda Tuhan Hari Ini 9 Agustus 2020, Mat 14:22-33

Tuhan, suruhlah aku datang kepada-Mu dengan berjalan di atas air.

Sesudah mengenyangkan orang banyak dengan roti, Yesus segera menyuruh murid-murid-Nya naik perahu dan mendahului-Nya ke seberang, sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang. Setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus mendaki bukit untuk berdoa seorang diri.

Menjelang malam Ia sendirian di situ. Perahu para murid sudah beberapa mil jauhnya dari pantai, dan diombang-ambingkan gelombang, karena angin sakal.

Kira-kira pukul tiga pagi, datanglah Yesus berjalan di atas air kepada mereka. Melihat Dia berjalan di atas air, para murid terkejut dan berseru, “Itu hantu!”

Lalu mereka berteriak-teriak ketakutan. Tetapi Yesus segera menyapa mereka, kata-Nya, “Tenanglah! Inilah Aku, jangan takut!” Lalu Petrus berkata, “Tuhan, jika benar Tuhan sendiri, suruhlah aku datang kepada-Mu dengan berjalan di atas air.” Kata Yesus, “Datanglah!”

Lalu Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendekati Yesus. Tetapi ketika dirasakannya tiupan angin, Petrus menjadi takut dan mulai tenggelam, lalu berteriak, “Tuhan, tolonglah aku!” Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang Petrus dan berkata, “Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?”

Keduanya lalu naik ke perahu dan angin pun reda. Orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya, “Sesungguhnya, Engkau Putra Allah!”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Selama atau sepanjang hidup kita di dunia tidak lepas dari segala gelombang kehidupan. Gelombang-gelombang kehidupan itu sering kali membuat kita frustrasi atau putus asa. Akibatnya kita sering menyalahkan orang lain, menyalahkan diri sendiri, keadaan atau bahkan menyalahkan Tuhan. Itulah kondisi riil yang sering kita lihat dan mungkin juga kita alami.

Perahu kehidupan kita terombang-ambing karena badai persoalan hidup. Sebagai orang beriman tentunya kita sadar dan yakin bahwa bila Tuhan Yesus ada bersama dan bersatu dengan kita, tidak ada yang perlu ditakuti, dan Yesus sendiri yang bersabda, ”Tenanglah, Aku ini, jangan takut!”

Tuhan menghendaki kita untuk tenang dalam mengarungi samudra hidup kita masing-masing. Badai pasti ada. Namun, Ia sendiri menjanjikan pertolongan. Yang diminta dari  kita adalah kerendahan hati untuk selalu mengandalkan Dia dan bukan mengandalkan kekuatan kita sendiri. Bersama Tuhan, badai dalam kehidupan kita pasti berlalu dan kita terus berlayar sampai di “Tanah Air” surgawi.

Ya Tuhan Allah, kuatkanlah iman kami supaya kami tidak takut dalam mengayuh bahtera kehidupan kami sebagai orang beriman. Tetaplah bersama kami. Amin.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2020, OBOR Indonesia

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here