Beranda Berita Terbaru Renungan Mingguan 3 Januari 2021 – HR Penampakan Tuhan

Renungan Mingguan 3 Januari 2021 – HR Penampakan Tuhan

656
0

Sabda Tuhan Hari Ini 3 Januari 2021, Mat 2:1-12

Kami datang dari timur untuk menyembah Sang Raja.

Pada zaman pemerintahan Raja Herodes, sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem. Mereka bertanya-tanya, “Di manakah Raja Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.” Mendengar hal itu, terkejutlah raja Herodes beserta seluruh Yerusalem.

Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. Mereka berkata kepadanya, “Di Betlehem di tanah Yudea, karena beginilah ada tertulis dalam kitab nabi: Dan engkau, Betlehem di tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.”

Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka kapan bintang itu nampak. Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya, “Pergilah, dan selidikilah dengan seksama hal-ikhwal Anak itu! Dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku, supaya aku pun datang menyembah Dia.”

Setelah mendengar kata-kata raja Herodes, berangkatlah para majus itu. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat di mana Anak itu berada. Melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu, dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya. Lalu mereka sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan  mempersembahkan persembahan kepada Anak itu, yaitu emas, kemenyan dan mur.

Kemudian, karena diperingatkan dalam mimpi supaya jangan kembali kepada Herodes, mereka pun pulang ke negerinya lewat jalan lain.

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Kabar kelahiran Yesus berpengaruh pada Herodes serta penduduk kota Yerusalem. Pertama, bagi Herodes, kelahiran Yesus merupakan ancaman bagi kekuasaannya. Herodes mencari tahu dari para imam Yahudi tentang arti nubuat Nabi Mikha  dan Yesaya  tentang Yesus. Ia juga memanfaatkan pengetahuan perbintangan orang Majus untuk menemukan kebenaran nubuat itu.

Kedua, bagi penduduk Yerusalem, kelahiran Yesus membangkitkan harapan bebas dari penjajahan Romawi. Mereka berharap bahwa Yesus akan menjadi raja Yahudi dan membawa Israel menjadi bangsa yang jaya. Ketiga, bagi orang Majus, kelahiran Yesus merupakan peristiwa alam yang unik, langka, dan bernilai tinggi karena penampakan bintang yang menunjukkan tempat Yesus lahir.

Kelahiran Yesus sebagai harapan dan kegelisahan dilihat persis sama dengan Israel yang kembali ke Sion. Ketika umat Tuhan kembali ke Yerusalem, mereka melihat bahwa janji Allah menuju penggenapan. Kita diajak untuk tetap menghadirkan kabar gembira dengan melakukan perbuatanperbuatan baik, adil, dan benar dalam tindakan nyata. Sebab, kedatanganNya hanya sungguh-sungguh bisa dirasakan kalau kita mau melibatkan diri melawan kejahatan, kebohongan, dan kemunafikan.

Bapa, jadikanlah kami orang-orang yang percaya dengan melakukan perbuatan benar dan adil dalam hidup sebagai wujud syukur kami atas kelahiran Putra-Mu. Amin.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2021, OBOR Indonesia

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here