Beranda Renungan Renungan Mingguan 4 Oktober 2020

Renungan Mingguan 4 Oktober 2020

153
0

Sabda Tuhan Hari Ini 4 Oktober 2020, Mat 21:33-43

Kebun anggur itu akan ia sewakan kepada penggarap-penggarap lain.

Sekali peristiwa berkatalah Yesus kepada imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi, “Dengarkanlah perumpamaan ini. Adalah seorang tuan tanah membuka kebun anggur dan menanam pagar di sekelilingnya. Ia menggali lubang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga di dalam kebun itu. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap, lalu berangkat ke negeri lain.

Ketika hampir tiba musim petik, ia menyuruh hamba-hambanya kepada penggarap-penggarap itu untuk menerima hasil yang menjadi bagiannya. Tetapi para penggarap menangkap hamba-hambanya itu: yang seorang mereka pukuli, yang lain mereka bunuh, dan yang lain lagi mereka lempari dengan batu. Kemudian tuan itu menyuruh pula hamba-hamba yang lain, lebih banyak daripada yang pertama. Tetapi mereka pun diperlakukan sama seperti kawan-kawan mereka. Akhirnya tuan itu menyuruh anaknya kepada mereka, pikirnya, ‘Anakku pasti mereka segani.’

Tetapi ketika para penggarap melihat anak itu, mereka berkata seorang kepada yang lain, ‘Ia adalah ahli waris! Mari kita bunuh dia, supaya warisannya menjadi milik kita.’ Maka mereka menangkap dia, dan melemparkannya ke luar kebun anggur itu, lalu membunuhnya. Maka apabila tuan kebun anggur itu datang, apakah yang akan dilakukannya dengan penggarap-penggarap itu?”

Kata imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi kepada Yesus, “Ia akan membinasakan orang-orang jahat itu, dan kebun anggur itu akan ia sewakan kepada penggarap-penggarap lain, yang akan menyerahkan hasil kepadanya pada waktunya.” Kata Yesus kepada mereka, “Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru? Hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.

Sebab itu, Aku berkata kepadamu, ‘Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Pada hari ini, Yesus mengingatkan kita tentang keserakahan. Dalam Injil, para penggarap kebun anggur, alih-alih bersyukur karena boleh mendapat rezeki dari kebun  itu, mereka justru ingin menguasai perkebunan tersebut dengan cara membunuh para utusan dan anak pemilik kebun anggur itu.

Kadangkala kita  tidak bisa bersyukur dan tidak bisa mengatakan “cukup” terhadap  berkat yang telah Tuhan limpahkan untuk kita. Hal itu dapat membuat kita menjadi pribadi yang rakus dan serakah serta mudah menghalalkan segala cara  untuk memuaskan nafsu tersebut. Korupsi yang masih merajalela di negeri ini membuktikan bahwa sifat serakah masih amat kuat. Sifat itu tidak hanya merugikan orang lain, tetapi juga mencederai status kita sebagai anak Tuhan. Oleh karena itu, firman Tuhan pada hari ini mengajak kita untuk menjadi pribadi yang bijak dengan selalu mensyukuri pekerjaan, rejeki, keberhasilan, dan berbagai pengalaman hidup.

Allah Yang Mahabijaksana, semoga kami selalu rendah hati dan mampu bersyukur atas berbagai karunia yang Engkau anugerahkan kepada kami. Amin.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2020, OBOR Indonesia

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here