Beranda Renungan Renungan Mingguan 25 Oktober 2020

Renungan Mingguan 25 Oktober 2020

496
0

Sabda Tuhan Hari Ini 25 Oktober 2020, Mat 22:34-40 

Kasihilah Tuhan Allahmu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Ketika orang-orang Farisi mendengar bahwa Yesus telah membungkam orang-orang Saduki, berkumpullah mereka. Seorang dari antara mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia, “Guru, hukum manakah yang terbesar dalam hukum Taurat?” Jawab Yesus kepadanya, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang utama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Dalam hidup bermasyarakat dan berbangsa, kita tidak bisa hidup semau kita karena ada aturan yang harus kita taati bersama. Aturan-aturan dibuat tidak untuk membatasi kebebasan kita, tetapi agar kehidupan bersama teratur dan baik, hak dan kewajiban setiap pribadi terjamin. Demikian juga sebagai anak-anak Tuhan kita tidak bisa hidup semau kita. Dan pada hari ini, Yesus memberikan hukum yang harus kita taati yaitu cinta kasih. Dengan hukum ini, kita semua diarahkan agar kita dapat membangun relasi  yang baik dengan Tuhan dan sesama.

Mengasihi Tuhan dan sesama dengan sepenuh hati tidak bisa hanya diungkapkan dengan kata-kata, tetapi harus diwujudkan dengan tindakan-tindakan nyata. Melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Tuhan dalam hidup sehari-hari tidak hanya akan membuat iman kita semakin hidup, tetapi juga pada saat yang sama kita akan lebih mudah untuk menerima orang lain, memaafkan orang yang selama ini telah menyakiti hati kita, memberikan bantuan kepada siapa pun yang membutuhkan tanpa memandang agama, suku, dan golongan. Jika kita mengasihi Tuhan, maka di saat yang sama kita juga harus mengasihi sesama. Sangat tidak bijaksana kita mengakui mengasihi Tuhan, tetapi membenci sesama atau merasa mencintai sesama tetapi tidak pernah melakukan perintah Tuhan.

Allah Yang Mahakasih, sinarilah budi dan hati kami agar kami mampu mewujudkan perintah-Mu untuk mengasihi Engkau, sesama, dan lingkungan hidup kami. Amin.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2020, OBOR Indonesia

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here