Beranda Renungan Renungan Mingguan 18 Oktober 2020

Renungan Mingguan 18 Oktober 2020

150
0

Sabda Tuhan Hari Ini 18 Oktober 2020, Mat 22:15-21

Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.

Sekali peristiwa orang-orang Farisi berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama orang-orang Herodian bertanya kepada Yesus, “Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan dengan jujur mengajarkan jalan Allah, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Bolehkah membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?”

Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka. Maka Ia lalu berkata, “Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu.” Mereka membawa suatu dinar kepada Yesus. Maka Yesus bertanya kepada mereka, “Gambar dan tulisan siapakah ini?” Jawab mereka, “Gambar dan tulisan Kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka, “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Yesus, dalam Injil hari ini, mengingatkan  kita bahwa kita harus berimbang dalam hidup. Artinya sebagai pribadi yang beriman kita wajib setia dan taat dengan perintah Allah dan sebagai warga negara kita juga wajib menjalankan kewajiban sebagai warga negara. Bacaan ini mengingatkan kita semua akan pesan dari Mgr. Al. Soegiyapranata, SJ yang mengatakan bahwa orang Katolik itu harus menjadi 100% Katolik dan 100% Indonesia. Pernyataan tersebut secara gamblang mengajak kita untuk menjadi warga Gereja sekaligus warga negara yang baik.

Sebagai orang Katolik, kita tidak bisa menutup diri terhadap lingkungan sekitar. Kita justru harus membuka diri, membangun komunikasi, dan bekerja sama dengan warga masyarakat yang lain. Iman kita akan Yesus, Sang Guru Kehidupan,  diwujudkan dengan terlibat aktif dalam  kegiatan di masyarakat. Bagi orang-orang Katolik, semua  kegiatan kemasyarakatan atau kedinasan hendaknya selalu berlandaskan pada spiritualitas kristiani. Saat kita dapat menjalankan kewajiban agama dan negara secara baik saat itulah kita sedang menjadi garam dan terang dunia.

Allah Yang Mahakuasa, semoga kami senantiasa Engkau teguhkan untuk menjadi garam dan terang di lingkungan  Gereja dan masyarakat. Amin.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2020, OBOR Indonesia

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here