Beranda Renungan Renungan Mingguan 2 Agustus 2020

Renungan Mingguan 2 Agustus 2020

1279
0

Sabda Tuhan Hari Ini 2 Agustus 2020, Mat 14:13-21

Mereka semuanya makan sampai kenyang.

Sekali peristiwa, setelah mendengar berita pembunuhan Yohanes Pembaptis, menyingkirlah Yesus; dengan perahu Ia bermaksud mengasingkan diri ke tempat yang sunyi.

Tetapi orang banyak mendengarnya, dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat dari kota-kota mereka. Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya. Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.

Menjelang malam para murid datang kepada Yesus dan berkata, “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa.” Tetapi Yesus berkata kepada mereka, “Tidak perlu mereka pergi! Kamu harus memberi mereka makan.”

Jawab mereka, “Pada kami hanya ada lima buah roti dan dua ekor ikan.” Yesus berkata, “Bawalah ke mari!” Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Setelah itu Yesus mengambil kelima roti dan kedua ikan itu. Sambil menengadah ke langit diucapkan-Nya doa berkat, dibagi-bagi-Nya roti itu dan diberikan-Nya kepada murid-murid-Nya.

Para murid lalu membagi-bagikannya kepada orang banyak. Mereka semua makan sampai kenyang. Kemudian potongan-potongan roti yang sisa dikumpulkan, ada dua belas bakul penuh. Yang turut makan kira-kira lima ribu orang pria; tidak termasuk wanita dan anak-anak.

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Membantu atau menolong sesama yang membutuhkan pertolongan adalah kewajiban kita semua sebagai makhluk sosial terlebih sebagai orang beriman, pengikut Tuhan Yesus Kristus. Tetapi dalam kenyataan hidup sehari-hari masih sering terdengar ungkapan bahwa karena mereka bukan golongan kita, tidak seagama atau sealiran dengan kita, atau mereka bukan sebangsa atau sesuku dengan kita, maka biarkan saja. Lalu kita harus bersikap bagaimana menghadapi kenyataan itu?

Orang-orang yang selalu mengikuti Yesus dari bermacam-macam golongan dan bisa jadi dari tempat yang jauh, itu yang membuat hati Yesus tergerak oleh belas kasihan. Menempuh perjalanan jauh, mereka lelah dan lapar. Maka dari itu Yesus berkata kepada para murid-Nya: ”Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan”. Jelas dan tegas apa yang dikatakan Yesus.

Sebagai murid, walaupun punya alasan dan mereka ungkapkan tetaplah mereka harus ‘memberi mereka makan’. Yang diandalkan bukan apa yang mereka punya (lima roti dan dua ikan), melainkan bersama dan bersatu dengan Tuhan Yesus. Percayalah bahwa segala sesuatu kalau Tuhan menghendaki pasti akan terlaksana. Maka marilah hendaknya segala perkara kita atasi dalam kebersamaan dan kesatuan dengan Tuhan Yesus Kristus.

Ya Tuhan Allah, berilah kami keyakinan yang teguh bahwa dengan kuasaMu, kami dapat menolong sesama. Amin.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2020, OBOR Indonesia

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here